Pupus Sudah Mimpi BJ Habibie, Pesawat N250 Gatotkaca Buatan Indonesia Dimuseumkan di Yogyakarta

Pesawat N-250 Gatotkaca ini awalnya berada di PT Dirgantara Indonesia. Kemudian, diserahkan ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.


zoom-inlihat foto
pesawat-n-250-gatotkaca.jpg
KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA
Pesawat buatan Indonesia, N250 Gatotkaca disimpan di Museum Dirgantara mandala Yogyakarta, Jumat (21/8/2020) (KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pesawat asli Indonesia yang diinisiasi oleh BJ Habibie tiba di Museum Pusat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Dirgantara Mandala Yogyakarta pada Jumat (21/8/2020) sekitar 04.30 WIB.

Pesawat N-250 ini dibawa dari PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat, melalui jalur darat.

"Alhamdulilah tadi pagi, saat fajar datang tiba di sini," ucap Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto, saat ditemui di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Jumat.

Pesawat N-250 Gatotkaca ini awalnya berada di PT Dirgantara Indonesia. Kemudian, PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat Gatotkaca ini untuk melengkapi koleksi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

"Pesawat N-250 Gatotkaca adalah pesawat buatan Indonesia pertama, murni buatan Indonesia semua yang digagas oleh Bapak BJ Habibie," ucapnya.

Dijelaskannya pesawat N-250 terbang pertama kali pada 1995, saat perayaan 50 tahun Indonesia Merdeka.

Namun karena ada krisis ekonomi produksi pesawat ini dihentikan.

Baca: Pemerintah Putuskan Hapus Proyek Pesawat R80, Impian Terakhir BJ Habibie yang Belum Terwujud

"Kenapa dibawa ke museum ini? Ini karena gagasan dari Bapak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat itu menjadi Kasau. Beliau ingin pesawat yang membanggakan ini bisa dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia," sebut Fajar.

Pesawat pertama buatan Indonesia, N-250 Gatotkaca dibawa ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta untuk menambah koleksi.

Pesawat N-250 Gatotkaca menjadi koleksi yang ke-60 Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved