Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP)

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatra Utra.


zoom-inlihat foto
lambang-stipap.jpg
STIPAP
Lambang STIPAP

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatra Utra.




  • Informasi awal


TRIBUNNESWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan adalah sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sumatra Utra.

STIPAP merupakan pendidikan vokasi yang menghasilkan sarjana terapan dibidang agrobisnis perkebunan kelapa sawit dan karet.

PTS ini berdiri pada tahun 2005 dengan diterbitkannya SK Mendiknas RI No. 96- D-O-2005, dan telah terakreditasi BAN-PT serta telah memperoleh serfikat ISO 9001 : 2015 dari SGS.

Ada dua program studi yang dimiliki STIPAP, yakniBDP (Budidaya Perkebunan) dan TPHP (Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan).[1]

Baca: Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Sinar Husni

  • Visi dan misi


Visi STIPAP

MENJADI PERGURUAN TINGGI YANG UNGGUL DI INDONESIA DALAM BIDANG PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DAN KARET PADA TAHUN 2025.

Misi STIPAP
1. Melaksanakan proses pendidikan tinggi secara profesional yang berbasis pada pengetahuan, teknologi, dan budaya unggul.

2. Melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat perkebunan kelapa sawit dan karet secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya.

3. Membangun hubungan profesional dengan industri dan masyarakat perkebunan kelapa sawit dan karet.

4. Mengembangkan institusi secara dinamis sesuai dengan perubahan dan perkembangan lingkungan dan kebutuhan industri.[2]

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Adila Bandar Lampung (STIKES Adila Bandar Lampung)

  • Tujuan


1. Menghasilkan lulusan yang mampu berkerja secara profesional di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet yang menggunakan teknologi  sederhana maupun yang lebih tinggi, serta memiliki keunggulan soft competency khususnya dalam aspek professional, integrity, dan teamwork.

2. Mewujudkan hubungan yang erat dan harmonis dengan dunia industri untuk mendapatkan kesesuaian antara kebutuhan keterampilan dengan program pendidikan.

3. Mewujudkan hubungan yang erat dan harmonis  antara Sekolah Tinggi dengan pemerintah dan masyarakat pada umumnya, serta

4. Menghasilkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan dan menyebarluaskan konsep dan pengetahuan yang menunjang proses belajar mengajar serta menunjang praktek-praktek di industri.[3]

Baca: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Logika

  • Program studi


BDP (Budidaya Perkebunan)

TPHP (Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan)

  • Fasilitas


Ruang Kelas

STIPAP memiliki ruang belajar sebanyak 15 ruang dan semua ruang kelas telah dilengkapi dengan AC dan LCD Projektor.

Laboratorium Komputer

Selain fasilitas ruang kelas, STIPAP juga telah mempersiapkan fasilitas berupa Laboratorium Komputer yang dipersiapkan untuk para mahasiswa STIPAP. Satu unit ruang laboratorium komputer dipersiapkan untuk 45 unit personal computer.

Wifi (Akses internet)

Untuk mempermudah dalam memperoleh berbagai informasi, bahan-bahan kuliah, lowongan kerja, dan materi lainnya STIPAP telah menyediakan fasilitas Wifi gratis. Wifi gratis dapat dinikmati oleh semua mahasiswa STIPAP, dosen, manajemen dan karyawan STIPAP.

Perpustakaan

STIPAP juga telah menyediakan fasilitas perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku dan berbagai koleksi referensi. Fasilitas perpustakaan yang tersedia terletak disekitar kampus STIPAP yang tenang, sejuk dan nyaman. Pelayanan perpustakaan STIPAP dapat dinikmati setiap mahasiswa, dosen dan karyawan.

Laboratorium dan Rumah Kaca

Mahasiswa STIPAP juga disediakan fasilitas laboratorium yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar / kuliah dan praktikum. Fasilitas laboratorium yang tersedia diantaranya Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, dan Laboratorium Mutu serta Rumah Kaca.

Bengkel Praktek

Untuk mahasiswa program studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP)disediakan fasilitas praktek di lingkungan kampus.

Fasilitas ini dipersiapkan untuk mendekatkan para mahasiswa dari materi yang bersifat teoritis kepada kondisi yang praktis.

Fasilitas praktikum dimaksud adalah bengkel praktek yang setiap saat saat dipersiapkan untuk melayani mahasiswa yang menggunakan fasilitas tersebut.

Kebun Praktek dan Pembibitan

Untuk mendekatkan para mahasiswa kepada industri perkebunan yang nyata, STIPAP juga menyediakan Kebun Praktek yang dapat dimanfaatkan oleh segenap mahasiswa untuk mengenal lebih dekat tentang tanaman Kelapa Sawit dan Karet.

Kebun Praktek ini tersedia dilingkungan kampus STIPAP sehingga memudahkan bagi mahasiswa dan dosen pengasuh untuk melaksanakan praktek di kebun.

Sarana Olah Raga

Selain sarana dan prasarana pendidikan mahasiswa STIPAP juga difasilitasi dengan sarana olah raga.

Dengan demikian disamping fasilitas dalam proses belajar mahasiswa juga difasilitasi untuk kegiatan berbagai olah raga.

Fasilitas olah raga yang tersedia adalah : Lapangan sepak bola, lapangan bola basket, lapangan volley, Lapangan tennis, panjang dinding (wall climbing).[4]

  • Lambang


Lambang

Lambang STIPAP
Lambang STIPAP (STIPAP)

  • Kontak


Alamat: Jalan Willem Iskandar Medan 20226, Medan Estate PO BOX 20000

Telp: (+6261) 6637060

Fax : +6261 6626861

Laman: https://stipap.ac.id/

(Tribunnewswiki/Tyo)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP)
Berdiri 2005
Jenis Perguruan tinggi swasta
Lokasi Provinsi Sumatra Utara
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved