PT PANN Multi Finance (Persero)

PT PANN Multi Finance (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan kapal.


PT PANN Multi Finance (Persero)
pannmf.co.id
PT PANN Multi Finance (Persero) 

PT PANN Multi Finance (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan kapal.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT PANN Multi Finance (Persero) atau PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan kapal.

PT PANN Multi Finance (Persero) berdiri pada 16 Mei 1974, PT PANN (Persero) didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1974 tentang Penyertaan Modal Negara untuk Pendirian Perseroan dalam bidang Pengembangan Armada Niaga Nasional.

Kantor pusat PT PANN Multi Finance (Persero) beralamat di Jl. CIkini IV No.11 Jakarta 10330 PO.BOX 3377 Jakarta.

Baca: PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

  • Sejarah


Berdirinya PT PANN Multi Finance (Persero) juga menjadi amanat Rencana Pembangunan Lima Tahun atau Repelita II.

Dokumen Repelita II tersebut menyatakan agar pemerintah membentuk suatu badan yang bertugas di bidang pembiayaan dan pengembangan armada niaga nasional.

PT PANN Multi Finance (Persero) memantapkan strateginya dengan membentuk cross sektoral holding dan spin off sektor usaha strategis yakni usaha pembiayaan kapal, shipping, shipyard, manajemen perkapalan, pialang asuransi kapal sehingga PANN (Persero) berdiri menjadi perusahaan holding.

Pada 8 Agustus 2012, PT PANN Multi Finance (Persero)mendirikan anak usaha PT PANN Pembiayaan Maritim yang kemudian dilakukan pemisahan bisnis atau spin off pada tanggal 19 Februari 2013.

Dengan demikian, kegiatan bisnis inti perseroan dialihkan kepada anak usaha, sedangkan PT PANN (Persero) ditetapkan sebagai induk perusahaan (holding company).

Pemegang saham di PT PANN Multi Finance (Persero) adalah Pemerintah Indonesia (93%) dan Bank Mandiri (7%).

Kantor pusat PT PANN Multi Finance (Persero).
Kantor pusat PT PANN Multi Finance (Persero). (Tribun)

Baca: PT Energy Management Indonesia (Persero)

  • Visi, Misi dan Sumber Daya


Visi PT PANN Multi Finance (Persero) :

“Menjadi Perusahaan Pengembangan Armada Niaga Terbaik Di Indonesia”

Misi PT PANN Multi Finance (Persero) :

  1. Penyedia kapal niaga dalam rangka meningkatkan jumlah armada laut nasional melalui pembiayaan yang kompetitif dan berkualitas sebagai salah satu penyeimbang harga komoditas dalam negeri ;
  2. Penyedia jasa angkutan laut yang inovatif, kompetitif dan handal yang memberikan keuntungan maksimal bagi stakeholder;
  3. Penyedia sistem komunikasi dan kenavigasian di sektor maritim;
  4. Optimalisasi aset - aset perseroan guna menciptakan bisnis dan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Sumber Daya Manusia

Persaingan bisnis pembiayaan di Indonesia semakin meningkat, demikian juga dengan persaingan pada industri pelayaran nasional sejak diterbitkannya Instruksi Presiden No. 5 tahun 2005 tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran dan disahkannya UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

Menyadari hal tersebut, manajemen PT PANN (Persero) senantiasa melakukan berbagai inisiatif dan inovasi yang memungkinkan perseroan mampu menjaga dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Salah satu aspek utama yang menjadi fokus manajemen untuk mendukung peningkatan kinerja perusahaan adalah sumber daya manusia (SDM).

Peningkatan Kompetensi Persiapan PT PANN (Persero) menuju perubahan fundamental dengan mengembangkan perseroan menjadi perusahaan holding company yang membawahi sejumlah anak perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional.

Untuk itu, kebijakan kepegawaian yang selama ini dilaksanakan PT PANN (Persero) diimbangi dengan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pekerja dalam usaha untuk meningkatkan daya saing.

Baca: PT Bina Karya (Persero)

  • Tata Kelola Perusahaan


Tata Kelola Perusahaan PT PANN Multi Finance (Persero) :

PT PANN telah berkomitmen untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik secara bersungguh-sungguh sebagai upaya untuk meraih keberhasilan usaha serta memberikan dampak luas terhadap pembangunan perekonomian nasional dari sektor industri maritim, khususnya melalui pengembangan armada niaga nasional.

Sejak berdiri, PT PANN (Persero) telah memainkan peran penting bagi pengembangan industri maritim, khususnya di sektor pelayaran sehingga perseroan ini telah menjelma menjadi salah satu harapan bagi sektor industri maritime.

Oleh karena itu, penerapan tata kelola perusahaan yang baik merupakan hal yang tidak dapat ditawar atau ditunda-tunda.

Dalam mengembangkan dan menerapkan prinsip tata kelola perusahaan, manajemen mengacu kepada best-practice standards di lingkungan kerja perusahaan yang diperkaya dengan melihat sektor yang menjadikan perseroan ini sebagai tumpuan sehingga diharapkan dapat memenuhi kepentingan segenap stakeholder secara seimbang serta meningkatkan opportunity yang berkesinambungan bagi perseroan.

Selama ini, PT PANN telah berkomitmen untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik secara bersungguh-sungguh sebagai upaya untuk meraih keberhasilan usaha serta memberikan dampak luas terhadap pembangunan perekonomian nasional dari sektor industri maritim, khususnya melalui pengembangan armada niaga nasional.

  • Tujuan Tata Kelola

Bagi PT PANN (Persero), penerapan GCG merupakan wujud kepatuhan perseroan terhadap keputusan Menteri BUMN No. Kep-117/M-MBU/2002 tentang Penerapan Praktek GCG pada BUMN, sekaligus merupakan cara terbaik untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

PT PANN (Persero) menyadari bahwa untuk menerapkan secara konsisten tata kelola perusahaan memerlukan kesungguhan.  Menerapkan tata kelola perusahaan di PT PANN (Persero) memiliki tujuan utama untuk:

Memberi perlindungan yang memadai dan perlakuan yang adil kepada para Pemegang Saham, pengelola, dan pemangku kepentingan lainnya, melalui peningkatan nilai Pemegang Saham (shareholder value), secara maksimal.

Memberikan kontribusi secara maksimal pada peningkatan pelayanan jasa pembiayaan yang dikelola.

Meningkatkan dan menjaga citra perusahaanmelalui pelayanan prima di bidang jasa pembiayaan.

Menjaga sumber dana yang dimiliki dan digunakan untuk usaha perusahaan. Implementasi GCG diharapkan akan mencegah praktik-praktik korupsi, kolusi serta nepotisme dan meningkatkan fungsi pengawasan dalam pengelolaan perseroan.

  • Prinsip-Prinsip Tata Kelola

PT PANN (Persero) sebagai salah satu BUMN memiliki komitmen untuk terus meningkatkan nilai perusahaan melalui penerapan prinsip-prinsip tata kelolap erusahaan yang baik dalam pelaksanaannya.

Selama ini prinsip-prinsip itu dihayati dan dilaksanakan oleh segenap jajaran direksi dan karyawan perseroan.

Tata kelola perusahaan yang baik dan diterapkan oleh PT PANN (Persero) tersebut menganut lima prinsip utama yakni:

  • Transparansi

Tata Kelola Perusahaan yang baik ditentukan oleh tekad, kebijakan, dan tindakan manajemen perusahaan untuk menerapkan keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan kondisi perusahaan.

  • Akuntabilitas

Tata Kelola Perusahaan yang baik di lingkungan PT PANN (Persero) dicirikan oleh kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban organ sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.

  • Pertanggungjawaban

Tata Kelola Perusahaan yang baik di lingkungan PT PANN (Persero) juga dicirikan oleh tekad dan komitmen manajemen dalam pengelolaan perusahaan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

  • Kemandirian

Kedudukan dan cara kerja harus mendorong terjadinya pengambilan keputusan yang obyektif dan terbebas dari intervensi pihak-pihak tertentu yang tidak mewakili kepentingan perusahaan dan semua pemangku kepentingan secara adil.Implementasi prinsip kemandirian dalam PT.PANN (Persero)

  • Keadilan

Tata Kelola Perusahaan yang baik dilingkungan PT PANN (Persero) tercermin dari tekad dan komitmen manajemen untuk memperlakukan secara adil dan setara didalam memenuhi hak-hak pemangku kepentingan yang timbul berdasarkan perjanjian (komitmen tertulis) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca: PT Brantas Abipraya

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT PANN Multi Finance (Persero) :

Komisaris

Romy Marcandi

Dewan Direksi PT PANN Multi Finance (Persero) :

Direktur

Hery S Soewandi

Struktur organisasi PT PANN Multi Finance (Persero) :

stuktj
Struktur organisasi PT PANN Multi Finance (Persero).

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT PANN Multi Finance (Persero)
Alamat (pusat) Jl. CIkini IV No.11 Jakarta 10330 PO.BOX 3377 Jakarta.
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Pembiayaan kapal
Kontak Phone.+62 21 31922003 Fax. +62 21 31922980
Email infopann@pannmf.co.id
Situs pannmf.co.id
Direktur Hery S Soewandi


Sumber :


1. pannmf.co.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved