Vaksin Sinovac: Diimpor Indonesia & Belum Umumkan Level Efektifitas, Ahli Medis AS Khawatir Hal Ini

Sementara Indonesia telah resmi mengimpor 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac, perusahaan tersebut belum umumkan level kemanjuran produk.


zoom-inlihat foto
vaksin-covid-produksi-china-sinovac-biotech-2.jpg
AFP
Ilustrasi vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech, China.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Terhitung sejak November 2019 hingga penghujung tahun 2020, seluruh dunia masih disibukkan dengan kendala penanganan pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang bermula dengan merebak dari Wuhan, China, kini telah memakan banyak korban jiwa di berbagao belahan dunia.

Lockdown dan berbagai macam cara dilakukan oleh otoritas negara-negara dunia demi menanggulangi pandemi Covid-19 secara global.

Dari sisi pencegahan dan dan pengobatan, belum adanya vaksin efektif yang sanggup menangkal Covid-19 membuat banyak negara atau lembaga kesehatan berlomba berlomba melakukan riset vaksin.

Negara besar seperti China, Amerika Serikat hingga Jerman kini sedang berpacu dengan waktu untuk menemukan formula vaksin Covid-19 yang efektif dan cepat bisa menangkal pandemi saat ini.

Meski begitu, salah satu vaksin Covid-19 produksi Sinovach Biotech yang dikembangkan dari China, kini mendapat sorotan tersendiri.

Vaksin CoronaVac yang produksi Sinovac Biotech sudah datang di banyak negara berkembang, seperti di Indonesia, Brasil, hingga Turki.  

Meski vaksin Sinovac sudah mendarat dan disebut siap untuk dipakai, ahli medis di Amerika Serikat khawatir dengan rekam jejak  perusahaan asal China tersebut.

Menurut keterangan Washington Post, Sinovac ternyata memiliki sejarah penyuapan di China.

Baca: 1,2 Juta Vaksin Sinovac Tak Bisa Langsung Digunakan di Indonesia, Ini Kata Presiden Jokowi

Persoalan suap ini memang bukan di era vaksin Covid-19.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved