Siap Dipensiunkan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Pamitan dan Memohon Maaf

Mendagri Tjahjo Kumolo memohon maaf dan pamit secara resmi setelah melantik pejabat di lingkungan DKPP pada Kamis (15/8/2019).


Siap Dipensiunkan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Pamitan dan Memohon Maaf
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo memberikan keterangan mengenai pulau yang belum mempunyai nama di Kementerian Pertahanan RI, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017). Mantan Anggota DPR RI Fraksi PDIP itu menegaskan harus dinamakan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. 


Mendagri Tjahjo Kumolo memohon maaf dan pamit secara resmi setelah melantik pejabat di lingkungan DKPP pada Kamis (15/8/2019).

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memohon maaf dan pamit setelah melantik pejabat di lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (15/8/2019).

Dikutip dari Kompas, Kamis (15/8/2019), dalam sambutannya Tjahjo Kumolo meminta maaf atas semua kesalahannya setelah hampir lima tahun menjabat sebagai Mendagri.

“Saya mohon maaf selama hampir 5 tahun kurang 1,5 bulan ini ada hal-hal yang kurang berkenan, berbagai sikap, pernyataan, kebijakan,” kata Tjahjo dalam sambutannya.

Tjahjo Kumolo bahkan menyampaikan pamit secara resmi dalam sambutan itu, mengingat bahwa tugasnya akan segera selesai dalam beberapa hari terakhir ini.

“Ini pamitan saya resmi, mungkin tidak bisa bertemu karena akan selesainya masa tugas Kabinet Kerja 1. Untuk selanjutnya, mari kita tunggu tanggal mainnya, bagaimana komposisi kabinet berikutnya,” kata Tjahjo.

Baca: Kata KontraS Soal Dugaan Keterlibatan Kivlan Zen dan Wiranto dalam Kasus Pelanggaran HAM Berat

Baca: Jokowi Buka-bukaan Soal Kabinet Kerja Jilid II, Mulai dari Kementerian Baru sampai Menteri Muda

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa dirinya memegang prinsip TNI dalam menjalani hidupnya, yaitu taat pada instruksi.

Ia mengatakan bahwa dirinya siap jika tidak dipercaya lagi untuk mengemban amanah sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Nantinya, meski dipensiunkan, Tjahjo mengaku dirinya akan tetap mendukung pemerintahan.

Tjahjo Kumolo juga menyampaikan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta DKPP atas kerja sama selama lima tahun ke belakang.

Apa lagi dalam lima tahun tersebut, hampir tiga tahun di antaranya waktunya lebih banyak dihabiskan bersama Komisi II DPR.

Mulai dari pansus untuk menyusun UU Pemilu selama dua tahun serta pilkada serentak yang berlangsung sebanyak tiga kali.

Termasuk juga sinergi antara pihaknya dan kepolisian, TNI, dan Gakumdu yang telah berjalan baik.

“Saya kira prestasi kebersamaan untuk persiapan jangka pendek pilkada serentak 2020 dan 2024 sebagaimana ketentuan UU dan dalam rangka mempersiapkan pilpres dan pileg tahun 2024,” ujarnya.

  (TribunnewsWIKI/Widi Hermawan)

Jangan lupa subscribe kanal Youtube TribunnewsWIKI Official





Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved