Hari Perawat Nasional

Tanggal 17 Maret ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional sejak tahun 1974 oleh karena pembentukan organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia.


Hari Perawat Nasional
Pixabay
Ilustrasi perawat 

Tanggal 17 Maret ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional sejak tahun 1974 oleh karena pembentukan organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia.




  • Hari Perawat Nasional


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tanggal 17 Maret ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional sejak tahun 1974.

Hari Perawat Nasional adalah hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat.

Latar belakang pembentukan Hari Perawat Nasional adalah terbentuknya organisasi profesi perawat, yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974.

Hal-hal yang dapat dilakukan ketika hari peringatan ini datang adalah mengevaluasi kinerja, peran, serta fungsi para perawat nasional dalam membantu masyarakat dan bangsa yang sehat. (1)

Selain itu, mengadakan kegiatan sosial yang bermanfaat dan mengapresiasi kinerja para perawat di Indonesia juga merupakan hal yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Perawat Nasional.

Baca: Hari Musik Nasional

Baca: Hari Perempuan Internasional

  • Sejarah


Penetapan Hari Perawat Nasional berdasarkan hari di mana terbentuknya organisasi profesi perawat yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di mana organisasi ini terbentuk pada 17 Maret 1974.

Kebulatan tekad dan semangat yang sama dicetuskan oleh perintis perawat bahwa tenaga keperawatan harus berada pada wadah atau organisasi profesi perawat Indonesia.

Pada masa sebelum tahun 1974, organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat sesuai dengan zamannya.

Sejak zaman penjajahan, perawat Indonesia sudah ada seiring dengan adanya rumah sakit.

Rumah sakit tersebut di antaranya adalah Residen Vpabst (1819) di Batavia yang saat itu berubah menjadi Stadsverband (1919) dan berubah menjadi CBZ (Central Burgerlijke Zieken Inrichting), rumah sakit tersebut berlokasi di daerah Salemba yang saat ini menjadi RSCM.

Saat itu perawat sudah memiliki perkumpulan-perkumpulan sebagai wadah organisasi perawat dan dapat menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat.

Ketika itu terdapat beberapa organisasi di antaranya Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi perawat saat itu mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh IPI, PPI dan PDKI.

Selain itu, dihadiri pula oleh Ojo Radiat, HB. Barnas dan Drs. Maskoed Soerjasumantri sebagai pimpinan sidang.

Mereka sepakat untuk melakukan fusi organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Penggabungan atau fusi organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demontration Jalan Prof. Eykman Nomor 34 Bandung Jawa Barat.

Sejak itu, tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Serta, membentuk suatu kepanitian untuk mempersiapkan kongres pertama yang dilangsungkan pada tahun 1976. (2)

'

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah, 17 Maret 461, Wafatnya Santo Patrick, Tokoh Penyebar Agama Kristen

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/RONNA)

 



Peringatan Hari Perawat Nasional
Tanggal 17 Maret
Latar belakang Berdirinya organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
   


Sumber :


1. style.tribunnews.com
2. siedoo.com


Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Putradi Pamungkas




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved