Komnas HAM Kritik Walikota Depok yang Keluarkan Imbauan Razia LGBT berkat Kasus Reynhard Sinaga

Komisi Hak Asasi Manusia (KomNas HAM) Indonesia melayangkan surat kepada Wali Kota Depok untuk membatalkan imbauan melakukan razia LGBT di Depok


Komnas HAM Kritik Walikota Depok yang Keluarkan Imbauan Razia LGBT berkat Kasus Reynhard Sinaga
Kolase Foto (Komnas HAM, Depok.go.id, dan DailyMail)
KomNas HAM (kiri) layangkan surat edaran kepada Wali Kota Depok (kanan-atas) untuk membatalkan imbauan berisi razia aktivitas LGBT di Depok yang mengacu pada kasus Reynhard Sinaga (kiri-bawah) 


Komisi Hak Asasi Manusia (KomNas HAM) Indonesia melayangkan surat kepada Wali Kota Depok untuk membatalkan imbauan melakukan razia LGBT di Depok

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Lembaga Komisi Hak Asasi Manusia (KomNas HAM) Indonesia melayangkan surat edaran kepada Wali Kota Depok yang berisi kritik untuk membatalkan imbauan melakukan razia terhadap aktivitas kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kota Depok.

Surat edaran yang dilayangkan pada Selasa (14/1/2020) ini berisi kecaman terkait imbauan yang dinilai KomNas HAM sebagai tindakan diskriminatif dan bertentangan dengan pasal di Undang-Undang Dasar 1945.

Terpantau melalui akun media sosial Twitter nya di @KomnasHAM, lembaga pelindung hak asasi manusia ini mengkritik langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Depok.

Menurut KomNas Ham, imbauan Wali Kota Depok mencederai Kovenan Hak-Hak Sipil Politik yang telah diratifikasi Indonesia.

KomNas HAM juga meminta kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Presiden, melalui Kemendagri dan Kemenkopolhukam untuk meningkatkan kualitas pemerintah daerah yang menurut KomNas HAM agar tidak melahirkan kebijakan diskriminatif, merendahkan martabat manusia serta membuka potensi terjadinya persekusi dan tindakan melawan hukum.

Surat edaran KomNas HAM kepada PemKot Depok ini terbit atas pengumuman Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang mengeluarkan imbauan untuk melakukan razia aktivitas kelompok LGBT serta membentuk crisis center untuk korban terdampak LGBT pada Jumat (10/1/2020).

Baca: Mahasiswa Demo untuk Pencabutan RKUHP dan UU KPK, Komnas HAM Minta Pengesahan RKUHP Ditunda

 

Imbauan Wali Kota Depok

Sebelumnya, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, melalui rilisnya, menyayangkan kasus kekerasan seksual sesama jenis yang dilakukan oleh warga negara Indonesia, Reynhard Sinaga.

Melalui portal media Pemerintah Kota Depok, Idris menyebut akan menginstruksikan Perangkat Daerah (PD) terkait untuk meningkatkan usaha pencegahan dan penyebaran perilaku tersebut yang menurutnya, 'agar hal serupa tidak terjadi di Depok'.

Idris juga menambahkan akan menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk lebih aktif dalam penertiban dan razia di rumah-rumah kos atau apartemen.





Halaman
12
Penulis: Dinar Fitra Maghiszha
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved