Serahkan Mandat ke Presiden, Agus Rahardjo: KPK Rasanya seperti Dikepung dari Berbagai Macam Sisi

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan bahwa KPK seperti sedang dikepung dari berbagai macam sisi oleh pihak yang ingin melemahkan lembaga antirasuah itu


Serahkan Mandat ke Presiden, Agus Rahardjo: KPK Rasanya seperti Dikepung dari Berbagai Macam Sisi
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ketua KPK, Agus Rahardjo (keempat kanan) bersama Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif (ketiga kanan) dan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (keempat kiri) memberikan keterangan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). Dalam keterangannya, ketiga pimpinan KPK menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo terkait menyikapi sejumlah serangan terhadap KPK belakangan ini. 


Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan bahwa KPK seperti sedang dikepung dari berbagai macam sisi oleh pihak yang ingin melemahkan lembaga antirasuah itu

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, mengatakan bahwa lembaganya seperti sedang dikepung dari berbagai sisi.

Dia juga merasa khawatir atas nasib lembaga antirasuah yang makin mencemaskan itu.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (13/9/2019), hal tersebut disampaikan oleh Agus ketika pimpinan KPK memutuskan untuk menyerahkan mandat pengelolaan KPK ke Presiden Joko Widodo.

“Kami sangat prihatin kondisi pemberantasan korupsi semakin mencemaskan. Kemudian, KPK rasanya seperti dikepung dari berbagai macam sisi,” kata Agus dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/9/2019) malam.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa penyerahan mandat terkait revisi Undang-Undang tentang KPK yang dia nilai mencemaskan.

Terlebih pembahasan UU KPK dinilai oleh para pimpinan KPK dilakukan secara tersembunyi.

“Yang sangat kami prihatin dan mencemaskan adalah RUU KPK. Karena sampai hari ini, kami draf yang sebetulnya saja tidak tahu,” ucap Agus Rahardjo.

“Rasanya membacanya seperti sembunyi-sembunyi. Saya juga dengar rumor dalam waktu yang sangat dekat akan kemudian diketok, disetujui,” kata dia.

Baca: Undur Diri dari Pimpinan KPK, Saut Situmorang Tulis Surat Sebut 9 Nilai KPK hingga Novel Baswedan

Baca: 6 Kontroversi Irjen Firli Bahuri, Ketua KPK Terpilih: Ditolak 500 Pegawai KPK, Punya Harta Rp 18 M

Tiga pimpinan KPK serahkan mandat ke Presiden4
SAVE KPK - Massa aksi dari BEM Fakultas Hukum dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Widyagama Malang memegang poster dalam aksi demontrasi menolak revisi Undang-undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di depan Balai Kota Malang, Kamis (12/9/2019). Massa aksi menolak Revisi UU No 30 Tahun 2002 Tentang KPK yang telah disetujui DPR dan Presiden karena dinilai akan melemahkan KPK. (SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)

Sebagai pimpinan, kata Agus, ia kerapkali tak bisa menjawab saat ditanya pegawai KPK soal revisi UU KPK tersebut.

Sebab, pimpinan juga tak tahu seperti apa isi draf resmi revisi UU KPK.





Halaman
1234
Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved