Pantang Lengah, Pasien Sembuh Covid-19 Diimbau Tetap Batasi Aktivitas, Tak Interaksi Selama 14 Hari

Pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 pengawasannya diserahkan ke Dinas Kesehatan wilayah tempat tinggal masing-masing.


zoom-inlihat foto
seorang-pasien-ke-rumah-sakit-sementara-columbus-covid-2-pasien-coronavirus-di-gemelli-di-roma.jpg
ANDREAS SOLARO / AFP
Para pekerja medis membawa seorang pasien di bawah perawatan intensif ke rumah sakit sementara Columbus Covid 2 yang baru dibangun pada 16 Maret 2020 untuk para pasien coronavirus di Gemelli di Roma.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hingga Rabu (18/3/2020) sudah ada 11 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Indonesia.

Meski demikian, kesembuhan bukan berarti mereka bebas beraktivitas.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengingatkan, mereka yang sembuh diharapkan untuk tak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Bahkan hingga 14 hari ke depan.

"Harapannya pasien sembuh tetap melakukan pembatasan aktivitas agar tidak terforsir di luar sehingga ia betul-betul fit," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Rabu (18/3/2020), dikutip dari Kompas.com.

Baca: Peneliti Berhasil Lacak Kasus Pertama Corona, Terungkap Siapa Pasien Awal Terjangkit Covid-19

Baca: Panik dan Tak Tenang Hadapi Corona? Hati-hati Pengaruhi Imunitas Tubuh, Ini Penjelasan Dokter

Aktivitas masyarakat saat berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (9/3/2020)
Aktivitas masyarakat saat berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (9/3/2020) (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Para pasien tersebut juga diharapkan untuk makan, minum dan olahraga yang cukup.

Tujuannya untuk semakin meningkatkan imunitas tubuhnya.

Ia menyampaikan, pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 pengawasannya diserahkan ke Dinas Kesehatan wilayah tempat tinggal masing-masing.

"Jadi kita kerja sama dengan Dinkes, jadi pasien ini dikembalikan dan jadi kewenangan wilayah tanggung jawab masing-masing," ujar Syahril.

 

Adapun Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, hingga Rabu, ada 11 kasus pasien positif virus corona atau covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Sejauh ini, jumlah pasien yang positif Covid-19 bertambah menjadi 227 orang.

Sebanyak 19 orang diantaranya meninggal.

Ahli Australia Ungkap Cara Sistem Kekebalan Tubuh Perangi Covid-19

Sejumlah ilmuwan di Australia menyatakan telah berhasil mengidentifikasi bagaimana sistem kekebalan tubuh memerangi virus Covid-19.

Riset yang terbit di jurnal Nature Medicine pada Selasa (17/03/2020) memperlihatkan bahwa cara manusia sembuh dari virus corona sama seperti ketika mereka pulih dari flu biasa.

Menurut ahli, temuan ini penting, Karena dengan mengetahui sel imun mana yang berperang melawan virus corona akan membantu dalam upaya pembuatan vaksin.

"(Penemuan) ini penting karena ini pertama kalinya kami benar-benar paham mengenai cara sistem kekebalan tubuh memerangi virus corona baru (Covid-19)," kata salah satu penulis kajian, Prof Katherine Kedzierska, dikutip dari Kompas.com.

Pencegahan virus Corona
Pencegahan virus Corona (doktersehat.com)

Riset yang dilakukan tim dari Peter Doherty Institute for Infection and Immunity di Melbourne mendapat apresiasi para pakar. Salah satu pakar bahkan menyebut ini sebagai sebuah terobosan.

Di seluruh dunia, pihak berwenang mengonfirmasi terdapat lebih dari 189.000 kasus positif virus corona dan 7.500 orang di antara mereka meninggal dunia.

Banyak orang telah pulih dari Covid-19, artinya sudah diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh dapat melawan virus corona.





ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved