Pemerintah Inggris Mulai Pepet Joe Biden, Berharap Bisa Jadi Rekan untuk Lawan Hegemoni China

Pemerintahan Boris Johnson berharap bisa kerja sama dengan Amerika untuk persoalan China


zoom-inlihat foto
perdana-menteri-inggris-boris-johnson-berbicara-kepada-staf-di-raf-lossiemouth.jpg
Andrew Milligan / POOL / AFP
Pemerintahan Boris Johnson berharap bisa bekerja sama dengan Biden --- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara kepada staf di RAF Lossiemouth, Skotlandia timur laut, pada 23 Juli 2020 dalam kunjungan ke Dataran Tinggi dan Kepulauan Utara Skotlandia. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada 23 Juli menolak seruan untuk referendum kedua tentang kemerdekaan Skotlandia, meskipun ada lonjakan dukungan untuk memisahkan diri.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah Inggris memberikan atensi pada Joe Biden, jelang dilantik jadi Presiden AS, Rabu (20/1/2021).

Inggris tengah berupaya menjadi sahabat Joe Biden di Eropa, dalam upaya memerangi hegemoni China, seperti diberitakan Politico.

Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden berarti akhir pendekatan Donald Trump terhadap China, yang cenderung hanya menyalahkan.

Sementara tim transisi Biden tampaknya juga tak akan melunak terhadap negara yang dipimpin Xi Jinping itu.

Pejabat di pemerintahan Boris Johnson berharap campuran ketangguhan dan pragmatisme kebijakan luar negeri mereka akan sejalan dengan Biden, dan membedakan mereka dari Brussel, Berlin, dan Paris.

"Saya tidak berpikir akan ada perubahan besar pada kebijakan strategis aktual yang dimiliki AS terhadap China," kata seorang pejabat Inggris.

Mereka berharap kedua negara bisa menjadi aliansi dalam melawan pengaruh China di bidang ekonomi, militer, dan diplomatik.

“Kami tentu saja adalah mitra terdekat AS dalam masalah semacam itu.”

Baca: Begitu Dilantik, Joe Biden Langsung Hapus Sederet Aturan, Cabut Larangan Masuk bagi Negara Muslim

Boris Johnson Ucapkan Selamat untuk Joe Biden

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat mengunjungi sekolah Castle Rock di Coalville, England tengah, pada 26 Agustus 2020. Boris Johnson akan meluncurkan kampanye yang mendorong warga Inggris kembali bekerja di kantor.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat mengunjungi sekolah Castle Rock di Coalville, England tengah, pada 26 Agustus 2020. Boris Johnson akan meluncurkan kampanye yang mendorong warga Inggris kembali bekerja di kantor. (JACK HILL / POOL / AFP)


Sejumlah pimpinan negara mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris.





Halaman
1234
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved