Alasan Terpilihnya Film Kucumbu Tubuh Indahku Mewakili Indonesia di Academy Awards 2020

Sebelum tayang di bioskop, Film Kucumbu Tubuh Indahku sudah menjadi kontroversi bahkan muncul sebuah petisi untuk memboikot film tersebut.


zoom-inlihat foto
kucumbu-tubuh-indahku-kjbdasjud.jpg
(IMDb/Fourcolours Films)
Poster Film Kucumbu Tubuh Indahku.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Garin Nugroho sebagai sutradara Indonesia menyebutkan jika anggota Komite Seleksi Film Indonesia (KSFI) merupakan orang yang pemberani.

Dikutip dari Kompas.com, pilihan KSFI jatuh pada film karyanya Kucumbu Tubuh Indahku, dalam mewakili Indonesia di ajang Academy Awards 2020 yang dikenal dengan nama Oscar.

"Keputusan yang berani dan mengikutkan karena tema yang sensitif, namun juga membuka ruang diskusi penghormatan ke keberagaman budaya," kata Garin saat dihubungi, Selasa (17/9/2019).

Sebelum tayang di bioskop, Film Kucumbu Tubuh Indahku sudah menjadi kontroversi bahkan muncul sebuah petisi untuk memboikot film tersebut agar tidak tayang di beberapa kota.

Petisi terbut berjudul 'Gawat! Indonesia Sudah Mulai Memproduksi Film LGBT dengan Judul Kucumbu Tubuh Indahku'.

Christine Hakim sebagai ketua KSFI memberikan alasan mengapa film tersebut dipilih untuk mewakili Indonesia di piala Oscar.

Baca: Baru Trailer, Film The Santri Sudah Diprotes, Menantu Habieb Rizieq: Tak Cerminkan Ahlak Santri

Baca: Ikuti Jejak Daun di Atas Bantal, Kucumbu Tubuh Indahku Garapan Garin Nugroho Lolos Seleksi Oscar

Berdasarkan kesepakatan 13 anggota KSFI, film Kucumbu Tubuh Indahku murni sebuah karya film.

"Saya pikir waktu itu protesnya agak salah alamat seharusnya protesnya ke badan sensor atau LSF (Lembaga Sensor Film)," kata Christine di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

"Pure kami pilih karena secara pertimbangan film making-nya. Bagaimana menggambarkan kaya sekali idiom-idiom yang disampaikan film itu," sambungnya.

Christine menambahkan jika film tersebut tidak hanya menampilkan bahasa gambar dan bertutur, namun juga menggunakan bahasa rasa dan bahasa batin.

Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body) merupakan karya film terbaru dari maestro Garin Nugroho yang mengisahkan tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger.(IVY LEAGUE MUSIC)
Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body) merupakan karya film terbaru dari maestro Garin Nugroho yang mengisahkan tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger.(IVY LEAGUE MUSIC) (IVY LEAGUE MUSIC)










KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved