Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA)

Universitas Kanjuruhan Malang adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi B.


zoom-inlihat foto
unikama-lagogo.jpg
unikama.ac.id
Universitas Kanjuruhan Malang

Universitas Kanjuruhan Malang adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi B.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Kanjuruhan Malang atau UNIKAMA adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur.

Universitas Kanjuruhan Malang berdiri pada 20 Mei 1975.

Universitas Kanjuruhan Malang saat ini dipimpin oleh Rektor bernama Dr. Pieter Sahertian, M.Si.

Universitas Kanjuruhan Malang beralamat di Jl. S. Supriadi No.48, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148, Indonesia.

Universitas Kanjuruhan Malang berada dibawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI.

  • Sejarah #


Universitas Kanjuruhan Malang merupakan proses pengembangan merger antara IKIP PGRI Malang dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Kanjuruhan Malang yang bernaung di bawah bendera Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI.

Yayasan ini kemudian berubah menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI). Dengan demikian, berdirinya Universitas Kan-juruhan Malang merupakan proses pengembangan perguruan tinggi PGRI dengan SK Mendiknas nomer 106/D/0/2001.

Sebelum menjadi sebuah universitas, perjalanan panjang telah mewar-nai perguruan tinggi ini. Pasang surut penyelenggaraan telah dialami dengan berbagai tantangan dan halangan, tetapi dengan dilandasi moto Brilliant, Bright, future membuat perkembangannya semakin mantap.

Gagasan yang dirintis untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan PGRI di Jawa Timur lahir dari peran tokoh pejuang PGRI. bernama Abdul Radjab (almarhum). Pendirian Pendidikan Tinggi PGRI bertujuan untuk meningkatkan pendidikan para guru, yang pada waktu itu tidak mendapat kesempatan melanjutkan studi ataupun tugas belajar dari pemerintah.

Mengingat, sejak proklamasi sampai dengan tahun 1960-an tugas belajar untuk studi lanjut bagi guru amatlah langka. Sedangkan Konsep dasar pendirian Pendidikan Tinggi PGRI adalah merupakan profesionalisme PGRI dengan komitmen penuh terhadap pembinaan, pengembangan, pertumbuhan, dan peningkatan mutu profesi keguruan di Republik Indonesia.

Atas pertimbangan fakta tersebut Bapak A. Radjab beserta para pendukungnya membuka suatu program pendidikan tinggi PGRI bagi guru-guru tersebut. Ide besar ini kemudian direalisasikan pada tahun 1957 dalam bentuk program pendidikan tinggi PGRI, kursus BI (tiga tahun), dan ilmu mendidik. Pada perkembangannya, setelah kursus BI meluluskan beberapa kali lewat ujian negara, kemudian berubah menjadi FKIP PGRI Malang.

Setelah keluar SK Presiden No.1 Tahun 1963 tentang Integrasi Pendidikan Tinggi, selanjutnya FKIP PGRI berubah menjadi IKIP PGRI Malang.

Seiring dengan perkembangan pendidikan, banyak keinginan para guru untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Untuk mewadahi keinginan itu kemudian dibukalah Extension Course di beberapa daerah di Jawa timur. Program inikenyataannyadapat berkembang dengan pesat. Demi efisiensi dan efektivitas pengelolaan, dibentuklah pusat-pusat penggerak sebagai berikut.

Pusat I    : Malang – yang berorientasi kurikuler ke IKIP Negeri Malang

Pusat II   : Surabaya – yang beorientasi kurikuler ke IKIP Negeri Surabaya

Pusat III  : Madiun – yang berorientasi kurikuler pada IKIP Negeri Malang dan Surabaya

Kepesatan perkembangan IKIP PGRI pada perjalanannya tidak dapat berjalan lama. Yang diakibatkan oleh perkembangan politik Indonesia yang tidak menguntungkan PGRI. Praktis sejak 1966 di Malang tidak ada IKIP PGRI lagi.

Kelahiran Kembali IKIP PGRI Malang

Setelah kurang lebih 9,5 tahun di IKIP PGRI Malang tidak ada perkuliahan, kemudian atas prakarsa anggota cabang PGRI Malang II waktu itu, yakni Drs. H. Soenarto Dd., S.H., M.Si., Drs. H. Moch. Amir Soetedjo, S.H, M.Pd., dan Dr. Hadi Sriwiyana, M.M. dirintis lagi Pendidikan IKIP PGRI dengan penasehat Bapak A. Radjab.

Maka pada tanggal 20 Mei 1975 diresmikan lagi berdirinya IKIP PGRI Malang yang kemudian menjadi cikal bakal pendirian Universitas Kanjurhan Malang. Pada perkembangannya, terbit ketentuan pemerintah yang mengharuskan setiap perguruan tinggi memiliki yayasan pendiri di tempat pelaksanaan kuliahnya. Untuk menindaklanjuti ketentuan ini, maka pada tahun 1985 IKIP PGRI Malang berdiri dengan rektornya Drs. H. Soenarto, Dd. S.H., M.Si.

Sebagai Konsultan akademis ditunjuk dosen IKIP Negeri Bpk. Drs. Soedarsono. Kemudian, karena kepindahannya ke Jakarta kedudukannya diserahkan kepada Bpk. Drs. F.I. Sukarman, M.Pd., sedangkan Bapak Drs. H. Moch. Amir Sutedjo, S.H., M.Pd. sebagai pembantu rektor, dan Dr. Hadi Sriwiyana, M.M. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi.

Pengelolaan dan penyelenggaraan IKIP PGRI Malang dilaksanakan dengan prinsip:

  • kooperatif, kolektif, dan kekeluargaan dengan dilandasi kemitraan swasta dan negeri
  • inovatif, flexible, dan Hard working
  • mengikuti ketentuan-ketentuan pemerintah

Ketiga prinsip dasar tersebut memberikan ”survival value” (nilai bertahan hidup), terutama untuk menggapai apa yang dikatakan Edgar Faure sebagai “Education for Today and Tomorrow”. Sungguh pengalaman manajemen keuangan (financial intelligence) from nothing to something diperoleh dari masa lalu.

Berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan dilandasi sikap mental positif untuk berprestasi di bidang pendidikan (The Need for Education Achievement), maka akhirnya berhasil diwujudkan berdirinya Universitas Kanjuruhan Malang yang megah dan lengkap fasilitasnya.

Menjadi Universitas Kanjuruhan

Latar belakang pengalaman yang panjang telah memberikan fondasi yang kuat dalam menciptakan tradisi keilmuan di perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengab-dian pada masyarakat. Hal itu telah terbukti dari kepercayaan selama lebih kurang tiga puluh tahun yang diberikan pemerintah dan masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Outputnya telah terbukti mampu berperan serta dalam memajukan iklim pendidikan khu-susnya dan masyarakat pada umumnya. Dari proses kelahirannya dapat dikatakan bahwa universitas Kanjuruhan Malang merupakan per-guruan tinggi yang sudah lama berdiri, memiliki usia matang, dan banyak pengalaman dalam penye-lenggaraan pendidikan.

Berbagai pengalaman tersebut menjadi modal yang sangat berharga dalam penciptaan percepatan pembelajaran (accelerated learning).

Saat ini Universitas Kanjuruhan Malang terus berbenah melengkapi diri dengan berbagai fasilitas yang mampu mempercepat pembelajaran, baik itu pembangunan fisik maupun nonfisik. Secara internal penciptaan iklim pendidikan yang kondusif dan profesional dilakukan dengan membangun gedung-gedung baru untuk perkantoran dan ruang perkuliahan, perpustakaan representatif yang dilengkapi katalog dengan sistem komputerisasi, pemberian tugas belajar pada dosen untuk menempuh program magister dan doktor.

Secara eksternal, dilakukan dengan membangun sinergi kerja dengan berbagai lembaga, baik lembaga swasta seperti industri, perbankan, perhotelan, dan lain-lain maupun lembaga pemerintahan.

Setelah menjadi Universitas Kanjuruhan Malang, obsesi ke depan yang ingin direalisasikan yakni menjadi universitas yang mempunyai keunggulan program yang mampu menjawab tantangan zaman dengan keunggulan tertentu, misalnya twinning program, double profession, entrepreneurship, dan e-learning.

Baca: Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Kanjuruhan Malang.
Universitas Kanjuruhan Malang. (Suryamalang)

  • Visi dan Misi #


Visi Universitas Kanjuruhan Malang :

Menjadi Perguruan Tinggi Yang Unggul Pada Tahun 2025

Misi Universitas Kanjuruhan Malang :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis ipteks.
  • Menyelenggarakan penelitianuntuk mengembangkan ipteks.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakatuntuk kesejahteraan umat.
  • Menyelenggarakan tata kelola dan iklim organisasi yang berkualitas.

Baca: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang)

  • Tujuan dan Sasaran #


Tujuan Universitas Kanjuruhan Malang :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, kreatif, mandiri, toleran, demokratis, dan religius.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas.
  3. Mengkaji dan mengembangkan ipteks dengan memperhatikan kaidah akademik, nilai-nilai etika dan religius.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat.
  5. Mewujudkan kerjasama, kemitraan regional,nasional dan internasional.
  6. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.
  7. Mewujudkan kampus yang multikultural dan representatif.

Sasaran Universitas Kanjuruhan Malang :

  • Lulusan yang berdaya saing
  • Penelitian yang berkualitas
  • Pengembangan ipteks
  • Kesejahteraan masyarakat
  • Jalinan kerjasama yang saling menguntungkan
  • Sumber daya manusia yang berkualitas
  • Kampus yang multikultural dan representatif

  • Arti LogoLogo Unikama. (unikama.ac.id) #


Mahkota yang dikenakan Ganesha:

melambangkan tokoh pemimpin yang memiliki keberanian dan kejujuran dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

Tangan kanan memegang patahan gadingnya

melambangkan senjata (semacam tongkat komando) dalam kepemimpinannya.

Tangan kiri memegang mangkuk yang berisi Tirta Amarta (air kehidupan) dengan belalainya mengarah pada mangkuk

melambangkan kesiapan seorang  pemimpin yang selalu siap di barisan terdepan menghadapi bahaya untuk melindungi anak buah, siap menolong kepada siapa saja yang perlu ditolong.

Ganesha duduk di atas bunga teratai

yang melambangkan dalam keadaan bagaimanapun kebijakannya selalu membawa kejayaan.

Ganesha di masa lampau adalah simbol  ilmu pengetahuan

melambangkan bahwa Universitas Kanjuruhan Malang merupakan tempat pengembangan, pendidikan dan inovasi ilmu pengetahuan.

Segi Lima

Melambangkan bahwa Universitas Kanjuruhan berasaskan Pancasila yang memiliki lima sila.

Warna

Biru laut melambangkan ketulusan sikap.

Biru tua melambangkan keteguhan tekad.

Putih melambangkan kesucian hati.

Kuning melambangkan keluhuran budi.

Merah melambangkan keberanian membela kebenaran.

Hitam melambangkan keabadian

Abu-abu melambangkan bijaksana, kedewasaan, tidak egois, tenang dan seimbang.

  • Program Studi #


Berikut program studi di Universitas Kanjuruhan Malang :

1. Fakultas Ilmu Pendidikan

  • S1 Bimbingan dan Konseling
  • S1 Pendidikan Geografi
  • S1 PGPAUD
  • S1 PGSD
  • S1 PPKn

2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Pendidikan Ekonomi

3. Fakultas Sains dan Teknologi

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan Matematika

4. Fakultas Bahasa dan Sastra

  • S1 Sastra Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

5. Fakultas Hukum

6. Fakultas Peternakan

7. Program Pascasarjana

  • Program Magister Pendidikan IPS
  • Program Magister Manajemen
  • Magister Bahasa Inggris

  • Organisasi #


Struktur organisasi Universitas Kanjuruhan Malang :

Pimpinan

Rektor : Dr. Pieter Sahertian, M.Si.

Wakil Rektor I : Dr. Sudi Dul Aji, M.Si.

Wakil Rektor II : Henny Leondro, S.Pt., MP.

Wakil Rektor III : Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum.

Wakil Rektor IV : Umiati Jawas, Ph.D

  • Kontak #


Universitas Kanjuruhan Malang :

Jl.S.Supriadi No.48 Malang Jawa Timur, Indonesia

Phone (+62341) 801488

Fax (+62341) 831532

Email : email@unikama.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Kanjuruhan Malang

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Universitas Kanjuruhan Malang
Alamat Jl. S. Supriadi No.48, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Universitas+Kanjuruhan+Malang
Situs unikama.ac.id
Rektor Dr. Pieter Sahertian, M.Si.


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved