Hari Ini dalam Sejarah: 21 Juli 1861 Terjadinya Pertempuran Pertama Bull Run

Pada 21 Juli 1861 terjadi Pertempuran Bull Run Pertama yang merupakan perang darat terbesar dan menjadi bagian dalam perang saudara di Amerika.


Hari Ini dalam Sejarah: 21 Juli 1861 Terjadinya Pertempuran Pertama Bull Run
Instagram.com/@mr.h_hi
First Battle of Bull Run (21/7/1861) 

Pada 21 Juli 1861 terjadi Pertempuran Bull Run Pertama yang merupakan perang darat terbesar dan menjadi bagian dalam perang saudara di Amerika.




  • Sekilas


TRIBUNNEWSWIKI.COMFirst Battle of Bull Run (Pertempuran Bull Run pertama) juga dikenal sebagai First Battle of Manassas (Pertempuran Manassas pertama) terjadi pada 21 Juli 1861 merupakan bagian dari perang saudara di Amerika.

First Battle of Bull Run (pertempuran pertama Bull Run) merupakan pertempuran besar pertama yang terjadi di Manassas, Virginia.

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah: 19 Juli The Seneca Falls Convention Diselenggarakan

Baca: Uji Coba Senjata Nuklir Pertama Kali oleh Amerika

Baca: Walter Elias Disney (Walt Disney)

Perang saudara ini membagi Amerika kedalam dua kubu, yaitu kubu utara dan kubu selatan.

Kubu utara disebut sebagai Pasukan Union yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Irvin McDowell.

Sedangkan kubu selatan yang merupakan pasukan Konfederasi, dipimpin oleh Brigadir Jenderal Joseph E. Johnston dan Jenderal P.G.T. Beauregard. (1)

  • Latar Belakang


Pada 15 April 1861, sehari setelah pasukan militer North Carolina menyerang dan merebut Fort Sumter di Charleston Harbor, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan proklamasi yang menyatakan pemberontakan terhadap hukum Amerika Serikat.

Sebelumnya, Carolina Selatan (North Carolina) dan tujuh negara bagian selatan lainnya telah menyatakan memisahkan diri dari union dan kemudian membentuk Negara-negara Konfederasi Amerika.

Menyusul kemudian Virginia yang ikut memisahkan diri dan bergabung dengan negara-negara konfederasi.

Setelah Pertempuran Fort Sumter, ibukota Uni di Washington D.C., memperkuat pertahanan dan mengamankan jalur kereta api dengan utara yang melewati Baltimore, melalui jalur kereta api Baltimore dan Ohio (B&O).

Jalur kereta api penting Washington lainnya adalah Orange dan Alexandria yang membentang ke barat daya ke Lynchburg, Virginia.

Robert E. Lee, pemimpin pasukan negara bagian Virginia, enggan menjadi penyerang dalam konflik yang meluas dan menahan diri untuk tidak menyerang Washington atau mendukung simpatisan Konfederasi di Baltimore.

Presiden Amerika Serikat saat itu, Abraham Lincoln telah mengumumkan blokade pelabuhan Konfederasi pada 19 April.

Lincoln menyerukan 42.000 sukarelawan untuk tiga tahun dan 40.000 orang lagi untuk bergabung dengan tentara reguler dan angkatan laut.

Pada 23 Mei, Lincoln yang masih menunggu hasil referendum Virginia tentang pemisahan diri, menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran wilayah Virginia, meskipun pasukan Federal melintasi Potomac pada 24 Mei.

Setelah Virginia memberikan suara untuk mendukung pemisahan diri, Robert E Lee bertindak sebagai penasihat militer untuk Presiden Konfederasi.

Pada 1 Juni, ibukota Konfederasi dipindahkan dari Montgomery, Alabama ke Richmond, Virginia.

Presiden Konfederasi Amerika, Jefferson Davis, mengumpulkan dua tentara, satu di bawah Brigadir Jenderal P.G.T. Beauregard di Manassas Junction dan yang lainnya di Harpers Ferry di bawah komando Brigadir Jenderal Joseph E. Johnston. (2)

  • Perang


Pada 16 Juli 1861, pasukan sukarelawan union yang baru, di bawah Brigadir Jenderal Irvin McDowell berbaris dari Washington DC menuju pasukan Konfederasi di bawah Jenderal Pierre G. T. Beauregard, yang berada di belakang Sungai Bull Run di barat Centreville.

Pasukan Konfederasi di bawah Beauregard, membela persimpangan jalan kereta api strategis di Manassas, di sebelah barat sungai.

Pada 17 Juli, McDowell mengirim pasukan kecil melintasi Bull Run di Blackburn’s Ford untuk menguji pertahanan Konfederasi.

Pertempuran singkat tersebut tidak banyak memakan korban.

McDowell kemudian membuat rencana untuk menyerang ujung utara atau kiri dari garis pertahanan pasukan Beauregard, sambil membuat demonstrasi simultan di mana Warrenton Turnpike melintasi sungai di jembatan batu. (1)

Pada awal tanggal 21, dua divisi McDowell menyeberang di Sudley Ford dan menyerang sayap kiri Konfederasi di Matthews Hill.

Pertempuran berkecamuk sepanjang pagi ketika pasukan Konfederasi diusir kembali ke Henry Hill dan lebih banyak brigade Union melintasi Bull Run.

Pada sore hari, bala bantuan Konfederasi dari pasukan Jenderal Joseph Johnston di Lembah Shenandoah tiba melalui jalur kereta api.

Di antaranya adalah brigade warga Virginia di bawah Jenderal Thomas J. Jackson.

Jackson mengorganisasi pertahanan Henry Hill yang didukung oleh artileri.

McDowell juga memerintahkan lebih banyak infantri dan artileri ke Henry Hill, tempat pertempuran sengit perang baru terjadi.

Bala bantuan tambahan Konfederasi memecah sayap kanan Union, dan Jackson mempertahankan posisinya di Henry Hill.

Pasukan Konfederasi akhirnya berhasil memukul mundur pasukan Union ke Utara, menjadikan pihak Konfederasi sebagai pemenang dari pertempuran darat terbesar pertama.

Dalam The First Battle of Bull Run, pasukan Union mengalami kerugian 3.000 orang tewas, terluka, atau hilang dalam aksi sementara Konfederasi menderita 2.000 korban. (3)

Perang saudara Amerika baru berakhir empat tahun setelah pertempuran Manassas atau First Battle of Bull Run, yaitu pada tahun 1865.

(Tribunnewswiki.com/Ami Heppy)

Jangan lupa untuk subscribe channel YouTube Tribunnewswiki.com

 



Nama First Battle of Bull Run (Pertempuran Bull Run Pertama)
First Battle of Manassas (Pertempuran Manassas Pertama
Timeline 21 Juli 1861
   


Sumber :


1. www.battlefields.org
2. www.britannica.com
3. www.history.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved