Donald Trump Secara Terbuka Akui Kekalahan, Bersedia Tinggalkan Jabatan Presiden AS untuk Joe Biden

Dalam pernyataannya, Trump brsedia kekuasaan secara damai setelah Kongres menegaskan kemenangan Electoral College bagi Presiden Terpilih Joe Biden.


zoom-inlihat foto
presiden-as-donald-trump-berbicara-kepada-para-pendukung.jpg
AFP/Brendan Smialowski
Presiden AS Donald Trump berbicara kepada para pendukung dari The Ellipse dekat Gedung Putih pada 6 Januari 2021, di Washington, DC. Ribuan pendukung Trump, didorong oleh klaim palsu penipuan pemilih, membanjiri ibu kota negara memprotes sertifikasi yang diharapkan dari kemenangan Gedung Putih Joe Biden oleh Kongres AS.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Untuk Pertama kalinya, Donald Trump mengakui kekalahannya pasca Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada November 2020 lalu.

Trump juga secara terbuka akan meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021 mendatang, seprti dikutip CNN, Kamis (7/1/2021).

Dalam pernyataannya, Trump brsedia kekuasaan secara damai setelah Kongres menegaskan kemenangan Electoral College bagi Presiden Terpilih Joe Biden.

“Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, tetapi akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari,” kata Trump dalam pernyataan itu, masih mengulangi klaim palsu yang dia buat selama dua bulan terakhir.

“Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanya awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi.”

Baca: Sah! Joe Biden Menang dan Terpilih Jadi Presiden Amerika Serikat Gantikan Donald Trump

Baca: Buntut Kisruh Massa Trump di Gedung Capitol, Sejumlah Pejabat Gedung Putih Ramai-ramai Mundur

Trump, yang menolak untuk mengakui pemilihan, pada Rabu (6/1/2021) telah menyemangati para pendukung yang kemudian menyerbu Gedung Capitol AS.

Mereka berupaya untuk menghentikan anggota parlemen menghitung suara elektoral.

Menurut keterangan pihak kepolisian, kerusuhan itu menewaskan empat orang, seorang wanita ditembak dan tiga lainnya memiliki keadaan darurat medis.

Beberapa orang di Kabinet Trump mengadakan pembicaraan awal tentang menerapkan Amandemen ke-25, untuk mencopotnya dari jabatannya, menurut seorang pejabat sumber politisi Partai Republik.

Joe Biden sah jadi Presiden AS





Halaman
1234
Penulis: Niken Nining Aninsi
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved