Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut (STAI Siliwangi Garut)

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Barat dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stai-siliwangi-garut-logo.jpg
staisgarut.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Barat dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut atau STAI Siliwangi Garut adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut berdiri pada 1976.

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Illa Susanti, M.Pd.

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut beralamat di Jl. Raya Tutugan No. 117, Leles, Haruman, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44152, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut berada di bawah naungan Yayasan Al-Muawanah Garut.

  • Sejarah


Lahirnya gagasan pendirian perguruan tinggi Islam di Garut dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas sumber daya manusia di kabupaten Garut khususnya yang mendalami Ilmu Agama Islam di tingkat Perguruan Tinggi.

Di samping itu, munculnya berbagai informasi akan didirikannya Perguruan Tinggi non Islam membuat sejumlah tokoh daerah ini terpanggil dan mengambil langkah cepat untuk segera merintis berdirinya Perguruan Tinggi Islam.

Sebagai langkah awal,  dirintislah Perguruan Tinggi Islam Siliwangi Garut Cabang Bandung pada tahun 1973. Dengan demikian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Garut merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten yang berada di Kabupaten Garut yang didirikan dan dikembangkan oleh para tokoh masyarakat sejak 38 tahun lalu.

Saat pertama didirikan, nama perguruan tinggi ini adalah Perguruan Tinggi Islam (PTI) Siliwangi Cabang Bandung. Kemudian pada tahun 1976 memisahkan diri secara kelembagaan dan nama Siliwangi tetap melekat pada PTI ini sehingga namanya menjadi Perguruan Tinggi Islam (PTI) Siliwangi Garut, lalu pada tahun 1988 mengubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Siliwangi Garut dan berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Garut  sejak tahun 1994.

Sampai dengan perkembangannya sekarang, tiada lain merupakan hasil perjuangan kerasyang dilakukan sejumlah tokoh umat Islam yang ada di daerah Garut.

Dengan digulirkannya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) ternyata selanjutnya menjadi peluang tersendiri bagi STAI Siliwangi Garut untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.

Sejak itu pula STAI Siliwangi Garut melengkapi diri dengan mendirikan sebuah Yayasan dengan nama “Yayasan Al-Mu’awanah Garut” di bawah Akta Notaris Aam Warlimah, SH tanggal 02 Maret 1976 No. 02 terdaftar di Pengadilan Tinggi Garut pada hari Senin, 08 Maret 1976 dengan Nomor 12/1976 Reg.Pers.PN Garut, dan kemudian diperbaharui lagi dengan Notaris yang sama, Aam Warlimah, SH, pada hari Senin Tanggal 25 Maret 2002 Nomor 24.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung (STAIM Tulungagung)

STAI Siliwangi Garut.
STAI Siliwangi Garut. (staisgarut.ac.id)

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

Menjadi perguruan Tinggi Agama Islam yang profesional, unggul dan kompetitif dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berlandaskan keislaman, keilmuan dan keindonesiaan.

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Agama Islam baik yang bersifat teoritis maupun praktis;
  2. Mengembangkan dan menerapkan Ilmu Agama Islam yang berbasis penelitian;
  3. Memberikan landasan ahklak dan moral terhadap pengembangan dan praktek ajaran Agama Islam di masyarakat;
  4. Mengembangkan dan membina kehidupan civitas akademika yang menjunjung tinggi kebenaran akademis, keterbukaan, kritis, kreatif, dan inovatif serta tanggap terhadap perubahan-perubahan sosial, baik dalam skala nasional, regional maupun global;
  5. Menyelenggarakan manajemen modern perguruan tinggi yang berorientasi pada mutu, profesionalisme, dan keterbukaan serta memiliki daya saing yang tinggi dan kuat;
  6. Memupuk dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, perguruan tinggi, industri dan lain-lain, baik dalam maupun luar negeri dan;
  7. Memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap upaya implementasi ajaran Islam dalam konteks keindonesiaan sekaligus kemodernan.

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan atau memperkaya khazanah ilmu-ilmu keislaman;
  2. Menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya budaya nasional dan budaya lokal.
  3. Mengembangkan pendidikan tinggi dengan memberikan landasan etik dan moral dalam keterpaduan proses dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, keimanan dan ketaqwaan.
  4. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan latar profesional dan menerapkan, mengemban gkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan,
  5. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi danlatau kesenian di bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatk an taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional..

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

Sarjana (S1) :

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Perbankan Syariah

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Illa Susanti, M.Pd

Wakil Ketua : Asep Muharam, M.Ag

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut :

Jl. Raya Tutugan No. 117, Leles, Haruman, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44152, Indonesia

Telepon/Fax : (0262) 455000

Email : staisiliwangigarut4@gmail.com

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut
Alamat Jl. Raya Tutugan No. 117, Leles, Haruman, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44152, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAI+Siliwangi+Garut
Situs staisgarut.ac.id
Ketua Illa Susanti, M.Pd








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved