Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha Ungu)

Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha ungu adalah penyanyi dan politisi, yang kini mejabat sebagai Wakil Walikota Palu


Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha Ungu)
Tribunnews/Jeprima
Vokalis Band UNGU, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau lebih dikenal Pasha Ungu saat menggelar konferensi pers terkait kelahiran anak ketiganya dari Adelia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (7/12/2015) malam. Anak ketiga pasangan Pasha dan Adelia diberi nama Aliyan Akhtar Raja Sulaiman. 

Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha ungu adalah penyanyi dan politisi, yang kini mejabat sebagai Wakil Walikota Palu




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sigit Purnomo Syamsuddin Said lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, pada 27 November 1979.

Ia lebih dikenal dengan nama Pasha atau Pasha Ungu.

Hal itu tidak lepas dari karier Pasha sebagai vokalis band Ungu.

Meski telah berkarier di dunia musik cukup lama, Pasha Ungu terjun ke dunia politik.

Kini, Pasha menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu sejak 2016. (1)

Wakil Wali Kota Palu yang juga personil grup band Ungu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said (tengah berbaju batik Korpri), diserbu anak sekolah yang meminta berfoto saat menghadiri acara donasi bagi anak-anak korban gempa dan tsunami Palu, di di SD Negeri Palu, Sulawesi Tengah, Senin (17/12/2018). Vokalis yang akrab disapa Pasha Ungu tersebut tidak kehilangan aura keartisannya meski sekarang telah menjadi pejabat publik.
Wakil Wali Kota Palu yang juga personil grup band Ungu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said (tengah berbaju batik Korpri), diserbu anak sekolah yang meminta berfoto saat menghadiri acara donasi bagi anak-anak korban gempa dan tsunami Palu, di di SD Negeri Palu, Sulawesi Tengah, Senin (17/12/2018). Vokalis yang akrab disapa Pasha Ungu tersebut tidak kehilangan aura keartisannya meski sekarang telah menjadi pejabat publik. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Baca: Emil Dardak

  • Karier


Sebelum bergabung dengan Ungu, Pasha sebelumnya telah muncul di dunia hiburan Indonesia.

Kala itu, dirinya berkarier sebagai model.

Sebelum bergabung dengan band, ia sudah muncul di beberapa iklan televisi dan bermain sinetron.

Kemampuan vokal Pasha memang telah terlihat sejak kecil.

Pada masa tersebut dirinya menjadi juara II lomba adzan se-Sulawesi Tengah.

Sejak kecil anak kelima dari sepuluh bersaudara ini, senang melantunkan adzan dan ayat-ayat suci Alquran.

Pasha sempat kuliah di ABA-ABI.

Namun akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih berkarier di dunia musik.

Tahun 2008, Pasha terjun ke dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan label bernama Monash bersama sahabatnya, Inong.

Proyek pertamanya adalah band baru bernama Michael Says. (2)

Aksi panggung personil band Ungu tampil menghibur penggemarnya dalam konser Clas Sound Sation yang di gelar di stadion Andi Matalatta, Sabtu (13/12). Group band yang diperkuat Rowman (drum), Oncy (gitar), Enda (gitar), Makki (Bassis) dan Pasha (vokal) membawakan sejumlah lagu hits mereka seperti Cinta Gila, Melayang, Bayang Semu dan beberapa lagu baru yang akan diluncurlkan.
Aksi panggung personil band Ungu tampil menghibur penggemarnya dalam konser Clas Sound Sation yang di gelar di stadion Andi Matalatta, Sabtu (13/12). Group band yang diperkuat Rowman (drum), Oncy (gitar), Enda (gitar), Makki (Bassis) dan Pasha (vokal) membawakan sejumlah lagu hits mereka seperti Cinta Gila, Melayang, Bayang Semu dan beberapa lagu baru yang akan diluncurlkan. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Baca: Pegawai Negeri Sipil (PNS)

  • Politik


Pasha mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Wali Kota Palu ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu, Senin, 27 Juli 2015.

Ia maju sebagai Wakil Wali Kota Palu mendampingi calon Wali Kota Palu Hidayat, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tengah.

Pasangan ini diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Nama Pasha sendiri sebenarnya sudah muncul untuk pemilihan kepada daerah Palu sejak satu tahun sebelumnya.

Pasha pun tidak menampiknya.

Ketika itu, Pasha mengatakan kaum muda sudah layak untuk memimpin Kota Palu agar berkembang dan dikenal secara nasional.

Kini Pasha tengah menjabat sebagai Wakil Walikota Palu sejak 2016. (1)

Wakil Wali Kota Palu yang juga personil grup band Ungu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said (dua kanan), diserbu anak sekolah yang meminta bersalaman saat menghadiri acara donasi bagi anak-anak korban gempa dan tsunami Palu, di di SD Negeri Palu, Sulawesi Tengah, Senin (17/12/2018). Vokalis yang akrab disapa Pasha Ungu tersebut tidak kehilangan aura keartisannya meski sekarang telah menjadi pejabat publik.
Wakil Wali Kota Palu yang juga personil grup band Ungu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said (dua kanan), diserbu anak sekolah yang meminta bersalaman saat menghadiri acara donasi bagi anak-anak korban gempa dan tsunami Palu, di di SD Negeri Palu, Sulawesi Tengah, Senin (17/12/2018). Vokalis yang akrab disapa Pasha Ungu tersebut tidak kehilangan aura keartisannya meski sekarang telah menjadi pejabat publik. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Baca: Mochammad Ridwan Kamil

  • Kehidupan Pribadi


Pasha menikah dengan Okie Calerista Agustina Sofyan atau yang biasa disapa dengan Okie Agustina pada tahun 2003.

Dari pernikahannya tersebut, Pasha dikaruniai tiga orang anak, Kisya Alvaro Putra Sigit, Shakinah Azalea Napasha, Nasha Anaya Putri Valentina Pasha.

Bertahun-tahun menjalin rumah tangga, Okie mengajukan gugatan cerai kepada Pasha di Pengadilan Agama Bogor, Jawa Barat pada 20 November 2008.

Saat mengajukan gugatan cerai tersebut, Okie sedang dalam keadaan mengandung.

Pada tanggal 20 Januari 2009, hakim di Pengadilan Agama Bogor, Jawa Barat akhirnya resmi mengabulkan gugatan cerai Okie terhadap Pasha.

Dengan demikian perjalanan rumah tangga keduanya resmi berpisah.

Bertepatan pada hari Valentine tahun 2009, mantan istri Pasha, Okie melahirkan anak mereka yang ketiga di Rumah Sakit Ibu & Anak Hermina - Bogor.

Selang beberapa tahun, Pasha Ungu menemukan tambatan hatinya.

Pasha menikah dengan Adelia Wilhelmina pada tanggal 27 Maret 2011.

Pasha dikarunai anak pertama dari Adelia yakni Dewa Hikari Zaidan Ibrahim pada tanggal 22 Desember 2011.

Pada tanggal 17 Agustus 2013, Pasha dikarunai anak kedua dari Adelia, bernama Sakha Dyandra Sultan Yusuf.

Setelahnya lahir anak ketiga Pasha dari Adelia pada tanggal 7 Desember 2015. Ia diberi nama Aliyan Akhtar Raja Sulaiman.

Anak keempatnya, Princess Kayla Mutiara Pasha, lahir pada tanggal 21 April 2017. (2)

Istri dari Pasha Ungu, Adelia Pasha saat menghadiri acara Seleb On News Berbagi di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2016). Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap anak anak yatim sekaligus upaya mendekatkan program infotainment MNCTV Seleb On News dan para artis dengan masyarakat.
Istri dari Pasha Ungu, Adelia Pasha saat menghadiri acara Seleb On News Berbagi di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2016). Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap anak anak yatim sekaligus upaya mendekatkan program infotainment MNCTV Seleb On News dan para artis dengan masyarakat. (Tribunnews/Jeprima)

  • Diskografi


Ungu

  • Laguku (2002)
  • Tempat Terindah (2003)
  • Melayang (2005)
  • SurgaMu (2006)
  • Untukmu Selamanya (2007)
  • Para Pencari Mu (2007)
  • Aku dan Tuhanku (2008)
  • Penguasa Hati (2009)
  • Maha Besar (2009)
  • 1000 Kisah Satu Hati (2010)
  • Timeless (2012)
  • Ruang Hati (2013)
  • Mozaik (2015) (1)
Kelompok Band Ungu menghibur ratusan fansnya di Entertainment Plaza (EP) di kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Sabtu (25/11/2017) dini hari. Vokalis band tersebut yang juga Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau akrab dipanggil Pasha, masih menjadi magnet bagi para penonton, yang sebagian besar dari kalangan kaum hawa.
Kelompok Band Ungu menghibur ratusan fansnya di Entertainment Plaza (EP) di kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Sabtu (25/11/2017) dini hari. Vokalis band tersebut yang juga Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau akrab dipanggil Pasha, masih menjadi magnet bagi para penonton, yang sebagian besar dari kalangan kaum hawa. (TRIBUN JATENG/A Prianggoro )

  • Filmografi dan Iklan


Film

  • Purple Love (2011)
  • Get Up Stand Up (2016)
  • Kaili The Movie (2017)

Iklan

  • Relaxa (Bersama Ungu) (2005)
  • "Suzuki" (Bersama Ungu) (2007)
  • "Nexian" (Bersama Ungu) (2007)
  • Telkomsel (Bersama Ungu) (2007)
  • Garnier Men (Bersama Ungu) (2011)
  • Sarimi (Bersama Ungu) (2011)
  • KFC (Bersama Ungu) (2012) (1)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Ahmad Nur R)



Nama Lengkap Sigit Purnomo Syamsuddin Said
Nama Populer Pasha
Dikenal Sebagai Politisi
Penyanyi
Tanggal Lahir Donggala, Sulawesi Tengah, 27 November 1979
Pasangan (istri) Adelia Wilhelmina
Band Ungu
Partai Saat Ini PAN
Jabatan Saat Ini Wakil Walikota Palu


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. makassar.tribunnews.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved