Sekitar 13.700 Anjing Dibunuh untuk Dikonsumsi di Solo, Pemprov akan Buat Aturan Larangan

Sekitar 13.700 anjing dibunuh dalam sebulan di Solo, Jawa Tengah. Gubernur Ganjar menyatakan bahwa anjing bukan binatang konsumsi


haerahr

Sekitar 13.700 Anjing Dibunuh untuk Dikonsumsi di Solo, Pemprov akan Buat Aturan Larangan
Pixabay.com
Sekitar 13.700 anjing dibunuh untuk dikonsumsi di daerah Jawa Tengah terkhusus Solo. Ganjar menyatakan bahwa anjing bukanlah hewan konsumsi / Foto Ilustrasi 


Sekitar 13.700 anjing dibunuh dalam sebulan di Solo, Jawa Tengah. Gubernur Ganjar menyatakan bahwa anjing bukan binatang konsumsi

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menginstruksikan seluruh pemerintah daerah untuk membuat peraturan larangan mengonsumsi daging anjing.

Melalui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, aturan larangan konsumsi daging anjing akan dibuat di daerah Jawa Tengah khususnya daerah Solo Raya.

Ganjar Pranowo melihat maraknya peredaran konsumsi daging anjing dan menyebut bahwa anjing bukanlah binatang untuk dikonsumsi.

"Kita mesti mendorong Pemerintah Kota Solo untuk membuat aturan yang tegas, DPRD-nya membuat regulasi yang melarang orang makan atau berjualan daging anjing," kata Ganjar, saat menerima Dog Meet Free Indonesia di kantornya, Selasa (3/12/2019), dalam laporan kontributor Kompas.com, (3/12/2019).

Sekitar 13.700 anjing dibunuh untuk dikonsumsi di daerah Jawa Tengah terkhusus Solo. Ganjar menyatakan bahwa anjing bukanlah hewan konsumsi
Sekitar 13.700 anjing dibunuh untuk dikonsumsi di daerah Jawa Tengah terkhusus Solo. Ganjar menyatakan bahwa anjing bukanlah hewan konsumsi / Foto Ilustrasi (Unsplash)

Anjing Bukanlah Binatang Konsumsi

Ganjar menyatakan bahwa anjing bukanlah binatang konsumsi.

Menurutnya, hal tersebut diatur dalam perundang-undangan, yaitu Undang-Undang No. 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Dalam Pasal (1) menerangkan bahwa anjing tidak termasuk dalam makanan konsumsi karena bukan merupakan sumber hayati produk peternakan, kehutanan, atau jenis lainnya.

"Undang-undang juga tidak membolehkan. Umpama beberapa kabupaten menginisiasi melarang, yang lain ikutan. Nanti biar kepala dinas memanggil dinas-dinas terkait," kata Ganjar.

Ganjar mengajak masyarakat yang terlanjur membuka warung olahan daging anjing untuk beralih dagang.





Halaman
123
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved