Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas.


zoom-inlihat foto
google-classroom.jpg
Kompas.com
Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas.

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan pengiriman penugasan, Google Docs, Sheets, dan Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Baca: Inilah 11 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android 11 dari Google: 5G hingga Simpan SIM Digital

Baca: Gabut dan Bad Mood? Coba Google Assistant untuk Teman Ngobrol Saat Kesepian

Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh guru.

Google memberikan arahan kepada penggunanya untuk tetap menjaga jaga aman demi mencegah penyebaran virus corona melalui Google Doodle
Google memberikan arahan kepada penggunanya untuk tetap menjaga jaga aman demi mencegah penyebaran virus corona melalui Google Doodle (9to5google.com)

  • Sejarah


Google Classroom diumumkan pada 6 Mei 2014, dengan pratinjau tersedia untuk beberapa anggota program Google G Suite for Education.

Ini dirilis secara publik pada 12 Agustus 2014.

Pada 2015 Google mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator sekolah dan pengembang untuk lebih terlibat dengan Google Kelas.

Juga di 2015, Google mengintegrasikan Google Kalender ke dalam Kelas untuk penugasan tenggat waktu, kunjungan lapangan, dan pembicara kelas.

Baca: Heboh Aplikasi Kitab Suci Aceh di Play Store, Pemerintah Aceh Buat Petisi hingga Protes ke Google

Baca: Google Akan Publikasikan Lokasi Pengguna di Seluruh Dunia untuk Pantau Social Distancing Covid-19

Pada tahun 2017, Google membuka Kelas untuk memungkinkan pengguna Google pribadi untuk bergabung dengan kelas tanpa persyaratan memiliki akun Google Apps for Education, dan pada bulan April tahun yang sama, menjadi mungkin bagi setiap pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas.

Pada tahun 2018, Google mengumumkan penyegaran ruang kelas, menambahkan bagian pekerjaan kelas, meningkatkan antarmuka penilaian, memungkinkan penggunaan kembali pekerjaan kelas dari kelas lain, dan menambahkan fitur bagi guru untuk mengatur konten berdasarkan topik.

Pada tahun 2019, Google memperkenalkan 78 tema bergambar baru dan opsi untuk menarik dan melepaskan topik dan tugas di bagian pekerjaan kelas.

  • Fitur


Google Classroom mengikat Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides, dan Gmail bersama-sama untuk membantu lembaga pendidikan beralih ke sistem tanpa kertas.

Google Kalender kemudian diintegrasikan untuk membantu menentukan tanggal jatuh tempo, kunjungan lapangan, dan pembicara kelas.

Google Classroom 2
Google Classroom

Siswa dapat diundang ke ruang kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di antarmuka pengguna siswa atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Setiap kelas yang dibuat dengan Google Classroom membuat folder terpisah di Google Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh seorang guru.

  • Keuntungan
    • Dapat disiapkan dengan mudah – Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau dengan membagikan kode di kelasnya untuk bergabung. Penyiapan hanya perlu waktu beberapa menit.
    • Menghemat waktu – Alur kerja tugas yang mudah dan tidak menggunakan kertas memungkinkan pengajar untuk membuat, meninjau, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di 1 tempat.
    • Meningkatkan pengelolaan – Siswa dapat melihat semua tugasnya di 1 halaman tugas, dan semua materi kelas (seperti dokumen, foto, dan video) otomatis dimasukkan ke dalam folder di Google Drive.
    • Menyempurnakan komunikasi – Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirimkan pengumuman dan memulai diskusi kelas dengan cepat. Siswa dapat berbagi materi satu sama lain atau menjawab pertanyaan melalui sarana diskusi ini.
    • Aman dan terjangkau – Sama seperti layanan G Suite untuk Pendidikan lainnya, Kelas tidak berisi iklan, tidak menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan, dan tidak berbayar.


  • Izin
    • Kamera: Diperlukan untuk memungkinkan pengguna mengambil foto atau video dan mempostingnya di Kelas.
    • Penyimpanan: Diperlukan untuk memungkinkan pengguna melampirkan foto, video, dan file lokal di Kelas. Hal ini juga dibutuhkan untuk mengaktifkan dukungan offline.
    • Akun: Diperlukan untuk memungkinkan pengguna memilih akun yang akan digunakan di Kelas.


(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



Informasi
Nama Aplikasi Google Classroom
Pengembang Google
Rilis Perdana 12 Agustus 2014
Sistem Operasi iOS, Android, browser web
Jenis Pendidikan
Situs Resmi classroom.google.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved