PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi.


PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
jasindo.co.id
PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) 

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) berdiri pada tahun 2 Juni 1834 dengan nama NV Assurantie Maatschappij De Nederlandern dan Bloom Vander EE yang kala itu masih dibawah pemerintahan kolonial Belanda.

Kemdian dua perusahaan tersebut dinasionalisasi pasca kemerdekaan dan resmi bernama PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 764/MK/IV/12/1972.

Kantor pusat PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) beralamat di Mulia Business Park Jl. Letnan Jendral MT Haryono Kav. 58 - 60 , 12780 PO BOX 4127 Pancoran - DKI Jakarta.

  • Sejarah


Pembentukan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) merupakan bagian penting dari perjalanan sejarah bangsa dan tanah air Indonesia.

Sejarah tersebut bermula pada tahun 1845 ketika dilaksanakannya nasionalisasi atas NV Assurantie Maatschappij de nasionalisasi atas NV Assurantie Maatschappij de Nederlander, sebuah perusahaan Asuransi Umum milik kolonial Belanda, dan Bloom Vander, perusahaan Asuransi Umum Inggris yang berkedudukan di Jakarta.

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dinyatakan pada 17 Agustus 1945 oleh Proklamator RI, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, sekaligus meng-amanatkan pelaksanaan pemindahan kekuasaan dan kepemilikan Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Indonesia.

Termasuk, melakukan nasionalisasi terhadap dua perusahaan tersebut dan mengubah nama ke-duanya menjadi PT Asuransi Bendasraya yang bergerak di bidang Asuransi Umum dalam Rupiah dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU) yang bergerak pada bidang Asuransi Umum dalam valuta asing.

Kedua perusahaan hasil tindak lanjut nasionalisasi ini bertujuan untuk memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat dan memperkokoh keamanan serta perekonomian negara.

Adapun kebijakan nasionalisasi tersebut dilaksanakan berdasarkan payung hokum Undang-Undang Nomor 86 tahun 1958 tentang Nasionalisasi Perusahaan-Perusahaan Milik Belanda yang berada di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam perjalanan bersejarahnya, melalui Keputusan Menteri Keuangan No.764/MK/IV/12/1972 tertanggal 9 Desember 1972, pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan merger antara PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU) menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang usaha Asuransi Umum.

Pengesahan penggabungan tersebut selanjutnya dikukuhkan dengan Akta Notaris Mohamad Ali Nomor 1 tanggal 2 Juni 1973.

Sebagai salah satu BUMN yang memiliki kinerja usaha gemilang di Indonesia, seluruh saham PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

Apalagi, perjalanan waktu telah membuktikan bahwa PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Asuransi Jasindo, memang memiliki pengalaman yang mumpuni, panjang dan matang di bidang Asuransi Umum bahkan sejak era kolonial.

Pengalaman ini memberikan nilai kepeloporan tersendiri bagi keberadaan dan pertumbuhan kinerja Asuransi Jasindo hingga saat ini, sehingga berhasil dalam meraih kepercayaan publik baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

Pasca implementasi kebijakan nasionalisasi dan pribumi maka kemudian muncul sebuah inisiatif untuk mengoptimalkan fungsi dan peran dari kedua perusahaan nasional tersebut dalam menghadapi tentangan sekaligus mengisi era kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam menyuguhkan layanan profesional dan terbaiknya, Asuransi Jasindo senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya perusahaan yang teguh nilai-nilai budaya perusahaan yang ditanamkan yaitu Asah, Asih dan Asuh.

Selain itu, Asuransi Jasa Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima demi memenuhi kepuasan Tertanggung.

Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan reasuradur terkemuka dari seluruh belahan dunia, seperti Swiss Re dan Partner Re, dalam memberikan back-up reasuransi, terutama pertanggungan yang bersifat mega-risk.

Dalam menyelesaikan klaim-klaim besar, komitmen atas ketepatan dan kecepatan Asuransi Jasindo tak perlu diragukan lagi.

Hal ini dibuktikan dengan penyelesaian klaim-klaim besar bahkan hingga bernilai triliunan rupiah.

Sebut saja misalnya, klaim Apogee Kick Motor Satelit Palapa B2 sebesar US$ 75 juta, BDC Failure Satelit Palapa C2 senilai US$ 31,2 juta, Battery Charging Failure Satelit Palapa C2 sebesar US$ 36,5 juta, dan Loss of DB Satelit Garuda milik Aces International hingga senilai US$ 101,5 juta.

Pengalaman dan kemampuan Asuransi Jasindo yang mengundang decak kagum ini, telah pula diakui oleh badan pemeringkat internasional yaitu Standard and Poor's untuk kategori “Claim Paying Ability ” pada tahun 1997 dengan peringkat BBB.

Selanjutnya, di tahun 2009, Asuransi Jasindo kembali mendapatkan pengakuan sebagai satu-satunya perusahaan Asuransi Umum nasional yang memperoleh rating dari badan pemeringkat internasional AM Best yang berbasis di Hongkong dan Amerika Serikat, untuk kategori “ Financial Strength Ability” (Stable Outlook) dengan peringkat B++ dan Issuer Credit Ability (Stable Outlook) dengan peringkat BBB.

Baca: PT Energy Management Indonesia (Persero)

Baca: PT Bina Karya (Persero)

Kantor pusat PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero).
Kantor pusat PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero). (jasindo.co.id)

  • Visi, Misi dan Nilai


Visi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

"Perusahaan Asuransi Umum Indonesia Terbaik"

Misi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

"Menyediakan Jasa Asuransi Pilihan Pelanggan Melalui Layanan Bernilai Tambah dan Menjalankan Peran Aktif Dalam Peningkatan Kesejahteraan Bangsa"

Nilai organisasi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

Budaya perusahaan Jasindo dibangun dengan nilai-nilai yang diyakini, dijalankan dan menjadi perilaku keseharian serta kebiasaan seluruh insan Jasindo.

Nilai-nilai budaya perusahaan tersebut adalah RAISE (Resourceful - Agility - Integrity - Synergy - Excellence Service).

  • RESOURCEFUL

Setiap karyawan Jasindo tidak berhenti mengasah diri untuk menjadi pribadi yang dapat diandalkan oleh pelanggan, rekan kerja dan perusahaan. Jasindo memberikan produk, proses dan layanan yang kreatif dan inovatif sebagai keunggulan untuk memenangkan persaingan bisnis.

  • AGILITY

Setiap karyawan Jasindo adalah pribadi yang antusias dan tangkas dalam menyongsong setiap kesempatan, situasi dan perubahan.

  • INTEGRITY

Setiap karyawan Jasindo menjunjung tinggi integritas dan kejujuran, serta menjaga kepercayaan pelanggan, mitra bisnis dan perusahaan dengan segenap hati dalam menyuguhkan kinerja dan layanan yang berkualitas.

  • SYNERGY

Setiap karyawan Jasindo adalah anggota keluarga besar Jasindo yang bertumbuh dengan baik karena adanya kerjasama yang erat, sinergi yang kuat dan rasa kebersamaan yang terjaga.

  • EXCELLENT SERVICE

Setiap karyawan Jasindo berkomitmen untuk terus menciptakan nilai tambah dan memberikan layanan prima bagi pelanggan internal dan eksternalnya.

  • Logo dan Mars


Logo PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

Logo Asuransi Jasindo merupakan rekayasa artistik inisial dua huruf A dan J Sebagai kependekan dari Asuransi Jasindo yang di dalamnya terkandung harapan dan cita-cita perusahaan.

Dengan semangat kerja keras dan antusiasme seluruh karyawan Asuransi Jasindo bertekad menjadi perusahaan asuransi terdepan berkelas dunia.

Seluruh jajaran Asuransi Jasindo adalah insan yang Cerdas, peduli pada lingkungan, terus belajar memperdalam pengetahuan dan memperluas Wawasan sehingga menemukan inovasi-inovasi baru dibidang asuransi.

Dengan rendah hati, jujur, dan budi yang luhur seluruh jajaran Asuransi memberikan pelayanan yang semakin baik dan profesional.

Menjaga persatuan dan kesatuan seluruh jajaran karyawan antara yang junior dan Senior bersama-sama mengusahakan kemajuan Sehingga menghasilkan reputasi puncak Sehingga memberikan kepuasan bagi Stakeholder dan berkontribusi bagi kejayaan dan kemakmuran bangsa.

Baca: PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero)

Baca: PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
Logo PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero).

Mars Jasindo :

  • (A) Asuransi Jasa Indonesia

Tanggap layani mitra kerja

Profesionalisme nyata terbina

Siapkan perlindungan prima

  • (B) Asuransi Jasa Indonesia

jaga kelangsungan kinerja

Demi terciptanya asa Negara

Sukses pembangunan bangsa

  • (C) Reff Wujudkan visi kita mendunia

Pimpin pasar kawasan

Menjadi kekuatan daya tangguh

Dalam mengembangkan usaha

  • (D1) Asuransi Jasa Indonesia

Gapailah cita-cita

Kembali ke : A,B,C

  • (D2) Asuransi Jasa Indonesia

Jaya senantiasa

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

Komisaris Utama

Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum.

Komisaris

Rimawan Pradiptyo, Ph.D

Dr. Yuli Harsono, Sh., Ll.M

Silvester Budi Agung

Dewan Direksi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

Direktur Utama & Direktur Keuangan dan Investasi

Didit Mehta Pariadi, S.E., M.M

Direktur Pengembangan Bisnis

Dr. Sahata L. Tobing, M.M., AAAIK

Direktur Operasional

Ricky Tri Wahyudi, S.T., M.B.A., AAAIK

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum

Linggarsari Suharso, Psi., M.Psi

Struktur organisasi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) :

stukrtur
Struktur PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero).

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
Alamat (pusat) Mulia Business Park Jl. Letnan Jendral MT Haryono Kav. 58 - 60 , 12780 PO BOX 4127 Pancoran - DKI Jakarta
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Asuransi
Kontak 021-7994508, 7987908 (Telp.) / Contact Center: 1500-073
Email contactcenter@asuransijasindo.co.id
Situs jasindo.co.id
Direktur utama Didit Mehta Pariadi, S.E., M.M


Sumber :


1. jasindo.co.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved