FILM - Period. End of Sentence. (2018)

Film Period. End of Sentence. merupakan sebuah film dokumenter yang bercerita tentang menstruasi sebagai hal tabu di India, film ini berhasil memenangi piala Oscar pada kategori Best Documentary Short pada tahun 2019.


zoom-inlihat foto
period-end-of-sentence-2018.jpg
kompasiana.com/
Ilustrasi Period. End of Sentence. (2018)

Film Period. End of Sentence. merupakan sebuah film dokumenter yang bercerita tentang menstruasi sebagai hal tabu di India, film ini berhasil memenangi piala Oscar pada kategori Best Documentary Short pada tahun 2019.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Film Period. End of Sentence. merupakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Rayka Zehtabchi dan Melissa Berton, berdurasi 26 menit dan mulai ditayangkan oleh Netflix pada April 2018.

Film ini mampu memenangi piala Oscar di ajang Academy Awards pada tahun 2019 sebagai Best Documentary Short.

Kemenangan tersebut bagi sang sutradara dimaknai sebagai sebuah pembuktian untuk mengangkat suara perempuan di level baru, yaitu level Oscar. (1)

Film ini memaparkan tentang para perempuan India yang diam-diam melakukan revolusi seksual.

Dokumenter ini menelusuri jejak beberapa perempuan di Hapur yang belajar mengoperasikan mesin pembuat pembalut murah dan ramah lingkungan.

Barang jadinya kemudian dijual ke perempuan-perempuan lain dengan harga terjangkau.

Tindakan mereka tidak hanya membuka akses kebutuhan dasar, tetapi juga mendorong para perempuan India untuk mendobrak tabu seputar menstruasi sekaligus memperbaiki ekonomi masyarakat sekitarnya. (4)

Baca: Official Trailer Film Live Action Mulan Rilis, Disney Fokus pada Nilai Historis Prajurit Perempuan

Baca: Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan Ketika Masa Menstruasi, Salah Satunya Hindari Minum Kopi

  • Sinopsis


Mengangkat kisah perjalanan perempuan yang berada di Hapur, sebuah daerah pedesaan di luar New Delhi, India, yang melakukan perlawanan ketabuan terkait menstruasi di wilayahnya.

Para perempuan harus bekerja di malam hari membuat pembalut lantaran merasa malu jika bekerja di siang hari.

Perempuan yang mengalami menstruasi di India dianggap kotor, bahkan menstruasi itu sendiri diapandang sebagai aib yang memalukan.

Lebih dari itu, stigma tersebut menjadi penghalang bagi para gadis dan perempuan di Hapur untuk mendapatkan hak mengenyam pendidikan. (1)

Film ini dimulai dengan pertanyaan kepada beberapa penduduk lokal yang terdiri dari pria dan wanita dewa serta remaja mengenai apa itu menstruasi.

Namun, hampir semuanya memberikan jawaban yang salah, bahkan dengan berat berkomentar karena hal tersebut dianggap tabu.

Para pria misalnya, mereka menjawab bahwa menstruasi adalah sebuah penyakit yang cukup parah yang diderita wanita.

Sementara wanita menganggap hal tersebut sangat tabu dibicarakan karena para suami dan ayah mereka tidak akan mau memberikan penjelasan sebenarnya.

Para remaja perempuan pun hanya mengetahui bahwa ketika hari pertama menstruasi, mereka tidak akan pergi ke sekolah karena tidak diperbolehkan.

Para penduduk di wilayah tersebut juga tidak mengenal, mengetahui, bahkan tidak mengerti apa itu pembalut dan bagaimana penggunaannya.

Satu hal yang mereka ketahui tentang menstruasi, yaitu ketika menstruasi datang itu adalah hal kotor dan menjijikan.

Maka jangankan membersihkan area kewanitaan dengan benar, untuk menahan darah yang keluar pun mereka hanya menggunakan kain tebal yang diganti secara berkala.

Selama beberapa generasi, para perempuan tidak memiliki akses ke pembalut, hal tersebut menyebabkan timbulnya masalah kesehatan dan anak perempuan kehilangan akses pendidikan atau bahkan putus sekolah sepenuhnya.

Di sinilah edukasi dari The Pad Project perihal menstruasi mulai dilakukan, agar para wanita di Distrik Hapur tidak mengalami pembatasan aktivitas selamanya.

The Had Project adalah sebuah organisasi yang dimulai oleh karya gadis-gadis sekolah mennengah di dunia, di California, yang mengumpulkan donasi untuk mesin pembalut dan memulai sebuah organisasi.

Edukasi penggunaan pembalut oleh The Pad Project kemudian masif dilakukan, agar penetrasi penggunaan pembalut di negara India yang hanya sebesar 12% dari total penduduk wanita di sana, bisa lebih besar lagi.

Wanita di negara tersebut jelas sangat layak mendapatkan edukasi terbaik serta produk kewanitaan yang bersih, aman dan tak menyulitkan aktivitas mereka.

Setelah The Had Project memasang mesin pembalut di desa Hapur, para wanita mulai belajar untuk memproduksi dan memasarkan pembalut mereka sendiri.

Selain itu, hal tersebut juga dapat memberdayakan para wanita di komunitas mereka.

Mereka lalu menamakan merek mereka "FLY," karena mereka ingin wanita "melambung." (2)

Baca: Pemerintah Arab Saudi Meminta Maaf Setelah Sebut Feminisme sebagai Ekstremisme

Baca: FILM - The Theory of Everything (2014)

Pemeran

  • Ajeya
  • Anita
  • Gouri Choudari 
  • Shabana Khan 
  • Arunachalam Muruganatham 
  • Preeti 
  • Rekha 
  • Roksana 
  • Shashi 
  • Shushma 
  • Sulekha Singh 
  • Sneha 
  • Suman 
  • Sushila
  • Usha (3)

  • Poster


Berikut poster Film Period. End of Sentence. (2018):

Poster Film Period. End of Sentence. (2018)
Poster Film Period. End of Sentence. (2018) (imdb.com/)

  • Trailer


Berikut trailer Film Period. End of Sentence. (2018):

(TribunnewsWiki.com/Ronna)



Nama Period. End of Sentence. (2018)
Genre Dokumenter
Durasi 26 menit
Sutradara Rayka Zehtabchi dan Melissa Berton
Penghargaan Piala Oscar Best Documentary Short 2019


Sumber :


1. kumparan.com
2. www.imdb.com
3. www.imdb.com
4. ew.com


Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved