Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang

Berikut ini adalah profil Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) yang terletak di Malang, Jawa Timur


zoom-inlihat foto
sekolah-tinggi-ilmu-perikanan-stip-malang-jawa-timur.jpg
http://www.stipmalang.ac.id/
Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang, Jawa Timur

Berikut ini adalah profil Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) yang terletak di Malang, Jawa Timur




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) merupakan satu di antara lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Malang, Jawa Timur.

Dikutip dari situs resminya Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pengembangan Ilmu dan Karya (YPIK) Malang.

Kampus ini berusaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kebudayaan nasional serta melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tertuang dalam Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang.

Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang berlandaskan landasan ideal pancasila dan landasan konstitusional Undang-undang Dasar 1945. Dan landasan operasional Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan.

Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang mempunyai bendera dengan warna Biru Laut yang mengandung pengertian cinta perairan dan kesuburan perairan.

Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang dalam tahun akademik 2001/2002 melaksanakan Program Pendidikan Sarjana (S 1) pada Program Studi Budidaya Perairan (BP) dan Program Pendidikan Diploma III (D III) pada Program Studi Budidaya Perikanan (BP).

Sejarah

Universitas Kertanegara Malang didirikan pada tanggal 28 Oktober 1986 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang (STIEKMA) yang berstatus terdaftar berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 214/O/1981 dan Nomor 070/O/1985.

Sebagai kelengkapan berdirinya Universitas Kertanegara tersebut didirikan Fakultas Perikanan dan Fakultas Hukum.

Dalam proses untuk memperoleh status bagi Universitas Kertanegara, telah dilakukan peninjauan dan penelitian oleh team supervisi dan evaluasi Kopertis Wilayah VII.

Pada tanggal 12 Oktober 1987 dinilai bahwa pada prinsipnya persyaratan akademik dan administrasi secara keseluruhan terpenuhi sehingga STIEKMA bisa menjadi Universitas Kertanegara Malang.

Dalam perkembangan selanjutnya setelah permohonan status oleh Kopertis Wilayah VII dikirim kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor Surat 4110/KOP.VII/Q/1988, maka hasil penilaian tertuang dalam Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 9350/D.4.11/I/1988 adalah bahwa Universitas Kertanegara Malang tidak mendapat rekomendasi status.

Melihat kenyataan yang ada, dimana Malang merupakan kota pendidikan dengan potensi yang cukup besar dilain pihak kebutuhan akan sarjana perikanan cukup besar, maka dipandang perlu didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang yang diharapkan sudah menerima mahasiswa pada tahun ajaran 1992/1993.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 215/DIKTI/Kep./1992, STIP Malang mulai menerima mahasiswa untuk Program Diploma III dengan Program Studi Budidaya Perikanan.

Selang 4 tahun kemudian berdasar Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 54/D/O/1996, Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang sudah menerima mahasiswa Strata I Program Studi Budidaya Perairan.

Kampus ini terletak di Jl. Cengger Ayam I/5, Lowokwaru, Malang. [1]

Baca: Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Banyuwangi

  • Visi dan Misi


Berikut adalah visi dan misi Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang:

Visi

Tahun 2025 menjadi institusi perikanan dan kelautan yang unggul dalam mengembangkan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan berbasis wawasan lingkungan.

Misi 

1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumberdaya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, mampu beradaptasi, profesional, dan tanggap terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan.

2. Mengembangkan dan mengintegrasikan bidang perikanan dan kelautan serta teknologi melalui kegiatan penelitian berkelanjutan berbasis sumberdaya dengan pendekatan wawasan lingkungan.

3. Menyebar luaskan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan yang memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat.

Tujuan

1. Menghasilkan sarjana perikanan yang memiliki daya saing tinggi, melalui peningkatan keilmuan, keterampilan, dan profesionalisme dalam bidang budidaya perairan yang berwawasan lingkungan.

2.  Menciptakan suasana pembelajaran yang berkarakter adaptable, humanis, terhadap proses pengajaran yang memiliki langkah menuju pengajaran yang berkualitas, membentuk dan menentukan arah penelitian sesuai dengan kebutuhan stake holders berbasis wawasan lingkungan yang mampu berkompetensi dan mudah diserap pada pasa kerja lokal dan internasional.

3. Mengembangkan dan meningkatkan beberapa bidang sebagai motivasi dasar tercapainya tujuan yang diharapkan. Adapun bidang yang sedang dikembangkan. Antaranya pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, bidang pengembangan sumberdaya manusia, bidang organisasi dan menejemen, bidang sarana prasarana, dan bidang publikasi kerjasama. [2]

Baca: Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Sorong (SUPM Sorong)

Berikut ini adalah logo dari Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang: [3]

Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang, Jawa Timur
Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang, Jawa Timur (http://www.stipmalang.ac.id/)

  • Program Studi


Berikut ini adalah program studi di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang:

  • D3 Ilmu Perikanan
  • S1 Ilmu Perikanan [4]

(TRIBUNNEWSWIKI.COM)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Malang, Jawa Timur
Alamat Jl. Cengger Ayam I/5, Lowokwaru, Malang
Email stipmalang@yahoo.com
Telepon (0341) 484340
Website http://www.stipmalang.ac.id/
Media Sosial
Instagram @stip.malang
Facebook https://www.facebook.com/mystipmalang








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved