Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang

Berikut adalah profil Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) yang terletak di Malang, Jawa Timur


zoom-inlihat foto
sekolah-tinggi-bahasa-asing-stiba-malang-2.jpg
http://www.stiba-malang.ac.id/
Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang

Berikut adalah profil Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) yang terletak di Malang, Jawa Timur




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) merupakan satu di antara lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Malang, Jawa Timur.

Dikutip dari situs resminya, kampus ini adalah Lembaga Pendidikan Tinggi yang bermula dari Akademi Bahasa Asing Malang (ABA MALANG).

ABA MALANG didirikan pada tahun 1971 tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1971 oleh Drs. JBAF. Mayor Polak (Alm), Prof. F. Patty, MA (Alm) dan Hartono Ruslan, DES.

Setelah melakukan kegiatan akademik selama 3 tahun akhirnya pada tanggal 30 Maret 1974, ABA MALANG memperoleh status TERDAFTAR dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK No: 26/1/1974.

ABA MALANG mendidik para lulusan SMTA untuk menjadi Tenaga Ahli Bahasa-bahasa Asing yang meliputi Bahasa Inggris sebagai keahlian utama, ditambah salah satu dari bahasa Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, Arab dan Mandarin sebagai keahlian kedua.

Sejak memperoleh status terdaftar dari Mendikbud tersebut ABA MALANG dapat melaksanakan ujian negara pada setiap akhir semester.

Berdasarkan data akademik sampai pada tahun 1987, ABA MALANG telah meluluskan 348 Sarjana Muda Negara. Para lulusan tersebut dengan cepat terserap di berbagai lapangan pekerjaan yang tersedia di seluruh Indonesia.

Seiring dengan lajunya pembangunan dibidan pendidikan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan pentiknya pendidikan tinggi, pada tahun 1987 ABA MALANG mengembangkan diri dan berubah menjadi SEKOLAH TINGGI BAHASA DAN SASTRA MALANG (STIBA MALANG).

Setelah memenuhi segala persyaratan dalam waktu singkat akhirnya STIBA MALANG memperoleh Status TERDAFTAR dengan SK Mendikbud No. 0474/01/1987 tertanggal 6 Agustus 1987. Pada tahun 1995 diperbarui dengan no 365/Dikti/Kep/1995 tertanggal 18 Agustus 1995. Dengan demikian semakin mantablah kedudukan STIBA MALANG ditengah-tengan masyarakat.

Pada tahun 1987 juga terjadi peristiwa penting di STIBA MALANG yaitu Yayasan ABA MALANG yang lama berganti menjadi YAYASAN STIBA MALANG yang baru. Pada yayasan yang baru ini duduk sebagai ketua adalah Bapak dr. H. Tom Urip Nitihardjo, SH. (Alm) yang juga sebagai mantan Wali Kotamadya KDH tingkat II Malang.

Di bawah yayasan yang baru inilah STIBA MALANG terus melaksanakan tugas-tugasnya dengan lancar, sehingga pada tahun 1997 STIBA MALANG telah membuka satu jurusan lagi yaitu Jurusan Bahasa Jepang Program D-3 status terdaftar No: 412/Dikti/Kep/1997.

Sedangkan Jurusan Bahasa Inggris Program D-3 mengalami perubahan status dari terdaftar menjadi DIAKUI sesuai Surat Keputusan dari DIKTI No. 437/Dikti/Kep/1997.

Sedangkan tempat perkuliahan sejak tanggal 13 Februaru 1995, seluruh kegiatan perkuliahan STIBA MALANG telah pindah dari kampus lama di Jl. Merapi 16 Malang ke Kampus Baru milik sendiri di Jl. Terusan Danau Sentani 97 Sawojajar Kodya Malang.

STIBA MALANG semakin memantabkan keberadaannya dengan terakreditasinya Program S-1 Bahasa Inggris sejak bulan April 2002, dengan SK BAN-PT Nomor: 005/BAN-PT/Ak-V/S-1/2002. [1]

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Koperasi Malang

  • Visi dan Misi


Berikut adalah visi dan misi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang:

Visi

Menjadi Pusat Pembelajaran Bahasa Asing yang Berorientasi Budaya Nasional dengan Wawasan Global

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan bahasa asing yang didukung oleh tenaga pengajar yang professional dan kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau pasar kerja;
  • Menjadikan mahasiswa dan lulusan peka terhadap kompleksitas dunia global; dan
  • Melalaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang bahasa, sastra dan budaya.    

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang cinta tanah air dan berdedikasi tinggi;
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas keilmuan yang mumpuni disertai dengan kepekaan terhadap kompleksitas global;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan ilmu bahasa, sastra dan budaya di berbagai line kehidupan; dan
  • Menghasilkan karya penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian masyarakat di bidang bahasa, sastra dan budaya yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan masyarakat secara umum. [2]

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang

Berikut adalah logo Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang: [3]

Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang
Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang (http://www.stiba-malang.ac.id/)

  • Program Studi


Berikut adalah program studi di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang:

  • S1 Sastra Inggris
  • D3 Bahasa Inggris [4]

(TRIBUNNEWSWIKI.COM)



Nama Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Malang
Alamat Jalan Terusan Danau Sentani 97 Malang - Jawa Timur
Telepon (0341) 711593, Fax. (0341) 715882
Email malangstiba87@yahoo.com
Website http://www.stiba-malang.ac.id/
Media Sosial
Facebook https://id-id.facebook.com/collegeofforeignlanguage.malang
Instagram @stibamalang








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved