Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung (STAIM Tulungagung)

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
staim-tulungagunglogo.jpg
staim-tulungagung.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung atau STAIM Tulungagung adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung berdiri pada 1 Januari 2000.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Nurul Amin, M.Ag.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung beralamat di Jl. Pahlawan Gg. III No.27, Dusun Kedungsingkal, Ketanon, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229, Indonesia.

Baca: Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang

  • Sejarah


Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung (kemudian disebut STAI Muhammadiyah Tulungagung) merupakan perguruan tinggi swasta berkedudukan di wilayah administratif Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, melalui Majelis Diktilitbang.

Berdiri pada tahun 1987 dengan nama Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Surabaya di Tulungagung, sesuai dengan SK nomor 354/K/F-9/P/87 yang ditandatangani oleh Rektor IAIN Sunan Ampel selaku Ketua Kopertais IV Wilayah Surabaya. Pada Tahun 1990 mengalami perubahan status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tulungagung (STIT Muhammadiyah Tulungagung) sesuai SK nomor Dj./219/210.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan, pada tahun 2010 dibuka Program Studi baru yaitu Ekonomi Syari’ah , sekaligus alih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Tulungagung sesuai SK nomor Dj.I/200/2010. Saat ini STAI Muhammadiyah Tulungagung memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan peringkat akreditasi B sesuai dengan SK BAN PT nomor 0102/SK/BAN PT/Akred/S/III/2016; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan peringkat akreditasi C sesuai dengan SK BAN PT nomor 1167/SK/BAN PT/Akred/S/XI/2015; dan Ekonomi Syari’ah dengan peringkat akreditasi C sesuai dengan SK BAN PT nomor 0102/SK/BAN PT/Akred/S/III/2016.

Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) 2010, Renstra 2014-2019 dan Statuta 2015, STAI Muhammadiyah Tulungagung memiliki Visi “Menjadi Perguruan Tinggi Islami yang berdaya saing dan unggul dalam bidang spiritual, emosional dan sosial pada tahun 2025”.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik (STAIDA Gresik)

STAIM Tulungagunggeudng
Gedung STAIM Tulungagung.

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

“Menjadi Perguruan Tinggi Islami, berdaya saing unggul pada tahun 2025, menghasilkan lulusan yang cerdas dan berdaya saing serta memiliki keunggulan spiritual, emosional dan sosial”.

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

  1. Menyelenggarakan pembinaan, pengembangan dan penghayatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan pengajaran dengan menjunjung tinggi asas belajar seumur hidup dan ilmu yang bermanfaat.
  3. Menyelenggarakan, mengembangkan dan menghasilkan penelitian dengan asas kebebasan berpikir dan mimbar ilmiah di tingkat regional, nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan asas penguatan ukhuwah, kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan dalam berbagai bidang ilmu dengan asas untuk membangun ukhuwah, kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  6. Membangun dan mengembangkan sistem pengelolaan institusi yang kuat, amanah, demokratis dan memberi ruang sepenuhnya bagi pengembangan kreativitas segenap civitas akademika.

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

  1. Mewujudkan STAIM Tulungagung sebagai pusat gerakan dakwah Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Tulungagung dan Provinsi Jawa Timur, menghasilkan generasi masa depan dakwah Muhammadiyah, umat Islam dan bangsa Indonesia yang berkarakter unggul sebagai pilar utama dalam kehidupan masyarakat utama dan berkemajuan yang diridhai oleh Allah SWT.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing, cerdas dan profesional serta berakhlaq mulia dalam mengemban profesi dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat utama dan berkemajuan yang diridhai Allah SWT.
  3. Menghasilkan penelitian yang dipublikasikan di tingkat regional, nasional dan internasional untuk pengembangan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi masyarakat baik dalam teori maupun praktis.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi langsung untuk kemaslahatan persyarikatan Muhammadiyah, umat Islam dan bangsa Indonesia guna mewujudkan masyarakat utama dan berkemajuan yang diridhai Allah SWT.
  5. Menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri dan berjiwa wirausaha guna mewujudkan masyarakat utama dan berkemajuan yang diridhoi Allah SWT.
  6. Mewujudkan tata kelola institusi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan berdaya saing serta memiliki keunggulan moral, spiritual dan sosial.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

Sarjana (S1) :

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Ekonomi Syari’ah (EKSYA)

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Nurul Amin, M.Ag

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung :

Jl. Pahlawan Gg. III No.27, Dusun Kedungsingkal, Ketanon, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229, Indonesia

Telepon/Fax : (0355) 322376

Email : unmuhta@staim-tulungagung.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung
Alamat Jl. Pahlawan Gg. III No.27, Dusun Kedungsingkal, Ketanon, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAI+Muhammadiyah+Tulungagung
Situs staim-tulungagung.ac.id
Ketua Nurul Amin, M.Ag








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved