5 Cara Sederhana Kurangi Pemanasan Global, dari Pakai Angkutan Umum hingga Daur Ulang

Pemanasan global menjadi permasalahan yang semakin serius. Pemanasan global bahkan menjadi isu lingkungan terbesar di seluruh dunia.


5 Cara Sederhana Kurangi Pemanasan Global, dari Pakai Angkutan Umum hingga Daur Ulang
Barni1/Pixabay
Ilustrasi es di sebuah desa di Greenland mencair karena pemanasan global. 


Pemanasan global menjadi permasalahan yang semakin serius. Pemanasan global bahkan menjadi isu lingkungan terbesar di seluruh dunia.

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pemanasan global menjadi permasalahan yang semakin serius bahkan menjadi isu lingkungan terbesar di seluruh dunia.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada Selasa (21/5/2019), peningkatan air laut secara global dapat terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hal itu dikarenakan melelehnya es di Greenland dan Antartika seperti yang dilansir bbc.com.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com dan bbc Kamis (15/8/2019), salah seorang peneliti pada kajian tersebut, Profesor Michael Oppenheimer mengatakan bahwa kenaikan air laut yang cepat akan berdampak pada sekitar 50 juta orang yang hidup dan tinggal di kawasan pantai yang rendah.

“Ini tidak terjadi secara serta merta menenggelamkan seluruh kota tersebut, tetapi akan dimulai dengan terbenamnya bagaian-bagian penting kota itu,” kata Profesor Oppenheimer seperti dikutip dari bbc.com.

Di lain sisi, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan bahwa es yang meleleh dan meningkatnya permukaan air laut disebabkan oleh peningkatan temperatur akibat kegiatan manusia.

Sebelumnya, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Paris, para pemimpin di dunia sepakat untuk menekan tingkat pemanasan global di bawah kritis yakni sebesar 1,5 derajat celcius.

Baca: Pemanasan Global, 127 Miliar Ton Es di Gunung Es Greenland Mencair

Bagi masyarakat awam, sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk ikut berkontribusi dalam upaya pengurangan pemanasan global tersebut. 

Cara-cara tersebut di antaranya:

1. Menggunakan Angkutan Umum





Halaman
123
Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved