Sering Terjadi Bencana Alam Gempa Bumi, Berikut Cara Antisipasi Gempa Menurut BMKG

Agar tidak menimbulkan dampak dan konsekuensi besar bagi masyarakat, BMKG memberikan panduan umum sebagai upaya pencegahan adanya kerugian yang timbul


zoom-inlihat foto
ilustrasi-gempa-2.jpg
freepik.com
Ilustrasi gempa


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Belakangan sering terjadi bencana alam di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk bencana gempa bumi.

Meski jarang menimbulkan tsunami, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan atau kejadian lainnya yang tidak dapat diprediksi.

Agar tidak menimbulkan dampak dan konsekuensi besar bagi masyarakat, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memberikan panduan umum sebagai upaya pencegahan adanya kerugian yang timbul dari bencana gempa bumi.

Dalam antisipasi gempa bumi ini, BMKG menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan sebelum, sesaat dan setelah gempa bumi terjadi, dalam website resminya.

Baca: Sejumlah Rumah Warga dan Ubin RSUD di Talaud Rusak Akibat Gempa, Ini Sumber Pemicunya

Sebelum Terjadi Gempabumi

A. Kenali apa yang dimaksud gempabumi

·   Pastikan bahwa struktur dan letak rumah dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi (longsor, liquefaction dll).

·   Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan agar terhindar dari bahaya gempabumi.

B. Kenali Lingkungan Tempat Kerja

·   Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, supaya jika terjadi gempabumi, sudah mengetahui tempat       paling aman untuk berlindung.





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved