Anggota DPR Minta Vaksinasi Mandiri Bebas dari Muatan Bisnis Jika Telah Disahkan

Saleh juga meminta pelaksanaan vaksinasi mandiri itu dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan, bukan mengandung muatan bisnis atau profit.


zoom-inlihat foto
efek-samping-vaksin-covid-003.jpg
MIRROR
Ilustrasi pasien covid-19 yang disuntik vaksin covid-19.


TRIBUNNEWSWIKI - Anggota IX DPR dari fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menjelaskan, salah satu usaha untuk mempercepat proses vaksinasi, yakni dengan vaksinasi Covid-19 secara mandiri seperti yang ditawarkan pemerintah.

"Jumlah target sasaran kan 181,5 juta. Kalau semua ditangani pemerintah, ya bisa saja, tetapi, itu butuh waktu yang tidak singkat," kata Saleh saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Saleh juga menuturkan, alasan pendistribusian vaksin akan membutuhkan banyak waktu, satu diantaranya karena wilayah Indonesia berbentuk kepulauan.

"Apalagi, wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan. Untuk distribusi vaksin saja, butuh waktu," tambahnya.

Tetapi Saleh meminta, vaksin tersebut harus diawasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Vaksinasi mandiri yang melalui perusahaan untuk seluruh karyawan tersebut juga harus dipastikan berasal dari produsen vaksin yang jelas.

Baca: Pemerintah Khususkan Vaksin Covid-19 untuk Lansia dan Perluas Ruang Lingkupan Vaksinasi

Tak hanya itu, Saleh juga meminta pelaksanaan vaksinasi mandiri itu dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan, bukan mengandung muatan bisnis atau profit.

"Sedapat mungkin, harus dihindari muatan bisnis dan profit. Sebab, saat ini semua pihak sedang fokus menghadapi pandemi yang banyak menyisakan persoalan sosial ekonomi di masyarakat," ucap dia.

Selain itu, ia juga meminta agar Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan agar selalu mengawasi dan memonitor secara keseluruhan pelaksanaan vaksinasi mandiri.

"Termasuk pengawasan pasca-imunisasi dapat diantisipasi sejak awal," kata Saleh.





Halaman
12
Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved