Terungkap, Kasus Corona Pertama di Prancis Terjadi November, Menyebar Perlahan hingga Akhir Februari

hingga Jumat (8/5/2020), jumlah kasus Covid-19 di Prancis telah mencapai 174.791 dengan total kematian sebanyak 25.987 korban


zoom-inlihat foto
corona-prancis.jpg
AFP via SCMP
Staf medis di Mulhouse, tempat Prancis pertama kali mendeteksi lonjakan kasus, memindahkan seorang pasien ke rumah sakit.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Sebuah rumah sakit di Prancis mengatakan, kasus Covid-19 di Prancis dapat ditarik kembali pada kasus yang terjadi pada 16 November 2019, hampir 10 minggu sebelum kasus-kasus infeksi Covid-19 pertama yang dikonfirmasi oleh negara tersebut.

Kasus yang terjadi November tersebut diidentifikasi oleh departemen pencitraan medis rumah sakit setelah melakukan studi retrospektif pada sekitar 2.500 scan dada yang dilakukan antara 1 November dan 30 April.

Temuan itu muncul ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara untuk menyelidiki kasus seperti pneumonia dari akhir tahun lalu untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana penyakit baru itu menyebar.

Peter Ben Embarek, seorang ahli WHO untuk penyakit hewan, mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat bahwa coronavirus yang menyebabkan Covid-19 berasal atau menyebar pada kelelawar dan dapat menyebar di antara kucing, meskipun masih belum jelas hewan mana yang mungkin telah menularkan penyakit tersebut ke manusia, Bloomberg melaporkan.

WHO sebelumnya mengatakan bahwa menetapkan hewan asal adalah kunci untuk mencegah wabah penyakit zoonosis terjadi lagi.

Ilustrasi Tes Virus Corona
Ilustrasi Tes Virus Corona (pixabay.com)

Baca: Penelitian di Prancis Ungkap Virus Corona Mampu Bertahan Lama dari Paparan Suhu Tinggi

Baca: Klub Malam di Daerah Itaewon Dilaporkan Menjadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19 di Korea Selatan

Garis waktu penyebaran Covid-19 uga dapat memberikan informasi penting tentang genom virus dan bagaimana ia berkembang, yang dapat menjadi penting bagi pengembangan obat untuk melawannya.

Di Prancis, beberapa kasus sudah beredar pada bulan November, kata Michel Schmitt, kepala dokter dari departemen pencitraan medis di Rumah Sakit Albert Schweitzer di kota Colmar di timur laut, dekat perbatasan dengan Jerman.

"Kasus pertama dicatat di pusat kami pada 16 November," katanya saat siaran pers yang diterbitkan oleh pihak rumah sakit pada Kamis (7/5/2020), seperti dilansir oleh SCMP.

"[Ada] perkembangan yang sangat lambat dari dampak negatif patologi sampai akhir Februari, kemudian peningkatan yang cepat dalam dampaknya, memuncak pada 31 Maret."

Menurut dokter, virus tersebut menyebar secara sporadis setelah kasus pertama pada pertengahan November.





Halaman
123
Penulis: Amy Happy Setyawan
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Semur Jengkol

    Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang diolah
  • Minnie (G)I-DLE

    Dia melakukan debut aktingnya dalam serial Netflix "So
  • Kasus Dugaan Penelantaran Anak, Kuasa

    W membeberkan dugaan penelantaran status dan nafkah dari
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved