Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


zoom-inlihat foto
poltekkes-kemenkes-tanjungkarang.jpg
http://poltekkes-tjk.ac.id/index.php/web/web
Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang merupakan sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia nomor : 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001, merupakan penggabungan dari 5 (lima) Akademi Kesehatan yang ada di Provinsi Lampung. Akademi-akademi tersebut berubah menjadi jurusan, yaitu Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, DIV Promkes, dan DIV Analis Kesehatan.

Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan). Pembinaanya secara adminitrasi dilakukan oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan dan secara teknis oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes).

Sampai saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang mengelola 8 Jurusan terdiri dari Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, Gizi, Teknik Gigi, Farmasi dan 8 Program Studi terdiri dari Program D.III Keperawatan Kotabumi, Program D.III Kebidanan Metro, Program D.IV Keperawatan, Program D.IV Bidan Pendidik, Program D.IV Bidan Klinik, D.IV Kesehatan Lingkungan, D.IV Promkes dan D.IV Analis Kesehatan.

Pelaksanaan kegiatan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 890/MENKES/PER/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan yang kemudian dijabarkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: OT.02.03/1/4/03440.1, Tanggal 1 Juli 2008, tentang Pedoman Organisasi dan Tatalaksana Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang No. KP.01.03/I.2/0484/2011 Tanggal 18 Februari 2011 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

Baca: Poltekkes Kemenkes Bengkulu

  • Visi dan Misi


Visi:

Poltekkes Tanjungkarang Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Yang Profesional, Unggul Dan Mandiri Pada Tahun 2025

Profesional  : Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi sesuai dengan kompetensi di setiap jurusan .

Unggul  : Mampu melaksanakan pengembangan tenaga kesehatan di setiap jurusan .

Mandiri   : Mampu menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi dengan sumber daya yang dimililki .

Misi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untukmenghasilkan tenaga kesehatan yang professional serta beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian ilmu yang berkelanjutan dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi tempat guna dalam upaya meningkatkan kesehatan di masyarakat
  4. Menyelenggarakan Organisasi dan Managemen yang Transparan dan Akuntabel
  5. Menyelenggarakan pengembangan kegiatan kemahasiswaan
  6. Menyelenggarakan pengembangan kemitraan yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Baca: Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Riau

(1) Atribut Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang terdiri atas lambang, lagu, dan bendera

(2) Lambang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang berbentuk perisai yang melambangkan perlindungan, dengan warna dasar biru yang melambangkan kesetiaan dan didalamnya terdapat tulisan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang dalam sebuah pita putih.

(3) Pada lambang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang terdapat:

a. Siger Lampung melambangkan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang berada di daerah Lampung, dengan warna dasar kuning emas yang melambangkan bermutu tinggi.

b. Gambar bunga melati dan pita putih yang melambangkan kebersihan hati, yang terdiri dari lima lembar melambangkan prinsip dasar Pancasila.

c. Palang Hijau dengan makna berorientasi pada bidang kesehatan.

d. Tiga buah buku yang terbuka yang melambangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.

e. Obor dengan 10 lidah api yang melambangkan semangat Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang yang menyala untuk mengemban visi Kemenkes RI.

(4) Secara singkat lambang tersebut bermakna Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang berupaya menghasilkan lulusan yang professional, unggul dan mandiri.

(5) Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang memiliki mars yang selalu diperdengarkan pada upacara-upacara resmi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

(6) Judul Mars adalah Mars Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.Mars Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
Mahasiswa Politeknik Kesehatan
Berprilaku sopan santun sesamanya
Berkarya bakti untuk negara Indonesia

Mahasiswa Politeknik Kesehatan
Berkarya bakti dan penuh tanggung jawab
Untuk negara nusa dan bangsa
Rakyat sehat negara kuat

(7) Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang memiliki Bendera berbentuk Perisai.

(8) Bendera Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang berwama kuning emas yang melambangkan bermutu tinggi ditengah – tengahnya terdapat lambang Poltekkes

(9) Bendera Jurusan mempunyai ukuran dan bentuk yang sama dengan bendera Poltekkes Kemenkes

Tanjungkarang dengan warna dasar
a. Coklat tua untuk Jurusan Keperawatan.
b. Biru untuk Jurusan Kebidanan .
c. Biru dongker untuk Jurusan Kesehatan Lingkungan .
d. Hijau untuk Jurusan Kesehatan Gigi.
e. Coklat susu untuk Jurusan Analis Kesehatan .
f. Hijau-biru untuk Jurusan Gizi.
g. Cream untuk Jurusan Farmasi.
h. Abu-abu untuk Jurusan Teknik Gigi.

Baca: Poltekkes Kemenkes Palu

  • Jurusan
    • Jurusan Keperawatan.
    • Jurusan Kebidanan .
    • Jurusan Kesehatan Lingkungan .
    • Jurusan Kesehatan Gigi.
    • Jurusan Analis Kesehatan .
    • Jurusan Gizi.
    • Jurusan Farmasi.
    • Jurusan Teknik Gigi.


  • Struktur Organisasi
    Struktur Organisasi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
    Struktur Organisasi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang (poltekkes-tjk.ac.id)


  • Kontak


Poltekkes Tanjungkarang:

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 dan No. 6 Bandar Lampung

Telp. 0721-783852

Fax. 0721 773918

email: poltekkestanjungkarang@yahoo.co.id

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Nama Kampus Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
Lokasi Jl. Soekarno-Hatta No. 1 dan No. 6 Bandar Lampung
Google Map https://goo.gl/maps/TdU1S9nJyn3vsXMk9
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved