Memanas, China Kirim Dua Pesawat Tempur ke Wilayah Taiwan Jelang Kunjungan Diplomat AS ke Taipei

Menlu Taiwan mengatakan, ada lebih dari 30 pesawat telah menyeberang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan baru-baru ini.


zoom-inlihat foto
pesawat-j-20-china.jpg
Xinhua via SCMP
Ilustrasi pesawat tempur China - Pesawat J-20 China


Menlu Taiwan mengatakan, ada lebih dari 30 pesawat telah menyeberang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan baru-baru ini.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Dua pesawat tempur milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China telah mendekati Taiwan dalam serangan lain yang menandakan peningkatan permusuhan antara China dan Taiwan.

Peristiwa tersebut terjadi menjelang kedatangan seorang diplomat senior AS ke Taiwan untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Taipei.

Dilansir oleh South China Morning Post, pesawat anti-kapal selam PLA Y-8 diketahui memasuki sisi barat daya zona identifikasi pertahanan udara (AIDZ) Taiwan pada Rabu (16/9/2020)malam.

“Angkatan udara Taiwan telah memberikan peringatan,” kata kementerian pertahanan Taiwan pada Kamis (17/9/2020).

Sejumlah pesawat tempur PLA telah terbang ke barat daya Taiwan AIDZ sejak Rabu lalu dalam apa yang digambarkan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen sebagai provokasi serius yang akan meningkatkan ketegangan lintas selat dan mempengaruhi perdamaian dan stabilitas regional.

Baca: Microsoft Sebut Peretas Asal China, Rusia dan Iran Berupaya Serang Pilpres AS 2020

Meskipun Partai Komunis China tidak pernah memerintah Taiwan, Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari China dan menuduh pemerintah yang dipimpin Tsai melakukan separatisme.

Beijing tidak pernah mengesampingkan untuk mengambil Taiwan dengan paksa, dan beberapa bulan terakhir khususnya telah melihat peningkatan dalam pembangunan pertahanan dan latihan militer.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan, ada lebih dari 30 pesawat tentara Pembebasan Rakyat telah menyeberang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan baru-baru ini.

Waktu serangan terbaru - menjelang kunjungan yang direncanakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach - dimaksudkan untuk menjadi peringatan bagi AS dan Taiwan, kata pengamat.

Krach, yang diperkirakan akan tiba di Taipei pada Kamis sore waktu setempat, akan menjadi pejabat Departemen Luar Negeri paling senior yang mengunjungi Taiwan.

Baca: Trump: Kim Jong Un Memberi Tahu Saya Segalanya, Termasuk Bagaimana Ia Membunuh Pamannya Sendiri











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved