Penelitian di China Sebut Covid-19 Serang Testis, Para Korban Pria Bisa Mandul, Begini Penjelasannya

Dr Jianqing mengatakan bahwa laki-laki yang terkena virus Corona kemungkinan akan menjadi mandul, bahkan jika mereka sembuh dari infeksi penyakit ters


zoom-inlihat foto
ilustrasi-sperma-2422020.jpg
Tribunnews.com
Ilustrasi sperma


Dr Jianqing mengatakan bahwa laki-laki yang terkena virus Corona kemungkinan akan menjadi mandul, bahkan jika mereka sembuh dari infeksi penyakit ters

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Selain menyerang paru-paru, penelitian terbaru dari China menyebut virus coron juga menyerang organ vital para pria.

Lebih parahnya, hal tersebut bahkan bisa menyebabkan kemandulan bagi pasien laki-laki.

Peelitian tersebut telah dikeluarkan pada bulan Februari 2020 lalu oleh para peneliti China.

Penelitian terbaru tentang virus Corona oleh ilmuan dari Universitas Kedokteran Nanjing dan rumah sakit Suzhou dipimpin Dr Jianqing Wang, kepala Departemen Urologi Rumah Sakit Suzhou.

Dr Jianqing mengatakan bahwa laki-laki yang terkena virus Corona  kemungkinan akan menjadi mandul, bahkan jika mereka sembuh dari infeksi penyakit tersebut.

Baca: Awas! Jangan Sembarangan Sentuh Masker ketika Digunakan saat Pandemi Virus Corona, Ini Alasannya

Baca: 9 Prediksi Masa Depan Pasca Pandemi Covid-19, Interaksi Contactless hingga Ketergantungan pada Robot

Dikutip dari Thailand Medical News, penelitian baru ini dipublikasikan medrxiv.org dalam jurnal medis berjudul “ACE2 Expression in Kidney and Testis May Cause Kidney and Testis Damage, After 2019-nCoV Infection”.

Virus Corona biasanya menyerang ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2) sering ditemukan pada ginjal dan testis dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut.

Tim peneliti urologi yang terdiri dari Dr Jianqing Wang, Dr Caibin Fan, Dr Kai Li, Dr Yanhong Ding dan Dr Wei Lu berfokus pada jaringan ginjal dan testis karena ini juga 'kaya' dengan reseptor ACE2 terutama sel tubular ginjal, sel Leydig dan sel dalam saluran seminiferus di testis.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa virus Corona baru menunjukkan patogenisitas yang kuat pada jaringan ginjal dan testis dengan lesi yang dihasilkan.

Ilustrasi sperma
Ilustrasi sperma (Tribunnews.com)

Jaringan testis yang rusak dapat menyebabkan infertilitas pada sebagian besar pasien pria.





Halaman
123
Penulis: Abdurrahman Al Farid
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved