Pandangan Aktivis Solidaritas Perempuan soal Gisel Ditetapkan sebagai Tersangka Video Syur

Gisella Anastasia telah ditetapkan sebagai tersangka kasus video syur yang menyeret namanya, Lalu bagaimana pandangan aktivis pembela hak perempuan?


zoom-inlihat foto
gisel-menjalani-pemeriksaan-kembali-di-polda-metro-jaya-23-12.jpg
KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO
Gisel saat menjalani pemeriksaan kembali di Polda Metro Jaya terkait dugaan video syur miliknya, Rabu (23/10/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Artis Gisella Anastasia kini sudah naik status dari saksi menjadi tersangka atas kasus dugaan penyebaran video syur yang beredar di sosial media.

Penetapan Gisel sebagai tersangka ini dilakukan setelah polisi melakukan gelar perkara dan dua kali memeriksa Gisel sebagai saksi.

Aktivis dari Yayasan Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM) Solo, Fitri Haryani, memberikan pandangan soal video syur yang menyeret Gisella Anastasia.

Fitri meminta masyarakat lebih arif dalam memandang kasus yang masih bergulir ini.

"Semestinya masyarakat lebih bijak untuk dapat memahami hukum positif yang ada di negara kita," katanya, seperti dikutip dari Tribunnews, Selasa (29/12/2020).

Fitri memandang, kasus membelit Gisel tidak hanya sebatas pemenuhan nilai moral yang menjadi unsur dasar penetapan statusnya sebagai tersangka.

Baca: Pria Dalam Video Syur Gisel Berinisial MYD Ikut Dijadikan Tersangka, Ternyata Seorang Wiraswasta

"Meskipun pemahaman yang dianggap benar oleh masyarakat luas selama ini, bahwa kasus tersebut dianggap sebagai kasus asusila yang kemudian soal moral dan etika menjadi sorotan utama," katanya.

Fitri menilai cara pemahaman masyarakat di atas tidak lepas dari budaya patriarki yang berpengaruh kepada nilai dan etika.

"Di mana baik atau buruk seseorang, apalagi soal perilaku asusila lebih banyak disematkan pada perempuan yang menjadi fokus sorotannya," kata dia.

Gisella Anastasia didampingi pengacaranya saat berada di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2020).
Gisella Anastasia didampingi pengacaranya saat berada di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2020). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Fitri selanjutnya menjabarkan bagaimana budaya patriarki melihat seorang perempuan.

Patriarki melabeli perempuan sebagai individu yang semestinya punya moral lebih baik, bisa menjaga martabatnya, tidak boleh mengumbar auratnya yang akan mengundang sahwat lawan jenis.

"Perempuan juga dianggap sebagai sumber munculnya lawan jenis untuk melakukan penyerang seksualitas dan hal tersebut wajar yang kemudian dianggap sebagai nilai yang paling tinggi," imbuh Fitri.

Selain itu, relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan yang timpang juga mempengaruhi cara pandang masyarakat dalam melihat kasus yang menyeret Gisel.

"Termasuk pemberitaan yang menjadikan Gisel sebagai sorotan dan sasaran utama juga dikarenakan budaya patriarki," tutup Fitri.

Baca: Meski Awalnya Tak Mengakui, Gisella Anastasia Ditetapkan Jadi Tersangka Video Syur 19 Detik

Gisel Ditetapkan Sebagai Tersangka 

Gisella Anastasia kini sudah naik status dari saksi menjadi tersangka atas kasus dugaan penyebaran video syur yang beredar di sosial media.

Tak hanya Gisel, sosok pria yang ada di dalam video tersebut juga kini ditetapkan sebagai tersangka.

"Hasil gelar perkara kemarin sore menaikan status dari saksi saudari GA dan MYD sebagai tersangka," tutur Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (29/12/2020).

Penetapan tersangka tersebut dilakukan setelah hasil forensik keluar dan dikaitkan dengan pemeriksaan Giselle Anastasia beberapa waktu lalu.

"Hasil dari forensik memang sudah keluar kemudian pengembangan yang dilakukan oleh tim penyidik terhadap saudari GA yang dilakukan pemeriksaan juga ada saudara MYD," jelas Yusri.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Oreo BLACKPINK

    Oreo BLACKPINK adalah adalah produk eksklusif terbaru dari
  • Cara Membuat SIM Online 2022,

    Setiap pengendara kendaraan bermotor wajib mempunyai Surat Izin
  • Andries Noppert

    Andries Noppert adalah pemain sepak bola berkebangsaan Belanda
  • Beukenhof Restaurant

    Beukenhof Restaurant adalah restoran yang terletak di Yogyakarta
  • Takut Kembali ke Rumah, Korban

    Puluhan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, memilih
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved