Partai Nasional Demokrat (NasDem)

Partai Nasional Demokrat atau Partai NasDem adalah partai politik yang didukung oleh Surya Dharma Paloh atau Surya Paloh.


zoom-inlihat foto
nasdem.jpg
https://www.partainasdem.id
Surya Dharma Paloh, Ketua Umum DPP Partai NasDem

Partai Nasional Demokrat atau Partai NasDem adalah partai politik yang didukung oleh Surya Dharma Paloh atau Surya Paloh.




  • Sejarah


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tonggak sejarah Partai Nasional Demokrat atau dikenal sebagai Partai NasDem dimulai dengan diadakan Kongres I Partai NasDem pada 25-26 Januari 2013 di Jakarta.

Kongres I Partai NasDem diikuti 66 orang mewakili 33 DPW, 994 orang mewakili 497 DPD, 9 orang mewakili Majelis Tinggi, dan 2 orang anggota Dewan Pakar.

Kongres juga dihadiri 800 orang peninjau dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada sidang pleno 25 Januari 2013 pukul 23.00 WIB, Surya Paloh terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem periode 2013-2018.

Keputusan tersebut disetujui oleh seluruh 33 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), 497 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan empat organisasi sayap (Gerakan Massa Buruh, Liga Mahasiswa, Badan Avokasi Hukum, dan Petani NasDem).

Kongres tersebut memberi mandat pada Surya Paloh untuk menyusun kepengurusan dan perangkat partai paling lambat 14 hari sejak terpilih sebagai Ketua Umum.

Kongres juga memberi mandat penuh kepada Dewan Pimpinan Pusat di bawah kepemimpinan Surya Paloh untuk menetapkan strategi dan kebijakan guna memenangi Pemilihan Umum Legislatif 2014. (1)

Baca: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Baca: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)


Partai NasDem dideklarasikan kelahirannya pada 26 Juli 2011 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Partai NasDem didaftarkan ke Kemeterian Hukum dan Hak-hak Asasi Manusia pada bulan Maret 2011 untuk mendapatkan status resmi sebagai badan hukum.

Lolos Verifikasi Administrasi

Setelah resmi menjadi partai, NasDem terus berupaya memenuhi persyaratan sebagaimana telah diatur dalam undang-undang untuk menjadi partai peserta pemilu.

Partai NasDem mengajukan berkas administrasi kepartaian ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Partai NasDem adalah satu dari 34 parpol yang lolos dari total 46 parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2014 di KPU. 

Pada Minggu 28 Oktober 2012 malam, Partai NasDem merupakan partai baru yang menjadi bagian dari 16 partai yang lolos maju ke tahap verifikasi faktual.

Verifikasi faktual adalah tahap verifikasi langsung KPU ke lapangan untuk mengecek infrastruktur partai politok di setiap daerah disesuaikan dengan hasil verifikasi administrasi.

Lolos Verifikasi Faktual

Senin 7 Januari 2013 KPU Partai NasDem dinyatakan lolos dalam memenuhi persyaratan verifikasi faktual tingkat pusat oleh KPU sebagaimana diatur dalam UU Pemilu Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu. 

Partai NasDem memenuhi semua syarat verifikasi faktual di seluruh provinsi, dengan bukti-bukti, diantaranya:

  • Memiliki kepengurusan seperti Ketua, Bendahara, dan Sekretaris Jenderal
  • Memiliki lebih dari 30% anggota perempuan
  • Memiliki kantor yang digunakan sampai akhir Pemilu 2014
  • Partai NasDem adalah satu-satunya partai baru yang lolos sebagai peserta Pemilu 2014. Itu berarti Partai NasDem berhak mengikuti pemilu untuk pertama kalinya pada 2014.

Keputusan KPU tersebut dinyatakan dalam hasil dari rapat pleno terbuka di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin 7 Januari 2013.

Rapat pleno dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan KPU tingkat provinsi se-Indonesia, dan pemantau Pemilu.

Bahkan Partai NasDem membuat sejarah mendapatkan nomor urut 1 sebagai peserta Pemilu 2014. (1)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh ketika melaksanakan safari politik di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) (06/04/2019)
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh ketika melaksanakan safari politik di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) (06/04/2019) (partainasdem.id)


Visi Partai NasDem

Indonesia yang merdeka sebagai negara bangsa, berdaulat secara ekonomi, dan bermartabat dalam budaya.

Misi Partai NasDem

  1. Membangun Politik Demokratis Berkeadilan berarti menciptakan tata ulang demokrasi yang membuka partisipasi politik rakyat dengan cara membuka akses masyarakat secara keseluruhan. Mengembangkan model pendidikan kewarganegaraan untuk memperkuat karakter bangsa, serta melakukan perubahan menuju efisiensi sistem pemilihan umum. Memantapkan reformasi birokrasi untuk menciptakan sistem pelayanan masyarakat. Melakukan reformasi hukum dengan menjadikan konstitusi UUD 1945 (Undang-Undang Dasar tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima) sebagai kontrak politik kebangsaan.
  2. Menciptakan Demokrasi Ekonomi melalui tatanan demokrasi ekonomi maka tercipta partisipasi dan akses masyarakat dalam kehidupan ekonomi negara, termasuk di dalamnya distribusi ekonomi yang adil dan merata yang akan berujung pada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dalam mewujudkan cita-cita ini maka perlu untuk mendorong penciptaan lapangan kerja, sistem jaminan sosial nasional, penguatan industri nasional, serta mendorong kemandirian ekonomi di tingkat lokal.
  3. Menjadikan Budaya Gotong Royong sebagai karakter bangsa. Dalam mewujudkan ini maka sistem yang menjamin terlaksananya sistem pendidikan nasional yang terstruktur dan menjamin hak memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan yang menciptakan solidaritas dan soliditas nasional, sehingga seluruh rakyat Indonesia merasakan cita rasa sebagai sebuah bangsa dan menjadikan gotong royong sebagai amalan hidup keseharian. Kebudayaan ini akan menciptakan karakter bangsa yang bermartabat dan menopang kesiapan Negara dalam kehidupan global. (2)

  • Tujuan


Partai NasDem bertujuan mewujudkan masyarakat yang demokratis, berkeadilan dan berkedaulatan.

Tujuan Partai Politik (UU No. 2/2008 pasal 10) :

Tujuan umum Partai Politik adalah:

  1. Mewujudkan cita-cita nasional bartgsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan
  4. Mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tujuan khusus Partai Politik adalah :

  1. Meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan;
  2. Memperjuangkan cita-cita Partai Politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; dan
  3. Membangun etika dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan semangat kebangsaan Partai berfungsi untuk:

  1. Memperkuat kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Mewujudkan negara kesejahteraan sesuai mandat konstitusi.
  3. Mengembangkan kehidupan politik kebangsaan yang demokratis, partisipatif dan beradab.
  4. Menciptakan tatanan perekonomian dengan prinsip Demokrasi Ekonomi.
  5. Menegakkan keadilan sosial dan kedaulatan hukum.
  6. Memenuhi hak asasi manusia dan hak warga negara Indonesia.
  7. Mengembangkan kepribadian bangsa yang luhur dan kehidupan sosial budaya yang egaliter berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. (2)
Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Tengah IV nomor urut 6, Livy Andriani menyelenggarakan pagelaran seni Reog di Desa Kutokerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (05/04/2019).
Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Tengah IV nomor urut 6, Livy Andriani menyelenggarakan pagelaran seni Reog di Desa Kutokerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (05/04/2019). (partainasdem.id)

  • Fungsi dan Tugas


Fungsi (AD Partai NasDem pasal 9) :

Dengan semangat kebangsaan Partai berfungsi untuk:

  1. Memperkuat kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Mewujudkan negara kesejahteraan sesuai mandat konstitusi.
  3. Mengembangkan kehidupan politik kebangsaan yang demokratis, partisipatif dan beradab.
  4. Menciptakan tatanan perekonomian dengan prinsip Demokrasi Ekonomi.
  5. Menegakkan keadilan sosial dan kedaulatan hukum.
  6. Memenuhi hak asasi manusia dan hak warga negara Indonesia.
  7. Mengembangkan kepribadian bangsa yang luhur dan kehidupan sosial budaya yang egaliter berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

Tugas (UU No. 2/2008 pasal 11) :

Partai Politik berfungsi sebagai sarana:

  1. Pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  2. Penciptaan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat
  3. Penyerap, penghimpun, dan penyalur aspirasi politik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara
  4. Partisipasi politik warga negara Indonesia, dan
  5. Rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan politik melalui mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender.(2)
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati NasDem Aceh melakukan ziarah ke makam Malahayati, Jumat (08/12/2017) dalam rangka memperingati Hari Ibu.
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati NasDem Aceh melakukan ziarah ke makam Malahayati, Jumat (08/12/2017) dalam rangka memperingati Hari Ibu. (partainasdem.id)

  • Susunan Kepemimpinan


Berikut merupakan susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem :

Ketua Umum : Surya Paloh

Ketua Bid. Pemenangan Pemilu : A. Effendy Choirie

Ketua Bid. Organisasi,Kaderisasi, dan Keanggotaan : Sri Sajekti Sudjunadi

Ketua Bid. Media dan Komunikasi Publik : Willy Aditya

Ketua Bid. Pendidikan Politik dan Kebudayaan : Nining Indra Shaleh

Ketua Bid. Politik dan Pemerintahan : Viktor Bungtilu Laiskodat

Ketua Bid. Hukum, Advokasi dan HAM : Taufik Basari

Ketua Bid. Otonomi Daerah : Hayono Isman

Ketua Bid. Pertanian dan Maritim : Nurul Almy Hafild

Ketua Bid. Pertahanan dan Keamanan : Supiadin Aries Saputra

Ketua Bid. Energi, SDA dan Lingkungan Hidup : Zulfan Lindan

Ketua Bid. Agama dan Masyarakat Adat : Hasan Aminuddin

Ketua Bid. Hubungan Luar Negeri : H. P. Martin Yudi Manurung

Ketua Bid. Ekonomi : Rachmat Gobel

Ketua Bid. Kesehatan, Perempuan dan Anak : Amelia Anggraini

Ketua Bid. Industri, Perdagangan dan Tenaga Kerja : Irma Suryani

Ketua Bid. Olahraga, Pemuda dan Mahasiswa : Prananda Surya Paloh

Sekretaris Jendral :  Johnny G. Plate

Wasekjen Bid. Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi: Hermawi Taslim

Wasekjen Bid. Internal dan Kesekretariatan: Siar Anggretta Siagian

Wasekjen Bid. Renlitbang: Dedy Ramanta

Wasekjen Bid. Eksternal: Yulisa Baramuli

Bendhara Umum : AhmadHI. Ali

Waben Bid. Penggalangan Dana: Lusyani Suwandi

Waben Bid. Pengelolaan Aset: Joice Triatman. (3)

  • Lambang


Lambang Partai NasDem dan arti adalah sebagai berikut :

Lambang Partai NasDem
Lambang Partai NasDem (Facebook/OfficialNasDem)
  • Lambang Partai NasDem berbentuk lingkaran biru yang dibalut dengan warna jingga.
  • Lambang yang sederhana bertujuan agar mudah diingat dan digambar sebagai simbol gerakan perubahan.
  • Lingkaran biru merupakan simbol perputaran yang dinamis sebagai semangat dan harapan baru, keterbukaan, dan ketegasan dengan memiliki tujuan nyata.
  • Balutan warna jingga yang membentuk seperti tangan memeluk merupakan simbol dari kebersamaan, keutuhan dalam bergerak, dan semangat pembaruan yang siap menampung aspirasi. (4(TribunnewsWiki.com/Maghita Primastya)


Alamat Jl. RP. Soeroso No. 44, Gondangdia Lama, Jakarta 10350
Telepon 021? 3929801
Fax 021? 31927288
Website https://www.partainasdem.id/
Sosial Media
Instagram @official_nasdem
Twitter @NasDem
YouTube NasDem TV
Facebook @OfficialNasDem


Sumber :


1. www.partainasdem.id
2. partainasdemsulawesiutara.blogspot.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved