Rutin Dikonsumsi Donald Trump, Hidroksiklorokuin Disebut Tingkatkan Risiko Kematian Pasien Covid-19

Berdasarkan penelitian terbaru, obat hidroksiklorokuin disebut dapat meningkatkan risiko kematian bila dikonsumsi oleh pasien Covid-19


zoom-inlihat foto
hidroksiklorokuin1.jpg
AFP
Sebuah teknologi farmasi mencurahkan pil hidroksiklorokuin di Rock Canyon Pharmacy di Provo, Utah [File: George Frey / AFP]


Berdasarkan penelitian terbaru, obat hidroksiklorokuin disebut dapat meningkatkan risiko kematian bila dikonsumsi oleh pasien Covid-19

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Beberapa waktu yang lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengungkapkan jika dirinya rajin mengkonsumsi obat malaria Hidroksiklorokuin.

Pengakuan tersebut Trump sampaikan pada Senin (18/5/2020).

Trump yang sudah dites Covid-19 dan tanpa gejala menyebutkan, dia sudah rajin meminum obat itu.

"selama sekitar 1,5 minggu."

WASHINGTON, DC - MEI 06: Ketika pandemi coronavirus novel berlanjut di Amerika Serikat, Presiden Donald Trump berbicara kepada para wartawan setelah menandatangani proklamasi menghormati Hari Perawat Nasional di Kantor Oval di Gedung Putih di Gedung Putih 06 Mei 2020 di Washington, DC. Dengan lebih dari satu juta orang di Amerika Serikat terinfeksi COVID-19 dan puluhan ribu orang meninggal karena virus, perawat telah berada di garis depan perawatan untuk pasien di seluruh negeri.
WASHINGTON, DC - MEI 06: Ketika pandemi coronavirus novel berlanjut di Amerika Serikat, Presiden Donald Trump berbicara kepada para wartawan setelah menandatangani proklamasi menghormati Hari Perawat Nasional di Kantor Oval di Gedung Putih di Gedung Putih 06 Mei 2020 di Washington, DC. Dengan lebih dari satu juta orang di Amerika Serikat terinfeksi COVID-19 dan puluhan ribu orang meninggal karena virus, perawat telah berada di garis depan perawatan untuk pasien di seluruh negeri. (Doug Mills-Pool / Getty Images / AFP)

Dilansir Tribunnewswiki dari AFP, dia menyatakan mengapa dia melakukan hal tersebut sebagai wujud tindakan pencegahan.

"Saya minum satu pil setiap hari," kta Trump.

Kemudian ketika ditanya mengenai alasannya, Trump menjawab sebab dirinya telah mendengar kabar bagus.

"Karena saya pikir itu bagus. Saya sudah mendengar banyak kabar bagus."

Baca: Jurnal Medis The Lancet Sebut Trump Kutip Penelitian yang Tak Ada, dalam Surat Ancamannya untuk WHO

Baca: Hydroxychloroquine (Hidroksiklorokuin)

Namun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet pada Jumat lalu mengatakan bahwa hidroksiklorokuin (hydroxychloroquine) justru dapat meningkatkan risiko kematian pada pasien Covid-19.

Dilansir oleh Aljazeera, penelitian itu mengamati lebih dari 96.000 orang yang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19.





Halaman
123
Penulis: Amy Happy Setyawan
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved