BMKG: Curah Hujan di Awal Tahun Masih Signifikan, Hujan Petir hingga Cuaca Ekstrem

BMKG memberikan peringatan kepada masyarakat terkait curah hujan yang masih signifikan di awal tahun 2020 ini.


zoom-inlihat foto
hujan-buatan.jpg
Pixabay
Ilustrasi seseorang memakai payung di tengah hujan.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan kepada masyarakat terkait curah hujan di awal tahun 2020.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan bahwa curah hujan di awal tahun masih cukup signifikan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dilansir Tribunnews.com, Sabtu (4/1/2020) potensi curah hujan yang cukup signifikan terjadi di Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, termasuk Kalimantan.

"Periode antara tanggal 5 -10 Januari ada indikasi potensi curah hujan yg cukup signifikan tidak hanya di wilayah Sumatra bagian selatan, tapi Jawa, Bali dan Nusa tenggara juga, termasuk di Kalimatan bagkan selatan, Sulawesi dan seterusnya," ujar Hary.

Wilayah Jabodetabek, Hary mengatakan curah hujan di bulan Januari di dominasi oleh curah hujan dengan intensitas tinggi, berbeda dengan curah hujan di bulan September tahun lalu.

"Intensitas tinggi itu di atas 300 mm/perbulan, bulan Februari dan Maret juga sama," ujarnya

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG tersebut mengimbau agar masyarakat memperhatikan intensitas hujan berdasarkan bulannya terlebih dahulu.

Hal tersebut perlu diketahui masyarakat sebelum mengetahui potensi bencana yang terjadi akibat intensitas hujan, seperti banjir dan longsor.

"Jadi yang diperhatikan masyarakat itu adalah intensitas bulanannya dulu. Setelah informasi bulanannya dapat, intensitas tinggi, saya berada dimana, daerah yang rentan, rentan apa, potensi genangan maupun banjir baru diturunkan," ujar Hary

Hary berharap masyarakat dapat tanggap dan peduli tentang potensi bencana yang dapat terjadi di lingkungannya dengan cara terus memperbaharui informasi yang diberikan BMKG.





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Diperiksa KPK Selama 5 Jam,

    Selama 5 jam diperiksa, Anies dicecar penyidik KPK
Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved