PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang agroindustri, farmasi, dan perdagangan.


PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)
rni.co.id
PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) 

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang agroindustri, farmasi, dan perdagangan.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Rajawali Nusindo atau PT RNI adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang agroindustri, farmasi, dan perdagangan.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)didirikan pada tahun 1964 sebagai kelanjutan dari nasionalisasi aset-aset grup konglomerat Oei Tiong Ham Concern (OTHC) atau Kian-gwan Kongsi yang didirikan oleh "Raja Gula" Oei Tiong Ham.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)beralamat kantor pusat di Gedung RNI Lt. 2, Jalan Denpasar Raya Kav. DIII Kuningan, Jakarta Selatan 12950.

  • Sejarah


Langkah PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), selanjutnya disebut PT RNI (Persero), berawal pada pertengahan abad XIX. Pada 1 Maret 1863, Oei Tjien Sien mendirikan perusahaan perdagangan hasil bumi dengan nama NV Handel My Kian Gwan di Semarang.

Pada perkembangannya, NV Handel My Kian Gwan lalu menjadi induk usaha (holding company) yang membawahi sejumlah usaha meliputi perdagangan, industri gula, perkebunan karet, industri farmasi, jasa keuangan, properti dan lain-lain.

Tahun 1885 adalah awal baru bagi NV Handel. Putra Oei Tjien Sien, Oei Tiong Ham melanjutkan kepemimpinan ayahnya. Perusahaan tersebut lalu diubah namanya menjadi Oei Tiong Ham Concern (OTHC), sebuah perusahaan konglomerasi bisnis pertama di Nusantara. OTHC menjalankan bisnis hingga 1961 ketika pemerintah Republik Indonesia mengambil alih perusahaan induk tersebut.

Setelah melakukan nasionalisasi OTHC, Pemerintah Indonesia mengelola seluruh aset perusahaan. Sebagian aset perusahaan dimasukkan sebagai penyertaan modal untuk mendirikan PT Perusahaan Perkembangan Ekonomi Nasional (PPEN) Rajawali Nusantara Indonesia pada 12 Oktober 1964. Inilah tanggal berdirinya PT RNI (Persero). Pada awal berdirinya tersebut, PT RNI (Persero) memiliki 10 Anak Perusahaan.

Tahun 1964-1985, PT RNI (Persero) berfokus pada rehabilitasi alat produksi untuk mendorong peningkatan produktivitas. Perubahan status perusahaan menjadi “Persero” dilaksanakan untuk memenuhi Undang- Undang Nomor 9/1969 dan Peraturan Pemerintah Nomor 5/1974. Selanjutnya, selama tahun 1986-1998, dilakukan penggabungan sejumlah unit usaha, perluasan wilayah usaha di luar Jawa, dan pengembangan unit usaha baru.

PT RNI (Persero) pada tahun 2001-2003 mulai mengokohkan diri menjadi perusahaan induk yang tidak melakukan operasi dan menjadi investment holding. Pada fase pengembangan selektif ini, fokus RNI adalah optimasi kinerja kelompok perusahaan.

Sementara, perusahaan mulai melakukan sejumlah diversivikasi untuk memaksimalkan nilai tambah pada kurun 2004-2009. Ini diraih dengan memanfaatkan produk samping (by product) maupun pengembangan usaha strategis perusahaan.

Sejak tahun 2010, perusahaan berupaya mengoptimalkan sinergi antar anak perusahaan serta anak perusahaan dengan induk perusahaan. Tujuannya agar tercapai perbaikan rasio keuangan, kinerja produksi, pertumbuhan usaha, dan tingkat kesehatan perusahaan.

Fase ini berakhir tahun 2012. Saat ini, perusahaan sedang pada fase optimalisasi dan eksplorasi (2013-2017). Pada fase ini, perusahaan holding difokuskan pada mendukung peningkatan kinerja dengan menciptakan daya saing, pengembangan usaha baru, dan menjadi pilar bisnis di masa depan.

Saat ini, PT RNI (Persero) sebagai sebuah induk perusahaan investasi dengan jumlah aset lebih dari Rp. 12 triliun (per 31 Desember 2017) dan Jaringan usaha tersebar di seluruh nusantara melalui 13 Anak Perusahaan dan tujuh afiliasi, mengoperasikan 51 Kantor Cabang dan 18 Unit produksi terdiri dari 10 Pabrik Gula, 3 Pabrik Kelapa Sawit, 2 Pabrik Teh, 1 Pabrik Farmasi, 1 Pabrik Alat kesehatan, 1 Pabrik Kulit, 2 Pabrik Karung Plastik, 2 Pabrik Alkohol, yang didukung oleh lebih dari 11 ribu Karyawan.

Baca: PT Perikanan Nusantara (Persero)

Baca: PT Pertamina (Persero)

Kantor pusat PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
Kantor pusat PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). (atmago.com)

  • Visi, Misi dan Budaya


Visi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

“Menjadi perusahaan investment holding terbaik di tingkat regional dengan basis agro industri, farmasi, alat kesehatan, distribusi, perniagaan dan properti.”

Misi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

  • Mengelola kelompok usaha secara terintegrasi dengan mengedepankan prinsip sinergi antar kelompok usaha.
  • Menjalankan perusahaan secara profesional dengan kualitas produk dan layanan yang prima.
  • Mengembangkan budaya perusahaan dan sumber daya manusia yang handal serta berkinerja tinggi dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.
  • Menerapkan strategi usaha yang berkomitmen tinggi dalam rangka memberikan nilai tambah yang optimal bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Menjalankan kegiatan usaha secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Tata Nilai PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, PT RNI (Persero) menetapkan 5 (lima) budaya atau nilai perusahaan sebagai landasan bagi seluruh karyawan dalam beraktivitas. Lima nilai perusahaan tersebut disingkat menjadi “PINTER” dengan uraian sebagai berikut:

“PINTER”

P = PROFESSIONALISM

IN = INTEGRITY

T = TEAMWORK

E = EXCELLENCE

R = RESPECT

PROFESSIONALISM

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) berkomitmen untuk menerapkan standar profesionalisme tertinggi melalui upaya mengejar inovasi, menata imajinasi, terbuka terhadap gagasan baru, bertindak dengan perhitungan matang dan konsisten.

Sebagai insan yang memegang prinsip profesionalisme, insan RNI akan meningkatkan tanggung jawab pribadi, terbuka terhadap perubahan dan perbaikan, serta terus belajar demi mencapai taraf kompetensi dan keahlian seiring dengan kebutuhan dalam perkembangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

INTEGRITY

Integrity adalah pemikiran, perkataan dan tindakan secara konsisten oleh sekumpulan nilai yang sama.

Perilaku yang mencakup konsep integritas ini antara lain: jujur, tulus, dapat dipercaya, dapat diandalkan, tepat waktu, etis dan adil. Memahami diri sendiri akan menambah integritas seseorang.

TEAMWORK

Sikap dalam berinteraksi atau berhubungan sosial yang efektif antar individu, individu dan kelompok unit kerja, antar perusahaan di lingkungan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang secara bersama- sama melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

Sikap kerjasama ini diwujudkan dalam kemauan saling berbagi dan kemauan saling mendukung sesama insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyadari bahwa terdapat banyak tuntutan tugas dan pekerjaan, dimana semangat kerjasama akan menghasilkan prestasi yang lebih baik, sekaligus kemungkinan solusi permasalahan, dibandingkan jika bekerja sendiri.

EXCELLENCE

Semangat untuk memberikan yang terbaik harus menjadi bagian dari seluruh insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Menerapkan semangat untuk terus meningkatkan kualitas pada semua dimensi pekerjaan, diyakini dapat mempercepat pencapaian tugas pokok, sasaran, tujuan, misi dan visi yang diemban masing-masing insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Proses untuk mencapai hasil terbaik melampaui ekspektasi normal adalah proses yang tidak akan berakhir. Keunggulan, kecemerlangan dan kesempurnaan tercipta dari hal-hal kecil, namun sebenarnya semua itu bukanlah hal- hal yang kecil.

RESPECT

Insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) memiliki komitmen untuk memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat yang dilandasi oleh kepercayaan dan harga diri. Segala hal yang dikerjakan oleh insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) senantiasa harus saling menghargai dan saling menghormati dalam menyikapi ide dan saran sesama insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Komitmen saling menghargai dan menghormati ini menyangkut aspek menghargai dan menghormati keberagaman, individualitas, perbedaan profesional dan personal, aset-aset PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), serta perasaan ikut memiliki perangkat kerja yang dipercayakan kepada masing-masing insan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

Komisaris Utama

Ramelan

Komisaris

Suripto

Aditya Dhanwantara

Jamaluddin Malik

Teguh Juwarno

Dewan Direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

Direktur Utama

Eko Taufik Wibowo

Direktur Keuangan

Pramusti Indrascaryo

Direktur Pengendalian Usaha

Agung P. Murdanoto

Direktur SDM dan Umum

J. Nanang Marjianto

Struktur organisasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) :

struktir rajwali
Struktur organisasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)
Alamat (pusat) Gedung RNI Lt. 2, Jalan Denpasar Raya Kav. DIII Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Kontak Telp. 021-2523820 / 021-2523830 / Fax. 021-5202827
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Agroindustri
Situs rni.co.id
Komisaris Utama Ramelan
Direktur utama Eko Taufik Wibowo


Sumber :


1. rni.co.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved