Cengkih Ternyata Bisa Membantu Redakan Sakit Gigi, Begini Cara Menggunakannya

Cengkih, rempah-rempah dengan aroma yang menyengat ternyata bisa membantu meredakan sakit gigi.


zoom-inlihat foto
cengkih-bis-meredakan-sakit-gigi.jpg
TribunLampung/HO
Distan Pesbar Upaya Tingkatkan Produksi Bunga Cengkih di Kabupaten Pesisir Barat


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Cengkih, rempah-rempah dengan aroma yang menyengat ternyata bisa membantu meredakan sakit gigi.

Sakit gigi sendiri merupakan penyakit umum yang bisa dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang kurang menjaga kebersihan giginya.

Sakit gigi kerap mengganggu aktivitas sehari-hari, sebab ketika sedang sakit gigi biasanya orang akan cenderung malas untuk makan.

Penyebab sakit gigi juga beragam, mulai dari gigi berlubang, gigi patah, gigi tanggal, atau karena bakteri yang menyebabkan pembusukan pada gigi.

Dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Senin (9/9/2019), sebenarnya banyak obat tradisional yang bisa membantu meredakan sakit gigi, salah satunya adalah cengkih.

Selain sebagai bumbu makanan dan bahan baku rokok kretek, cengkih yang mengandung zat eugenol ternyata sering digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi.

Baca: 6 Manfaat Luar Biasa Buah Tomat, dari Cegah Kanker hingga Depresi

Minyak esensial dari cengkih memiliki fungsi anestetik dan antimicrobial.

Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi.

Sebuah studi tahun 2006 di Universitas Kuwait menemukan bahwa minyak cengkeh bekerja sama dengan anestetik lokal benzocaine untuk meredakan rasa sakit gigi.

Dalam jurnal “A comparative study of antiplaque and antigingivitis effect of herbal mouthrinse containing tea tree oil, clove and basil with commercially available essential oil mouthrinse” membandingkan efektivitas herbal pembilas mulut yang mengandung cengkeh, basil, dan minyak pohon teh dengan minyak esensial pembilas mulut atau obat kumur yang dijual di pasaran.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved