Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan (STAI Auliaurrasyidin Tembilahan)

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Riau dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stai-auliaurrasyidin-tembilahanlogo.jpg
stai-tbh.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Riau dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan atau STAI Auliaurrasyidin Tembilahan adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan berdiri pada 23 Maret 2000.

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Syarifudin, M.Pd.I.

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan beralamat di Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau 29211, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Auliaurrsyidin.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo (STAIM Probolinggo)

  • Sejarah


Sebelum STAI Auliaurrasyidin Tembilahan didirikan, terlebih dahulu telah didirikan Yayasan Pendidikan Auliaurrsyidin tanggal 24 Nopember 1999 dengan Akta Notaris ISRA SAMIANTI, SH. Nomor 11 Tanggal 6 Desember 1999. Yayasan didirikan oleh Dewan Pendiri yang terdiri dari lima orang : (1) Drs. H. Mukhtar Awang, (2) Drs. H. M. Aziz, (3) H. Abdul Latief, (4) H. Arsyad Hamid, dan (5) H. Abu Samah. Sampai saat ini Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin diketuai oleh H. Kursani, S.Pd. I.

STAI Auliaurrasyidin Tembilahan didirikan oleh Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin dengan Surat Keputusan Nomor 04/KPTS/YAYASAN-URD/2000 dengan medapatkan rekomendasi dari berbagai pihak, antara lain dari Majelis Ulama Indonesia Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor A.006/MUI-IH/IV/2000, dari Departemen Agama Kantor Kabupaten Indragiri Hilir Nomor MD.4/A.3/PP.005/124/2000, dan dari Bupati Indragiri Hilir Nomor 479/SOS-2000/400 tanggal 23 Maret 2000. dan tanggal 16 September 2000 STAI Auliaurrasyidin Tembilahan diresmikan oleh Bupati Indragiri Hilir sekaligus dimulainya masa perkuliahan.

Sehingga tanggal 16 September 2000 ini dijadikan sebagai hari berdirinya STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dan setiap tanggal 16 September ditetapkan sebagai hari Dies Natalis STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

Selanjutnya STAI Auliaurrasyidin Tembilahan memperoleh Izin Operasional dari Kopertais Wilayah XII Propinsi Riau Nomor 07/XII/K/2001 tanggal 19 Januari 2001. dan Alhamdulillah dengan kemauan dan tekad serta kerjasama semua pihak STAI Auliaurrasyidin Tembilahan memperoleh Status Terdaftar dari Koordinator Kopertais Wilayah XII Riau atas nama Menteri Agama RI Nomor 02/XII/K/2002 tanggal 15 Januari 2002. Dipenghujung tahun 2006 STAI Auliaurrasyidin Tembilahan khususnya Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) telah Terakreditasi ”A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi melalui Surat Keputusan No. 019/BAN-PT/AK-X/S1/XII/2006 tanggal 8 Desember 2006.

Dan tanggal 20 Maret 2007, Program Studi PAI telah memperoleh Perpanjangan Izin Penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui Surat Keputusan Nomor DJ.I/103/2007. Dan tanggal 15 Agustus 2012, Program Studi PAI memperoleh Perpanjangan Izin Penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui Surat Keputusan Nomor 1222 tahun 2012.

Terhitung sejak tanggal 10 Juli 2007 STAI Auliaurrasyidin Tembilahan telah memperoleh Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) jenjang Strata Satu (S1) melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag RI Jakarta Nomor Dj.I/257/2007, dengan Kategori PTAI Mandiri berdasarkan Penetapan Direktur Pendidikan Tinggi Islam atas nama Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/Dt.I.IV/1/PP.00.11/944/07.

Dan tanggal 15 Agustus 2012, Program Studi PGMI juga memperoleh Perpanjangan Izin Penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui Surat Keputusan Nomor 1222 tahun 2012.

Tahun 2013 kedua program studi yang diselenggarakan oleh STAI Auliaurrasyidin Tembilahan telah terakreditasi, yaitu; Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) memperoleh Akreditasi C (Keputusan BAN-PT Nomor 003/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013 tanggal 4 Januari 2013) dan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh Akreditasi B (Keputusan BAN-PT Nomor 164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 tanggal 3 Agustus 2013).

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Bani Saleh (STAI Bani Saleh)

STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Gedung STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin :

“Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan yang unggul dan mencerahkan serta selalu merespon segala perubahan dengan pendekatan iman dan taqwa di era global yang kompetitif tahun 2025”

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin :

  1. Membina dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dengan paradigma ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta ajaran agama Islam sesuai dengan standar kompetensi keilmuan di lingkungan kampus dan masyarakat madani,
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan prespektif agama Islam untuk kemaslahatan akademik, masyarakat, dan lingkungan,
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta kerjasama dengan berbagai pihak untuk pembangunan agama, bangsa, dan negara, dan
  4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin :

Sarjana (S1) :

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  • Ekonomi Syariah (ESY)

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Syarifudin, M.Pd.I

Wakil Ketua I : M. Ridhwan, M.Ed

Wakil Ketua II : H. Dedy Yusuf Yudhyarta, M.Pd.I

Wakil Ketua III : Dr. Ir. H. Sahruddin, M.M

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin :

Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau 29211, Indonesia

Telepon/Fax : 0768 – 325093

Email : akademik@stai-tbh.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin
Alamat Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau 29211, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAI+Auliaurrasyidin+Tembilahan
Situs stai-tbh.ac.id
Ketua Syarifudin, M.Pd.I


Sumber :


1. stai-tbh.ac.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved