Bertugas Tangani Covid-19 Setelah Terawan, Menkes Budi Gunadi: Kami Harus Lakukan Bergotong-Royong

Budi mengatakan jika penanganan pandemi adalah masalah yang sangat besar yang tidak mungkin dia dan jajarannya harus lakukan sendiri.


zoom-inlihat foto
budi-gunadi-sadikin-3.jpg
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA
Budi Gunadi Sadikin atau biasa disapa BGS resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru, menggantikan Terawan Agus Putranto.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Enam menteri baru telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12/2020) di Istana Negara, Jakarta.

Setelah pelantikan, keenam wajah baru Kabinet Indonesia Maju itu memaparkan program kerja yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat.

Budi Gunadi Sadikin yang dilantik sebagai Menteri Kesehatan menyebut bahwa ia berserta jajaran di kementeriannya akan berupaya keras menangani masalah Covid-19.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara periode 25 Oktober 2019 – 23 Desember 2020.

Kemudian dia didapuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin.
Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin. (Dok. BNPB)

Saat memaparkan program kerjanya, Budi mengatakan akan berusaha menangani pandemi agar siswa bisa bersekolah kembali.

Selain itu, program kerjanya ini diharap dapat membuat pengusaha UMKM bisa segera kembali membuka usahanya yang terdampak pandemi.

Lebih lanjut, jika dia akan berusaha menangani Covid-19 agar masyarakat Indonesia bisa hidup secara norman selayaknya sebelum pandemi.

Namun dibalik itu semua, dia meminta dukungan masyarakat semua.

Baik dari para pemerintah setempat, tenaga medis, hingga semua lapisan masyarakat Indonesia.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.
Dia dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12/2020).
Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Dia dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12/2020). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sebab menurut dia, penanganan covid-19 dapat berjalan efektif dan cepat jika semua begotong-royong.

"Untuk itu kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa baik itu asosiasi kedokteran, pemerintah daerah, provinsi, kabupaten, kotamadya, serta seluruh teman-teman.

Masalah ini adalah masalah yang sangat besar yang tidak mungkin kami harus lakukan sendiri.

Kami harus lakukan secara inklusif, bergotong royong, dan bersama-sama," kata Budi Gunadi Sadikin setelah pelantikan, Rabu (23/12/2020) seperti dikutip dari Kemensetneg.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin dan lima orang lainnya dilantik menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/12/2020) hari ini.

Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama yang akan segera bekerja sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju. Keenam figur tersebut ialah Tri Rismaharini, Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yaqut Cholil Qoumas, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Lutfi.
Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama yang akan segera bekerja sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju. Keenam figur tersebut ialah Tri Rismaharini, Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yaqut Cholil Qoumas, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Lutfi. (Humas Kemensetneg)

Lima menteri lain yang dilantik tersebut adalah:

1. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

2. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial

3. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

4. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved