Adenoma Bronkus

Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus


zoom-inlihat foto
ilustrasi-batuk-dan-bersin.jpg
Kompas.com
ILUSTRASI. Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus

Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus




  • Informasi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus.

Terdapat 3 tipe utama yang merupakan penyebab paling sering (sekitar 95 persen kasus) adenoma bronkus, yaitu adenoma karsinoid, karsinoma adenoid kistik, dan karsinoma mikoepidermoid.

Baca: Asbestosis

Baca: Albinisme

  • Gejala


Pada awalnya, adenoma bronkus dapat tidak menimbulkan gejala hingga waktu yang lama.

Pada kondisi lebih lanjut, pengidap dapat mengalami beberapa gejala tergantung dari lokasi keganasannya.

Gejala yang dapat dialami oleh pengidap tumor karsinoid antara lain batuk atau batuk darah, mengi, sesak napas, nyeri dada, wajah yang kemerahan, infeksi seperti pneumonia.

ILUSTRASI. Gejala yang dapat dialami oleh pengidap tumor karsinoid antara lain batuk atau batuk darah, mengi, sesak napas, nyeri dada, wajah yang kemerahan, infeksi seperti pneumonia
ILUSTRASI. Gejala yang dapat dialami oleh pengidap tumor karsinoid antara lain batuk atau batuk darah, mengi, sesak napas, nyeri dada, wajah yang kemerahan, infeksi seperti pneumonia (pixabay.com)

Sedangkan keluhan yang sering dialami akibat karsinoma adenoid kistik adalah benjolan pada langit-langit mulut, dibawah lidah atau di bagian bawah mulut, sulit menelan, suara serak, baal pada rahang, langit-langit mulut, wajah atau lidah, dan benjolan di bawah rahang atau di depan telinga.

Pada karsinoma mukoepidermoid, gejala yang dapat timbul misalnya adalah adanya pembengkakkan pada kelenjar di dekat telinga, bawah rahang, atau mulut, dan baal atau nyeri pada wajah.

Baca: Rubella

Baca: Meningitis

  • Penyebab


Penyebab pasti dari adenoma bronkus hingga kini pasti belum dapat dipastikan.

Namun, kemungkinan terkait dengan genetik.

  • Pengobatan


Pengobatan adenoma bronkus bergantung pada tipe dan stadium keganasan, usia, kondisi kesehatan umum, dan keputusan pengidap.

Pengobatan yang dapat dilakukan biasanya meliputi pembedahan dan radiasi.

Terapi dengan pembedahan merupakan terapi utama pada adenoma bronkus yang belum menyebar ke organ lain.

Dokter bedah akan mengangkat jaringan yang mengandung sel kanker dan sedikit jaringan di sekitarnya.

Kelenjar getah bening yang berpotensi dapat menyebarkan sel kanker juga dapat diangkat agar sel-sel tumor tidak menyebar ke tempat lain.

ILUSTRASI. Pada kondisi lebih lanjut, pengidap dapat mengalami beberapa gejala tergantung dari lokasi keganasannya.
ILUSTRASI. Pada kondisi lebih lanjut, pengidap dapat mengalami beberapa gejala tergantung dari lokasi keganasannya. (Pixabay)

Setelah pembedahan, terapi radiasi dapat dilakukan untuk membunuh sisa-sisa sel tumor yang tidak dapat diangkat melalui pembedahan.

Terapi ini menggunakan sinar X energi tinggi yang dapat menghancurkan sel-sel kanker.

Selain itu, beberapa pilihan terapi lain, antara lain kemoterapi, imunoterapi, ataupun terapi target dapat mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk pengobatan adenoma bronkus.

Terapi adenoma bronkus membutuhkan waktu yang lama, sehingga perlu dukungan keluarga dan orang-orang terdekat untuk menguatkan dan menyemangati pengidap sehingga terapi dapat rutin dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu, turut serta dalam support group, seperti komunitas pengidap keganasan juga dapat membantu memulihkan emosi dan psikologis pengidap adenoma bronkus. 

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



Informasi
Penyakit Adenoma Bronkus
Menyerang Saluran pernapasan
Tipe Adenoma karsinoid, karsinoma adenoid kistik, dan karsinoma mikoepidermoid.
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved