Poltekkes Kemenkes Gorontalo

Poltekkes Kemenkes Gorontalo merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes Gorontalo terletak di Jl. Taman Pendidikan No.36, Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo.


zoom-inlihat foto
poltekkes-kemenkes-gorontalo-3w3424.jpg
https://poltekkesgorontalo.ac.id/
Poltekkes Kemenkes Gorontalo

Poltekkes Kemenkes Gorontalo merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes Gorontalo terletak di Jl. Taman Pendidikan No.36, Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo.




  • Informasi Awal dan Sejarah #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo (Poltekkes Kemenkes Gorontalo) merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 

Poltekkes Kemenkes Gorontalo terletak di Jl. Taman Pendidikan No.36, Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo.

Sejarah terbentuknya Politeknik Kesehatan Gorontalo adalah merupakan perjuangan yang cukup panjang dengan penuh banyak tantangan dan berbagai kendala, namun semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tujuan berkat dukungan motivasi dan kerja sama yang baik dari seluruh jajaran baik yang terlibat langsung maupun yang tidak langsung.

Pendidikan kesehatan di Gorontalo dimulai sejak tahun 1974 di mana jenis pendidikan ini  dimulai dengan pelaksanaan Sekolah Penjenang Kesehatan Ijazah C dan Ijazah E dan luaran lulusannya telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan didaerah Kotamadya Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Berdasarkan kebijaksanaan pemerintah, maka pada tahun 1978, Pendidikan Penjenang Kesehatan dan sejenisnya ditutup, dan dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan. Kemudian pada tahun 1979 daerah Kotamadya Gorontalo disetujui untuk dibuka Sekolah Perawat Kesehatan Gorontalo (SPK) dan secara operasional SPK Gorontalo mulai menerima siswa baru tahun ajaran 1980/1981 bertempat di RSU Gorontalo yang diresmikan oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Kapusdiknakes) Depkes RI tanggal

 9 September 1980 dan pada tanggal 11 Maret 1984 SPK Gorontalo telah menggunakan gedung baru yang berlokasi  di jalan Pemuda No.36 Gorontalo (Lokasi sekarang).

Kemudian pada tanggal 10 Desember 1998  SPK telah di konversi menjadi PAM, sehingga  tahun  ajaran  1999/2000  telah menerima mahasiswa  baru Program DIII  Keperawatan dan dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kessos RI No. 298 tahun 2001 maka Akper Gorontalo berubah menjadi Program Studi Keperawatan Gorontalo masuk dalam Politeknik Kesehatan Manado bersama-sama dengan akademi kesehatan lainnya Se- Provinsi Sulawesi Utara.

Civitas akademika Program Studi Keperawatan Gorontalo melakukan audiensi dengan Gubernur Gorontalo yang membahas rencana peningkatan program studi menjadi Politeknik Kesehatan untuk berpisah dengan Politeknik Kesehatan Manado namun hal tersebut menemui kendala sebagaimana diisyaratkan dalam surat Menteri Kesehatan RI tertanggal 16 Juli 2002 bahwa Program Studi Keperawatan Gorontalo untuk menjadi Poltekkes hendaknya menambah dua program studi baru selain program studi yang telah ada, hal ini sesuai surat edaran Dirjen Dikti No. 470/D/T/1996 tertanggal 28 Pebruari 1996 tentang syarat pendirian Politeknik, disyaratkan minimal 3 (tiga) program studi untuk mendirikan suatu Politeknik.

Dengan dasar tersebut diatas maka civitas akademika Program studi Keperawatan Gorontalo melakukan upaya-upaya pengembangan institusi kesehatan ( Prodi Keperawatan) untuk mengembangkan diri yakni rencana peningkatan status tersebut, maka dilakukan sosialisasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo tentang rencana tersebut sehingga pada saat itu disepakati rencana penambahan dua program studi yakni Program studi Kebidanan dan Program Studi  Gizi  Gorontalo. Selanjutnya Menteri Kesehatan RI dengan suratnya nomor 1049/Menkes/SK/VII/2003  menetapkan Program studi Kebidanan dan Gizi sebagai bagian dari persyaratan pembentukan Poltekkes Gorontalo.

Dengan lengkapnya persyaratan untuk pembentukan Poltekkes maka panitia yang terdiri seluruh civitas akademika ketiga program studi bersama dengan Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi melakukan upaya dengan berkonsultasi dengan Badan PPSDM Kesehatan RI agar Ketiga Prodi  Kesehatan di Gorontalo segera di usulkan ke Menteri Kesehatan untuk peningkatan Prodi tersebut menjadi Politeknik Kesehatan Gorontalo

Hal ini mendapat respon baik dari Badan PPSDM Kesehatan RI dan beliau melakukan proses administrasi dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku maka Dirjen Dikti dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara merekomendasikan pembentukan Politeknik Kesehatan Gorontalo untuk berpisah dengan Poltekkes Manado.

Atas ridho Allah SWT maka dengan terbitnya surat rekomendasi tersebut diatas maka Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyetujui pembentukan Politeknik Kesehatan Gorontalo sesuai surat keputusan Menkes RI No. 890 tahun 2007 tanggal 2 Agustus tentang Organisasi dan tatalakasana Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI maka ketiga Prodi kesehatan yang ada di Gorontalo secara resmi terpisah dari Politeknik Kesehatan Manado dan secara resmi pula di Provinsi Gorontalo telah memiliki Politeknik Kesehatan Depkes Gorontalo. (1)

Baca: Poltekkes Kemenkes Jayapura

Baca: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

  • Visi dan Misi #


Visi merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai oleh suatu organisasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga pimpinan beserta seluruh civitas akademika memiliki acuan untuk mewujudkan sebuah Perguruan Tinggi yang Inovatif dibidang akademik baik tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan dalam menjalankan profesi dan tugas-tugas pengabdiannya untuk menghasilkan tenaga vokasional di bidang kesehatan yang terampil, beretos kerja baik, jujur, bermoral tinggi dan memiliki daya saing tinggi.

Makna lain yang terkandung dalam pengertian Visi tersebut adanya upaya pimpinan beserta civitas akademika untuk memfasilitasi seluruh aktivitas proses pembelajaran menuju terwujudnya output yang berkualitas dan menampilkan karakter dan etika dengan menjunjung tinggi martabat profesi dalam pengabdian dirinya ditengah-tengah masyarakat.

Visi Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Gorontalo dalam Rencana Strategi periode 2016-2020 adalah

Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan dalam Menghasilkan Lulusan Yang Kompetitif dan Berkarakter Tahun 2020.
Visi tersebut telah disesuaikan dengan pemetaan dan rekapitulasi hasil analisis SWOT, dimana posisi Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo berada pada Kuadran I, yang berarti bahwa Poltekkes Gorontalo memiliki Kekuatan dan Peluang sehingga kinerja/performennya dapat dikembangkan dan ditingkatkan pada periode 2016-2020.

Agar Visi ini dapat dipahami oleh seluruh jajaran Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo, dipandang perlu menjelaskan definisi dari Visi tersebut sebagai berikut :

  1. Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan, mengandung makna bahwa Poltekkes Kemenkes Gorontalo menjadi yang Terdepandalam menyelenggarakan Pendidikan Vokasional dimulai dari tingkat Diploma sampai dengan Magister Saint didukung oleh Sumber Daya Manusia profesional dan sumber daya sarana dan prasarana yang memadai sehingga menjamin kelancaran proses belajar mengajar yang pada akhirnya menghasilkan output/lulusan yang kompetitif dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompetitif, mengandung makna bahwa semua lulusan Poltekkes Kemenkes Gorontalo mampu memberikan manfaat bagi penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat dan mampu bersaing di era global yang penuh kompetitif.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, mengandung bahwa setiap civitas akademika yang terlibat di dalam penyelenggaraan pendidikan dan semua lulusan berupa tenaga-tenaga terampil memiliki moral yang baik berupa; akhlak, tabiat, budi pekerti, watak, kejujuran, amanah, dan ikhlas mengabdikan keahliannya untuk kemaslahatan masyarakat, mampu bekerja sama dengan orang lain, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi Efektif, Efisien, Relevan Dan Berkelanjutan
  2. Menyelenggarakan Sistem Manajemen Secara Profesional, Transparan, Akuntabel Dan Berkeadilan
  3. Mengembangkan Kemitraan Dengan Stakeholder

Baca: Poltekkes Kemenkes Bengkulu

  • Struktur Organisasi
    Struktur Organisasi Poltekkes Gorontalo
    Struktur Organisasi Poltekkes Gorontalo (poltekkesgorontalo.ac.id)
    #


  • Program Studi #


Politekkes Gorontalo terdiri dari 8 Program Studi yakni:

  • Prodi DIV Keperawatan
  • DIV Kebidanan
  • DIV Sanitasi lingkungan
  • DIV Gizi dan Dietetika
  • DIII Keperawatan
  • DIII Kebidanan
  • Prodi DIII Gizi
  • D III Farmasi

  • Kontak #


Alamat : Jl. Taman Pendidikan No.36, Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo.

Telepon: + (0435) 827182

Fax: + (0435) 827182

Email: info@poltekkesgorontalo.ac.id

Facebook: https://www.facebook.com/Poltekkes-Kemenkes-Gorontalo/

Instagram: @poltekkes.gorontalo

Website:  www.poltekkesgorontalo.ac.id.

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Alamat Poltekkes Kemenkes Gorontalo
Lokasi Jl. Taman Pendidikan No.36, Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo.
Google Map https://goo.gl/maps/ZHRX3y1Kx9XXD4rj9
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Drama Korea - Queen of

    Queen of the Mask adalah serial drama thriller
  • Drama China - In Spite

    In Spite of the Strong Wind adalah serial
  • Hasninda Ramadhani

    Hasninda Ramadhani adalah aktris dan model berkebangsaan Indonesia
  • Seoul City Hall

    Seoul City Hall adalah balai kota rakyat yang
  • Web Series - Ketua BEM

    Ketua BEM and His Secret Wife merupakan series
© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved