Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang

Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah sebuah PTS di Provinsi Sumatra Barat.


zoom-inlihat foto
sttind-padang.jpg
Akupintar.id
Lambang STTIND Padang

Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah sebuah PTS di Provinsi Sumatra Barat.




  • Informasi awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sumatra Barat.

PTS ini berada di bawah Yayasan Muhammad Yamin Padang yang didirikan pada tahun 1982.

Yayasan M. Yamin Padang mendirikan Akademi Teknologi Industri Padang (ATIND) yang berorientasi pada Akademi Perindustrian (AKPRIN) Yogyakarta.

Yayasan ini mengajukan rekomendasi izin mendirikan Akademi tersebut kepada Gubernur Propinsi/Dati I Sumatera Barat, kemudian diteruskan kepada koordinator Kopertis Wilayah I Medan untuk mendapatkan izin operasional.

Koordinator Kopertis Wilayah I Medan melalui suratnya nomor 077/SK/KOP.I/1984, tanggal 5 April 1984 memberikan ijin operasional berdirinya Akademi Perindustrian Padang dengan jurusan:

1. Jurusan Manajemen Industri,

2. Jurusan Statistik Industri, dan

3. Jurusan Maintenance Industri.

Pada tahun 1984 Koordinator Kopertis Wilayah I Medan dengan suratnya nomor 041/R/KOP.I/1984 mengusulkan kepada Mendikbud untuk mendapatkan Status Terdaftar.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar (STAI Al-Furqan Makassar)

Menteri merealisasikan dengan keputusan Nomor 076/0/1985, tanggal 21 Februari 1985 untuk Jenjang Pendidikan Diploma III,  yaitu Akademi Teknologi Industri Padang, disingkat ATIND dengan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri.

Pada tahun 1988 atas usul Kopertis Wilayah I Medan, jenjang pendidikan ditingkatkan menjadi Program Sarjana (S1) dan Diploma III (DIII) yang dituangkan dalam keputusan Mendikbud No. 086/0/1988 dengan jurusan:

1. Teknik dan Manajemen Industri, dengan Program Studi:

a. Teknik industri
b. Manajemen Industri

2. Jurusan Teknik Informatika, dengan Program Studi :
a. Teknik Informatika

ATIND berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No : 021/BAN-PT/Ak- IV/VIII/2000, tanggal 31 Agustus 2000, Program Studi Teknik Industri STTIND Padang telah mendapatkan predikat “Terakreditasi” dengan nilai “B”.

Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 166/D/T/2005 tanggal 13 Januari 2005 dikeluarkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri.

Pada tahun 2007, Badan Akreditasi Nasional mengeluarkan perpanjangan akreditasi berdasarkan Surat Keputusan Nomor 011/BAN- PT/Ak-X/S1/V/2007 tanggal 26 Mei 2007.

Berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdiknas No. 1597/D/T/2002 dikeluarkan ijin penyelenggaraan 3 (tiga) program studi baru yaitu Program Studi Teknik Mesin, Teknik Pertambangan dan Teknik Lingkungan.

Program Studi Teknik Lingkungan dan Teknik Pertambangan juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti masing-masing Nomor 290/D/T/2007 dan No. 291/D/T/2007 tanggal 12 Februari 2007.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Asshiddiqiyah Karawang (STAI Asshiddiqiyah Karawang)

Tahun 2008, Program Studi Teknik Mesin juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti No. 3227/D/T/2007 tanggal 11 Oktober 2007.

Mulai Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008 STTIND Padang membuka 1 (satu) program studi lagi, yaitu Program Studi Sistem Informasi (S1) dengan ijin penyelenggaraan No. 901/D/T/2008 tanggal 24 Maret
2008.

Maka, pada tahun 2002 STTIND Padang telah mempunyai 5 (lima) program studi, yaitu 

1. Program Studi Teknik Industri,

2. Program Studi Teknik Pertambangan,

3. Program Studi Teknik Mesin,

4. Program Studi Teknik Lingkungan, dan

5. Program Studi Sistem Informasi.[1]

  • Visi dan misi


Visi :

Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dengan Lulusan yang berkualitas dibidang Teknologi Industri yang berjiwa Kewirausahaan di Kawasan Sumatera Pada Tahun 2025

Misi :

1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dan professional bidang Teknik industri,Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan penelitian dan bidang Teknik industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada bidang Teknik industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

4. Meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan secara lokal, nasional dan internasional. Meningkatkan pengelolaan Sekolah Tinggi mengenai tata-kelola yang baik (Good Governance).[2]

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan (STAI Auliaurrasyidin Tembilahan)

  • Program studi


Jurusan

  • TEKNIK PERTAMBANGAN
  • TEKNIK LINGKUNGAN
  • TEKNIK INDUSTRI
  • SISTEM INFORMASI[3]

  • Fasilitas


FASILITAS

  • LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI
  • LABORATORIUM TEKNIK PERTAMBANGAN
  • LABORATORIUM BAHASA[4]

  • Kontak


Kampus: Jl. Prof. Dr. Hamka No.121, Parupuk Tabing, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586

Laman: http://sttind.ac.id

Email: info@sttnd.ac.id[5]

(Tribunnewswiki/Tyo)



Nama Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang
Berdiri 1984
Jenis Perguruan tinggi swasta
Lokasi Kota Padang
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved