PT Pertani (Persero)

PT Pertani (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pertanian. Produk unggulan dari PT Pertani (Persero) adalah beras dan benih.


zoom-inlihat foto
pt-pertani-persero.jpg
pertani.co.id
PT Pertani (Persero)

PT Pertani (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pertanian. Produk unggulan dari PT Pertani (Persero) adalah beras dan benih.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Pertani (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pertanian.

PT Pertani (Persero) merupakan perusahan perseroan yang bergerak di bidang agribisnis yang memproduksi, mengadakan, serta memasarkan sarana produksi dan komoditi pertanian. Sesuai strategic direction pemegang saham yaitu Pemerintah Republik Indonesia, PT Pertani (Persero) diposisikan sebagai BUMN yang fokus pada usaha pergabahan untuk mendukung pertahanan dan ketahanan pangan Indonesia.

PT Pertani (Persero) beralamat kantor pusat di Gedung Graha Gabah No.1, RT.6/RW.3, Jalan Raya Pasar Minggu, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760.

  • Sejarah


1959

Dibentuk Badan Perusahaan Produksi Bahan Makanan dan Pembukaan Tanah (BPMPT).

1960

Terjadi perubahan dari BPMPT Menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Pertanian Negara (BPU Pertani).

1963

 BPU Pertani berubah menjadi Perusahaan Pertanian Negara (PN Pertani).

1970-1971

PN Pertani ditunjuk sebagai distributor pupuk kepada petani dengan porsi lebih dari 50% jumlah yang didistrbusikan di seluruh Indonesia.

1973

Status PN Pertani ditingkatkan menjadi perseroan terbatas dengan nama PT Pertani (Persero).

1998

Dilakukan perubahan terhadap Anggaran Dasar Perseroan oleh Notaris Imas Fatimah, SH.

2002

Kembali dilakukan perubahan terhadap Anggaran Dasar Perseroan oleh Notaris Mintarsih Natamihardja, SH.

2003

Dibentuk Strategic Business Unit Perberasan dan Strategic Business Unit Hortikultura dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

2004

Strategic Business Unit Perberasan dan Strategic Business Unit Hortikultura mulai beroperasi satu tahun setelah pembentukan.

2007

PT Pertani (Persero) ditugaskan oleh Pemerintah melalukan pelayanan publik kepada petani dalam bentuk Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU).

2008

Penugasan pelayanan publik oleh PT Pertani (Persero) mengalami perluasan dari semula hanya benih, tahun 2008 ditambah paket bantuan pupuk dalam bentuk Bantuan Langsung Pupuk (BLP). Perseroan juga sudah melakukan perintisan usaha pergudangan dengan Sistem Resi Gudang (SRG), dengan unit pergudangan pertama SRG adalah Unit Pergudangan Haurgeulis, di Indramayu Jawa Barat.

2010

PT Pertani (Persero) membangun jaringan sistem teknologi informasi berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) untuk membangun manajemen sistem informasi yang terintegrasi. Perintisan pengembangan jaringan Toko Pertanian Swalayan Indonesia (TOPSINDO) di sentra pertanian, dimulai dengan pembukaan Jaringan TOPSINDO pertama di Haurgeulis, Jawa Barat.

2011

PT Pertani (Persero) berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) dengan realisasi lahan tahun 2011 lebih dari 280.000 ha. Pengembangan TOPSINDO tahap awal dilakukan di 12 lokasi lain yang tersebar di 11 provinsi mulai dari NAD s/d NTB, dan ke utara s/d Sulawesi Tengah. Keberhasilan pemantapan kegiatan pengelolaan gudang dengan Sistem Resi Gudang (SRG) ditandai dengan bertambahnya unit yang dikelola menjadi 34 unit gudang SRG yang mampu menampung 8.000 ton beras.

Baca: PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)

Baca: PT Perikanan Nusantara (Persero)

Kantor pusat PT Pertani (Persero).
Kantor pusat PT Pertani (Persero). (ipapa.co.id)

  • Visi, Misi dan Budaya


Visi PT Pertani (Persero) :

“Menjadi perusahaan perbenihan dan perberasan nasinal yang unggul dan berkelanjutan.”

Misi PT Pertani (Persero) :

  • Memperoduksi dan memasarkan produk perbenihan, perberasan dan sarana pertanian yang unggul dan ramah lingkungan
  • Menerapkan strategi pengembangan produk, pengingkatan produktivitas dan pelayanan, serta memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan stakeholder lainnya.
  • Mengemabngkan budaya perusahaan dan sumber daya manusia yang andal dan berintegritas didukung oleh prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau (good corporate governance)

Produk PT Pertani (Persero) :

Beras

Benih

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Pertani (Persero) :

Komisaris Utama

Joko Sambodo

Komisaris

Mochamad safri Sabit

Komisaris Independen

Reinhard Parapat

Dewan Direksi PT Pertani (Persero) :

Direktur Utama

Febriyanto

Direktur Operasional

Lalan Sukmaya

Direktur Keuangan dan SDM

Poernomo

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Jenis PT Pertani (Persero)
Nama PT Pertani (Persero)
Kontak 021-7993108
Email pusat@pertani.co.id
Alamat (pusat) Gedung Graha Gabah No.1, RT.6/RW.3, Jalan Raya Pasar Minggu, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
Bidang/industri Pertanian
Situs pertani.co.id
Komisaris Utama Joko Sambodo
Direktur utama Febriyanto








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved