Xanana Gusmao Pesimis Timor Leste Bisa Bertahan dari Kemiskinan, Sebut 10 Tahun Lagi Akan Mati

Mulai tahun 2021, Pemerintah Timor Leste akan menggunakan dana abadi sebagai kebutuhan belanja negaranya sebesar 1,4 miliyar dollar.


zoom-inlihat foto
xanana-gusmao-dan-bendera-timor-leste-56.jpg
Kolase Foto Wikimedia dan Pixabay David_Peterson / 445 foto
FOTO: Xanana Gusmao dan Bendera Timor Leste


Mulai tahun 2021, Pemerintah Timor Leste akan menggunakan dana abadi sebagai kebutuhan belanja negaranya sebesar 1,4 miliyar dollar.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao menyebut pesimis Timor Leste dapat bertahan dari krisis ekonomi.

Menurutnya, meski Timor Leste memiliki dana abadi sejumlah triliunan rupiah, Gusmao yakin bahwa negara ini akan mati 10 tahun mendatang.

Pria 74 tahun tersebut mengatakan ada dana abadi yang dimiliki Timor Leste yang tersimpan di Bank New York, Amerika Serikat.

Melansir dari The Oekui Post, Rabu (16/9/2020), laporan trimestral dari Banco Central Timor Leste (BCTL), baru-baru ini mengumumkan bahwa, jumlah dana perminyakan Timor Lester yang tersimpan di Bank New York sebesar 18,4 miliyar dolar AS (Rp 273 triliun – kurs Rp 14.840).

Mulai tahun 2021, Pemerintah Timor Leste akan menggunakan uang simpanan itu sebagai kebutuhan belanja negaranya sebesar 1,4 miliyar dolar AS atau Rp 20,77 triliun.

Baca: Situasi Ekonomi Timor Leste 18 Tahun Merdeka: Negara Miskin ke-152, Ketergantungan Impor Indonesia

Sebuah pasar tradisional di perbatasan Indonesia - Timor Leste.
Sebuah pasar tradisional di perbatasan Indonesia - Timor Leste. (kompas tv)

Sehubungan dengan hal itu, banyak orang yang mulai berfikir dan prihatin terhadap keberlanjutan kondisi keuangan Timor Leste.

Sebuah seminar digelar di negara itu untuk mendiskusikan segala prioritas anggaran nasional Timor Leste.

Dalam acara itu, mantan PM dan juga pejabat kharismatik Timor Leste, Xanana Gusmao percaya bahwa, negaranya memiliki uang yang disimpan di Bank New York.

Gusmao juga sangat percaya bahwa, Rancangan Anggaran Negara akan lolos di tingkat parlemen, karena memiliki suara mayoritas.

“Anggaran bisa saja lolos, tetapi prosedurnya yang bermasalah,” katanya.

Baca: Organ Vital Ladyboy Thailand Ini Hancur Setelah Operasi Kelamin, Muncul Bau Menyengat dan Nanah











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved