Bukan Sebatas Rumor, Kini Kepindahan Bagus Kahfi ke FC Utrech Justru Sah Dikonfirmasi Barito Putera

Setelah dirumorkan oleh fans klub Utrecht, ternyata kabar kepindahan Bagus Kahfi dikonfirmasi langsung oleh manajer Barito Putera.


zoom-inlihat foto
bagus-kahfi-timnasss.jpg
Instagram @baguskahfiii
Bagus Kahfi, dikabarkan sepakat gabung dengan klub asal Belanda, FC Utrecht.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sejak dari dahulu kala, pemain asal Indonesia sudah beberapa kali bisa memperkuat klub di Eropa.

Misal pada era 90'an, ada rombongan pemain muda asal Indonesia yang sempat menjajal Sampdoria dan beberapa klub-klub di benua tersebut.

Namun, berangkatnya mereka ke Italia waktu itu karena program PSSI Primavera Barretti dengan mengirim serombongan pemain muda Timnas Indonesia untuk belajar mengembangkan bakat sepak bola disana.

Sehingga, previlese untuk mendapatkan kesempatan bermain di klub Eropa pun lebih terbuka diawali oleh jalur peningkatan kualitas pemain oleh PSSI yang dilaksanakan pada tahun 1993 tersebut.

Misalnya Kurniawan Dwi Yulianto yang mampu berkarier di Sampdoria Primavera dan klub Swiss, FC Luzern.

Selain Baretti, PSSI juga sempat meluncurkan program Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Uruguay pada 2008 lalu.

Meski begitu, dari deretan pemain lulusan SAD Uruguay, mereka kesulitan hanya sekedar untuk menembus persaingan di klub-klub menengah di negara Amerika Selatan, padahal pemain bisa menembus Timnas Indonesia.

Tren pemain Indonesia bermain di luar negeri kini tak lagi dengan program-program demikian, mengingat peran agensi sepak bola yang semakin kuat di era olahraga modern ini.

Salah duanya terjadi pada Egy Maulana Vikri yang sedang di Lechia Gdansk (Polandia) dan Witan Sulaiman di FK Radnik Surdulica (Serbia)

Selain mereka berdua, sebenarnya ada beberapa pemain Indonesia lain yang berada di Eropa seperti Khaiurul Zakiri di Gymnasia Cueta, Spanyol.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved