Pencuri Ikan dari Vietnam Beraksi, Nelayan Rindukan Susi Pudjiastuti Menjabat Kembali

Menenggelamkan kapal asing sudah tidak menjadi prioritas lagi, banyak kapal asing mulai melakukan illegal fishing di laut Indonesia.


zoom-inlihat foto
illegal-fishing-2.jpg
tribunnews.com
Beberapa kapal asing dari Vietnam kembali gencar melakukan illegal fishing di Indonesia setelah program penenggelaman kapal bukan prioritas utama Kementerian Kelautan dan Perikanan lagi.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kapal asing yang melewati laut Indonesia mendapat hukuman yang serius saat mereka hendak mencuri ikan di kelautan Indonesia.

Keputusan itu dibuat oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat masih menjabat.

Susi tidak segan-segan menenggelamkan pencuri ikan atau kapal yang melakukan illegal fishing yang masuk ke laut Indonesia.

Sudah 558 kapal ditenggelamkan oleh Susi Pudjiastuti selama ia menjabat menjadi Menteri selama 5 tahun.

Namun, setelah Susi Pudjiastuti diganti oleh Edhy Prabowo untuk memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, kebijakan menenggelamkan kapal asing sudah tidak menjadi prioritas lagi.

Edhy Prabowo menyebutkan bahwa aksi yang dilakukan oleh Susi Pudjiastuti merupakan opsi terakhir yang harus dilakukan kementerian setelah melakukan pengejaran dan penangkapan para nelayan illegal yang masuk ke perairan Indonesia.

Baca: Ratna Sarumpaet Bebas, Ibunda Atiqah Hasiholan Beri Komentar soal Prabowo Masuk Kabinet Jokowi

"Kalau kita mengejar pelanggar kapal yang masuk ke Indonesia, sudah ditangkap, sudah menyerah, lalu kenapa harus ditenggelamkan? Kan ada mekanisme hukum dan aturan yang sudah kita lakukan. Secara prinsip adalah bagaimana langkah ke depan, sikap kita untuk memanfaatkan sumber daya laut ini agar bermanfaat bagi masyarakat pesisir," Jelas Edhy Prabowo.

Setelah kebijakan Susi tentang penenggelaman kapal asing yang tidak lagi menjadi prioritas Edhy, kapal-kapal dari negara tetangga yang melakukan illegal fishing kembali marak.

Sebuah video pencurian ikan yang dilakukan oleh kapal berbendera Vietnam viral setelah seorang nelayan bernama Dedek Ardiansyah memergoki puluhan kapal Vietnam tersebut berlayar di peraian Indonesia untuk mencuri ikan.

Kapal-kapal Vietnam tersebut beraktifitas menggunakan kapal pukat gandeng (2 kapal 1 jaring), yang dimana kegiatan memancing dengan pukat ini dilarang di Indonesia karena dapat merusak karang dan dapat menjaring semua jenis ikan termasuk ikan-ikan yang masih kecil.

illegal fishing
Beredar video kepal asing melakukan illegal asing di perairan Indonesia.

Salah seorang nelayan bernama Sutrisno gelisah mendengar Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, tidak lagi memprioritaskan menenggelaman kapal karena aksi illegal fishing itu akan gencar dilakukan oleh kapal-kapal asing.

Menurutnya, kebijakan menenggelamkan kapal itu efektif mengurangi pencurian ikan dan membantu nelayan lokal mendapatkan pendapatan yang lebih banyak.

(TribunnewsWiki.Com/Restu,Tribunnews.com/Sally Siahaan)

 











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved