PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.


PT Pertamina (Persero)
pertamina.com
PT Pertamina (Persero) 

PT Pertamina (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Pertamina (Persero) atau Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

PT Pertamina (Persero) masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013.

PT Pertamina (Persero) pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001.

PT Pertamina (Persero) mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

PT Pertamina (Persero) beralamat kantor pusat di Jalan Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110.

  • Sejarah


1957

Pada 10 Desember 1957, perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat PERMINA. Tanggal ini diperingati sebagai lahirnya Pertamina hingga saat ini. Pada 1960, PT Permina berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN) Permina. Kemudian, PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968.

1971

Selanjutnya, melalui UU No.8 tahun 1971, pemerintah mengatur peran Pertamina untuk menghasilkan dan mengolah migas dari ladang-ladang minyak serta menyediakan kebutuhan bahan bakar dan gas di Indonesia. Kemudian melalui UU No.22 tahun 2001, pemerintah mengubah kedudukan Pertamina sehingga penyelenggaraan Public Service Obligation (PSO) dilakukan melalui kegiatan usaha.

2003

Berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 tanggal 18 Juni 2003, Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara berubah nama menjadi PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir. Pada 10 Desember 2005, Pertamina mengubah lambang kuda laut menjadi anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah yang merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian lingkungan.

2006

Pada 20 Juli 2006, PT Pertamina (Persero) melakukan transformasi fundamental dan usaha Perusahaan. PT Pertamina (Persero) mengubah visi Perusahaan yaitu, “Menjadi Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia“ pada 10 Desember 2007. Kemudian tahun 2011, Pertamina menyempurnakan visinya, yaitu “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia“. Melalui RUPSLB tanggal 19 Juli 2012, Pertamina menambah modal ditempatkan/disetor serta memperluas kegiatan usaha Perusahaan.

2015

Pada 14 Desember 2015, Menteri BUMN selaku RUPS menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina dalam hal optimalisasi pemanfaatan sumber daya, peningkatan modal ditempatkan dan diambil bagian oleh negara serta perbuatan-perbuatan Direksi yang memerlukan persetujuan tertulis Dewan Komisaris. Perubahan ini telah dinyatakan pada Akta No.10 tanggal 11 Januari 2016, Notaris Lenny Janis Ishak, SH.

2016

Pada 24 November 2016, Menteri BUMN selaku RUPS sesuai dengan SK BUMN No. S-690/MBU/11/2016, menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina terkait dengan komposisi Direksi dan Dewan Komisaris, kewenangan atas nama Direktur Utama, pembagian tugas dan wewenang Direksi, kehadiran rapat Direktur Utama dan Dewan Komisaris.

Pertamina senantiasa bekerja keras membangun bangsa dengan mengokohkan komitmen dalam bidang energi baru dan terbarukan serta diversifikasi usaha.

PT Pertamina (Persero) telah menempuh enam dekade dalam industri energi.  Komitmen ini dibuktikan dengan penyediaan produk yang lebih berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang unggul.

Kini saatnya, Pertamina memantapkan langkah, menyongsong tantangan yang membentang dengan penuh optimisme guna menciptakan pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan melalui investasi dan optimalisasi bisnis agar terus tumbuh sesuai dengan harapan seluruh pemangku kepentingan.

Tonggak sejarah Pertamina diawali sekitar tahun 1950-an, Pemerintah Republik Indonesia menunjuk Angkatan Darat yang kemudian mendirikan PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara untuk mengelola lading minyak di wilayah Sumatera.

Pada 10 Desember 1957, perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat PERMINA. Tanggal ini diperingati sebagai lahirnya Pertamina hingga saat ini. Pada 1960, PT Permina berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN) Permina. Kemudian, PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968.

Selanjutnya, pemerintah mengatur peran Pertamina untuk menghasilkan dan mengolah migas dari ladangladang minyak serta menyediakan kebutuhan bahan bakar dan gas di Indonesia melalui UU No.8 tahun 1971. Kemudian melalui UU No.22 tahun 2001, pemerintah mengubah kedudukan Pertamina sehingga penyelenggaraan Public Service Obligation (PSO) dilakukan melalui kegiatan usaha.

Berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 tanggal 18 Juni 2003, Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara berubah nama menjadi PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir. PT Pertamina (Persero) didirikan pada tanggal 17 September 2003 berdasarkan Akta Notaris No.20 Tahun 2003. Pada 10 Desember 2005, Pertamina mengubah lambing kuda laut menjadi anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah yang merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian lingkungan.

PT Pertamina (Persero) melakukan transformasi fundamental dan usaha Perusahaan pada 20 Juli 2006. PT Pertamina (Persero) mengubah visi Perusahaan yaitu, “menjadi perusahaan minyak nasional kelas dunia“

Pertamina melalui anak usaha PT Pertamina International EP mengakuisisi saham perusahaan migas Prancis Maurel et Prom (M&P) dengan kepemilikan saham sebesar 72,65% saham.

Pada tanggal 10 Desember 2007. Kemudian tahun 2011, Pertamina menyempurnakan visinya, yaitu “menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia“. Melalui RUPSLB tanggal 19 Juli 2012, Pertamina menambah modal ditempatkan/disetor serta memperluas kegiatan usaha Perusahaan.

Pada 14 Desember 2015, Menteri BUMN selaku RUPS menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina dalam hal optimalisasi pemanfaatan sumber daya, peningkatan modal ditempatkan dan diambil bagian oleh negara serta perbuatan-perbuatan Direksi yang memerlukan persetujuan tertulis Dewan Komisaris. Perubahan ini telah dinyatakan pada Akta No.10 tanggal 11 Januari 2016, Notaris Lenny Janis Ishak, SH.

Pada 2017, salah satu langkah nyata mewujudkan visi menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia adalah keberhasilan menuntaskan akuisisi saham perusahaan migas Prancis Maurel et Prom (M&P). Terhitung mulai 1 Februari 2017 melalui anak usaha PT Pertamina International EP, Pertamina menjadi pemegang saham mayoritas M&P dengan 72,65% saham.

Melalui kepemilikan saham mayoritas di M&P, Pertamina memiliki akses operasi di 12 negara yang tersebar di 4 benua. Pada masa mendatang, Pertamina menargetkan produksi 650 ribu BOEPD (Barrels of Oil Equivalents Per Day) di 2025 dari operasi internasional, sebagai bagian dari target produksi Pertamina 1,9 juta BOEPD di 2025, dalam upaya nyata menuju ketahanan dan kemandirian energi Indonesia.

Baca: PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

Baca: PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK

Kantor pusat Pertamina di Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110
Kantor pusat Pertamina di Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110 (indoshippinggazette.com)

  • Visi, Misi dan Nilai


Visi PT Pertamina (Persero) :

"Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia"

Misi PT Pertamina (Persero) :

"Menjalankan Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru dan Terbarukan Secara Terintegrasi, Berdasarkan Prinsip-Prinsip Komersial Yang Kuat"

Tata Nilai PT Pertamina (Persero) :

Pertamina memiliki tata nilai sebagai komitmen perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya berdasarkan standar global dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Nilai-nilai Pertamina disebut dengan 6C, terdiri dari Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable, dan nilai-nilai ini wajib diketahui dan menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam beraktivitas. Pertamina menetapkan enam tata nilai perusahaan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Penerapan tata nilai 6C didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) No.Kpts-022/ COOOOO/2013-S0 Tentang Penerapan Tata Nilai 6C 01 Pertamina dan Anak Perusahaan (Operational Holding).

CLEAN

Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asasasas tata kelola korporasi yang baik.

CONFIDENT

Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan membangun kebanggaan bangsa.

COMMERCIAL

Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

COMPETITIVE

Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.

CUSTOMER FOCUS

Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

CAPABLE

Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Makna dari logo Pertamina adalah:

  1. Warna biru memiliki arti andal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.
  2. Warna hijau memiliki arti sumber daya energi yang berwawasan lingkungan.
  3. Warna merah memiliki arti keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam menghadapi berbagai macam kesulitan.

Simbol grafis memiliki arti:

  1. Bentuk anak panah menggambarkan aspirasi organisasi Pertamina untuk senantiasa bergerak ke depan, maju dan progresif. Simbol ini juga mengisyaratkan huruf “P” yakni huruf pertama dari Pertamina.
  2. Tiga elemen berwarna melambangkan pulau-pulau dengan berbagai skala yang merupakan bentuk negara Indonesia.
pertaminaa
PT Pertamina (Persero).

  • Anak Perusahaan


Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) :

PT PERTAMINA EP

Gedung Standard Charter

Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164 Lt. 21 - 29

Telp : (+62 21) 57974000 (hunting)

www.pep.pertamina.com

PT. Pertamina EP berdiri tahun 2005 merupakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumin meliputi: Eksplorasi, Eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.

PT Pertamina Geothermal Energy

Menara Cakrawala Lt.15

Jl. MH. Thamrin No.9 Jakarta Pusat

Phone: (021) 39833222

Fax : (021) 39833230

PT Pertamina Geothermal Energy berdiri tahun 2006 dan bergerak dalam bidang Pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.

PT Pertamina Hulu Energi

Kwarnas Pramuka Bilding, 17 th Floor

Jl. Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusat

Phone :(+62 21) 3508049, 3502150 ext. 1755

Fax : (+62 21) 3508022

http://phe.pertamina.com/

PT Pertamina Hulu Energi berdiri tahun 2002 (d/h PT Aroma) dan bergerak dalam bidang Pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak & gas bumi.

PT Pertamina EP Cepu

Jl. Merdeka Timur No.6

Gedung Kwarnas Lt.6 Jakarta Pusat

Phone : (021) 3502150, 3521581

Fax : (021) 3508022

PT. Pertamina EP Cepu berdiri tahun 2005 sebagai anak perusahaan PT. Pertamina EP dan tahun 2007 berubah status menjadi anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO), bergerak dalam bidang Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.

PT Pertamina EP Cepu ADK

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 32-34

Gedung Patra Jasa  Lt.8 Jakarta Pusat

Phone : (021) 52900900

Fax : (021) 52900894

PT. Pertamina EP Cepu ADK berdiri tahun 2013 sebagai anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO), yang memiliki wilayah kerja Alas Dara Kemuning yang terletak di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

PT Pertamina Drilling Services Indonesia

Graha PDSI, Jl. Matraman Raya No. 87

Jakarta Timur 13140 - Indonesia

Phone : (62-21) 2995 5300,

Fax : (62-21) 2956 3148

http://pdsi.pertamina.com/

Pertamina Drilling Sevices Indonesia yang merupakan salah satu bagian PT.Pertamina (Persero), bergerak di bidang Drilling Services sesuai dengan namanya, Drilling Services yang dimaksud adalah pekerjaan Pemboran dan Kerja Ulang Pindah Lapisan sumur-sumur migas dan geothermal.

PT Pertamina Internasional EP

Patra Jasa Office Tower 1st Floor

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34

Jakarta Selatan 12950, Indonesia

http://www.piep.pertamina.com/

PT Tugu Pratama Indonesia

Wisma Tugu I

Jl. HR. Rasuna Said Kav. C 8-9, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

Phone : (+62 21) 5296177 (Hunting)

Fax : (+62 21) 52961555, 52962555

http://www.tugu.com/

Pertamina Hak Partisipasi : 45%, Dana Pensiun Pertamina : 20%, bergerak di bidang Jasa Asuransi Umum, Minyak dan Gas dan Industri operasi Marine Hull.

PT Pertamina Dana Ventura

(d/h. PT. Pertamina Saving & Investment)

Jl. Merdeka Timur No. 11 Jakarta

Phone : (+62 21) 34833887, 34833401

Fax : (+62 21) 3483902

http://pdv.co.id

Dahulu bernama YTPP. (Pertamina Hak Partisipasi : 99.93%); bergerak di bidang Investment Portfolio Management Services.

PT Pertamina Bina Medika

Jl. Kyai Maja 43 Jakarta Selatan

Phone : (+62 21) 7208692, 7219365, 7219368

Fax : (+62 21) 7203540

http://www.pertamedika-ihc.co.id/

Dahulu RSPP (Pertamina Tingkat Partisipasi : 98,94%); bergerak di bidang pelayanan kesehatan dan Rumah Sakit di Jakarta.

PT Patra Jasa

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta 12950

Phone : (+62 21) 5217100

Fax : (+62 21) 5251847

http://www.patra-jasa.com/

PT Patra Jasa, (PERTAMINA Hak Partisipasi: 99,98%) bergerak di Hotel / Motel Management, kantor dan sewa properti, termasuk barang-barang eks PERTAMINA dan PT Patra Jasa aset sendiri.

PT Pelita Air Service

Jl. A. Muis 52-56 A Jakarta 10160

Phone : (+62 21) 2312030

Pondok Cabe : (+62 21) 7401633

Halim Perdana Kusuma : (+62 21) 8091108

Fax : (+62 21) 2312216

http://www.pelita-air.com

Pelita Air Service (PERTAMINA Inerest peserta: 99,99%) bergerak dalam bidang transportasi udara, Aircraft Charter dan Regular Air Services.

PT Pertamina Gas

Gedung Oil Center Lt.2

Jl. MH. Thamrin Kav.55 Jakarta Pusat 10350

Phone : (021) 31906823-27

Fax : (021) 021-31906828

Website :www.pertagas.pertamina.com

PT Pertagas berdiri tahun 2007 dan bergerak dalam bidang niaga, transportasi distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya ang terkait dengan gas alam dan produk turunannya, engan penyertaan modal Pertamina sebesar 99% dan T Pertamina Retail sebesar 1%.

PT Pertamina Lubricants

Oil Center Building -

Jl. M.H Thamrin Kav 55

Jakarta 10350 Indonesia, Lantai 5,6,7

T : +62 21 3190 7190

F : +62 21 314 8886

http://www.pertaminalubricants.com

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013. Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

PT Pertamina Patra Niaga

Wisma Tugu II Lt. 2

Jl. HR. Rasuna Said Kav. 7-9 Kuningan, Jakarta Selatan 12920

Opr : (+62 21) 5209009

Fax : (+62 21) 5209005

PT Pertamina Patra Niaga berdiri tahun 1997 an yang bergerak di Hilir Migas dalam bidang usaha perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada/fleet, dan pengelolaan depot, teknologi dan perdagangan Non BBM, dengan Penyertaan modal Pertamina sebesar 99,82% dan PT. Pertamina Trans Kontinantal sebesar 0,18%.

PT Pertamina Trans Kontinental

Jl. Kramat Raya 29 Jakarta Pusat 10450

Phone : (+62 21) 31923005,31925810

Fax : (+62 21) 3106804

Url: http://www.ptk-shipping.com/

Email : ptkpusat@ptk-shipping.com

PT Pertamina Trans Kontinental (d/h PT. Pertamina Tongkang ) Pertamina berpartisipasi : 99,99%. bergerak dalam bidang Non Tanker Domestik Transportasi untuk industri minyak dan manajemen KABIL Jetty di Batam, Agency, Jasa Underwater dan HOP.

PT Pertamina Retail

Wisma Tugu Wahid Hasyim: Jl.Wahid Hasyim No.100-102

Jakarta Pusat, 10340

http://www.pertaminaretail.com/

PT Pertamina Retail (d/h. PT. Pertajaya Lubrindo) PT Pertamina Retail bergerak dalam bidang Retail SPBU didirikan 01 September 2005 dan baru beroperasi tahun 2006, dengan Penyertaan modal Pertamina sebesar 99,97% dan PT Pertamina Tongkang sebesar 0,02%

PT Pertamina Training & Consulting

Gedung B

Jl. Abdul Muis No 52-56 A, Petojo Selatan - Gambir

Jakarta Pusat 10160

Phone: (+6221) 3514977

Fax: (+6221) 21201557

Website: www.pertamina-ptc.com

Email: ptc.care@pertamina-ptc.com

Sebelumnya bernama PT Patra Tridaya dengan partisipasi Pertamina sebesar 91% dan PT Pertamina Dana Ventura sebesar 9%. Sebagai bagian dari Pertamina yang bergerak di bidang Human Capital, Consulting dan Jasa Manajemen Lainnya, PT Pertamina Training & Consulting memberikan kontribusi bagi pengembangan kompetensi Sumber Daya berbasis kepada perkembangan pengetahuan dan teknologi. Adapun bisnis yang dijalani adalah Man Power Supply, Event Organizer & Other Services, Jasa Pengamanan, Assessment Center serta Training & Consulting.

PT Nusantara Regas

Wisma Nusantara- lt. 19

Jl. M.H. Thamrin No.59

Jakarta 10350-Indonesia

Phone : (+6221) 315 9543, (+6221) 315 9544

Fax : (+6221) 315 9525

http://www.nusantararegas.com/

PT Nusantara Regas, Penyertaan Pertamina : 60 %. terlibat dalam pengadaan LNG, Penyediaan Fasilitas FSRU dan Fasilitas Lainnya serta penjualan Gas Bumi.

Dana Pensiun Pertamina

Jl. M.I Ridwan Rais No.7A Jakarta Pusat Indonesia 10110

Telp :(021) 3802280 – (021) 3802281

Fax :(021) 3804623 – (021) 3802714

        (021) 3453021 – (021) 3804593

http://www.dp-pertamina.com/

Mengelola data peserta dan mengembangkan dana guna memenuhi kewajiban membayar manfaat pensiun tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat subyek.

PT Patra Dok Dumai

Jl. Elang Pangkalan Sesai Po Box. 3 Dumai 28800

Phone : (0765) 31094

Fax : (07665) 31631

Phone.Fax : (+62 21) 494561

Pertamina Hak Partisipasi : 99.97%; Bergerak di bidang Teknologi Pemeliharaan Perbaikan Kapal, sebelumnya bernama Unit Operasi PERTAMINA.

PT Pertamina International Shipping

Patra Jasa Office Tower Lantai 14

Jl. Gatot Subroto Kav. 32-34 Jakarta

Phone : (021) 52900271 – 72

Berdiri sejak tahun 2016, PT Pertamina International Shipping adalah Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang dibentuk sebagai perusahaan pelayaran internasional.

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) :

Komisaris Utama

Basuki Tjahaja Purnama

Wakil Komisaris Utama

Budi Gunadi Sadikin

Komisaris

Ego Syahrial

Condro Kirono

Isa Rachmatarwata

Alexander Lay

Dewan Direksi PT Pertamina (Persero) :

Direktur Utama

Nicke Widyawati

Direktur Hulu

Dharmawan H. Samsu

Direktur Pengolahan

Budi Santoso Syarif

Direktur Pemasaran Korporat

Basuki Trikora Putra

Direktur Pemasaran Ritel

Mas’ud Khamid

Direktur Keuangan

Emma Sri Martini

Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur

Mulyono

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia

Ignatius Tallulembang

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko

Heru Setiawan

Direktur Sumber Daya Manusia

Koeshartanto

Direktur Manajemen Aset

M. Haryo Yunianto

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Pertamina (Persero)
Alamat (pusat) Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110
Kontak 1-500-000
Email pcc@pertamina.com
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Energi
Situs pertamina.com
Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama
Direktur utama Nicke Widyawati


Sumber :


1. pertamina.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved