Konflik Perbatasan di Himalaya: China Desak India untuk Segera 'Memperbaiki Kesalahannya'

China menganggap India bertanggung jawab atas konflik di perbatasan kedua negara itu


zoom-inlihat foto
jet-tempur-india-ladakh.jpg
MOHD ARHAAN ARCHER / AFP
Jet tempur Angkatan Udara India terbang di atas pegunungan di Leh, ibu kota bersama wilayah federal Ladakh yang berbatasan dengan China, pada 15 September 2020.


China menganggap India bertanggung jawab atas konflik di perbatasan kedua negara itu

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Media China Global Times mengatakan Kementerian Luar Negeri China pada Rabu, (16/9/2020), mendesak India segera memperbaiki "tindakannya yang salah" di perbatasan Himalaya.

Kemenlu China juga meminta India segera menarik diri dari wilayah perbatasan yang disengketakan kedua negara itu.

Selain itu, China menganggap India bertanggung jawab atas konflik di perbatasan.

Juru bicara Kemenlu China, Wang Wenbin, menyebut India harus mengambil langkah konkret untuk mengurangi ketegangan di Himalaya.

Dia mengatakan China tidak bertanggung jawab atas ketegangan di perbatasan karena Indialah yang pertama melanggar kesepakatan bilateral.

Baca: China dan India Saling Lepaskan Tembakan di Perbatasan, Pertama Kalinya sejak 1975

Sebuah jet tempur India lepas landas dari pangkalan udara di Leh, ibu kota bersama wilayah federal Ladakh yang berbatasan dengan China, pada 9 September 2020.
Sebuah jet tempur India lepas landas dari pangkalan udara di Leh, ibu kota bersama wilayah federal Ladakh yang berbatasan dengan China, pada 9 September 2020. (MOHD ARHAAN ARCHER / AFP)

Pelanggaran itu, kata Wang, adalah melewati garis perbatasan untuk memprovokasi, mengubah status quo di wilayah perbatasan secara sepihak, dan melepaskan tembakan yang mengancam keselamatan pasukan China di perbatasan.

Wang berkomentar setelah Menteri Pertahanan India Rajnath Singh menegaskan bahwa sengketa perbatasan dengan China belum "terselesaikan".

Rajnath dalam pidatonya pada Selasa, (15/9/2020), menyalahkan China karena "melanggar" kesepakatan perbatasan.

Wang mengatakan China berharap India mematuhi kesepakatan penting yang dicapai oleh para pemimpin dari kedua negara itu, menempatkan pertentangan di posisi yang tepat dalam hubungan bilateral, mencegah pertentangan meningkat menjadi konflik, dan mengindari tindakan yang bisa memperburuk situasi.

Baca: China dan India Saling Lepaskan Tembakan di Perbatasan, Pertama Kalinya sejak 1975

Tentara India memberikan penghormatan selama pemakaman rekan mereka, Nyima Tenzin yang berasal dari Tibet, pada 7 September 2020. Tenzin tewas dalam bentrokan terbaru dengan tentara China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.
Tentara India memberikan penghormatan selama pemakaman rekan mereka, Nyima Tenzin yang berasal dari Tibet, pada 7 September 2020. Tenzin tewas dalam bentrokan terbaru dengan tentara China di perbatasan Himalaya yang disengketakan. (MOHD ARHAAN ARCHER / AFP)

Selain itu, Wang menyebut China akan dengan senang hati menjaga hubungannya dengan India melalui jalur diplomasi dan militer agar bisa menjaga kedamaian di area perbatasan secara bersama-sama.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved