Skandal Dokumen Rahasia Makin Membelit Presiden AS Joe Biden

Joe Biden makin terbelit oleh skandal dokumen rahasia yang ditemukan di rumahnya.


zoom-inlihat foto
kabulOK003.jpg
Drew Angerer / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP
Presiden AS Joe Biden berhenti sejenak saat mendengarkan pertanyaan dari wartawan tentang situasi di Afganistan di Ruang Timur Gedung Putih, 26 Agustus 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden makin terbelit oleh skandal dokumen rahasia.

Pada hari Jumat lalu, (20/1/2023), FBI bahkan sempat menggeledah rumah pribadi Biden yang berlokasi di Delaware. Dalam penggeledahan itu ada lebih banyak dokumen rahasia yang ditemukan.

"Awalnya, dalam persoalan ini, Presiden meminta pengacara pribadinya untuk sepenuhnya bersikap kooperatif dengan Kementerian Kehakiman," kata Bob Bauer selaku pengacara Biden, (22/1/2023), dikutip dari Newsweek.

"Oleh karena itu, setelah mengidentifikasi dan melaporkan sejumlah dokumen dengan tanda rahasia di rumah Presiden di Wilmington, dan untuk memajukan prosesnya secepat mungkin, kami menawarkan akses cepat ke rumahnya demi mengizinkan Kementerian Kehakiman menggeledah seluruh tempat untuk mencari catatan yang mungkin terkait dengan wakil presiden dan dokumen yang mungkin rahasia."

Menurut Bauer, Kementerian Kehakiman telah menggeledah seluruh ruangan di rumah Biden.

"Kementerian Kehakiman memiliki akses penuh di rumah Presiden, termasuk akses catatan pribadi yang ditulis dengan tangan, makalag, binder, memorabilia, daftar tugas, jadwal, dan pengingat yang sudah berusia puluhan tahun," kata dia menjelaskan.

Baca: Joe Biden Dapat Banyak Tekanan, Tak Hanya karena Skandal Dokumen Rahasia

Bauer menyebut kementerian itu membawa enam dokumen yang berisi berkas yang diberi tanda rahasia. Ada pula dokumen lain yang dibawa. Beberapa di antaranya berasal dari masa ketika Biden masih menjadi wakil presiden dan anggota senat.

Baca: Gedung Putih Sebut Dokumen Rahasia Kembali Ditemukan di Rumah Biden

Ini adalah ketiga kalinya dokumen rahasia ditemukan di rumah/bangunan milik Biden. Sebelumnya, dokumen rahasia pernah ditemukan di Penn Biden Center. Dokumen lain juga ditemukan pekan lalu di garasi rumahnya. Jaksa Robert Hur kemudian ditugaskan untuk menyelidiki dokumen tersebut.

Gedung Putih sempat menolak buka suara tentang penemuan dokumen itu. Namun, kantor kepresidenan itu kemudian berkata bahwa dokumen itu telah "diserahkan kepada pihak berwenang yang tepat dan akan menjadi bagian dalam penyelidikan yang tengah berlangsung".

Mantan Presiden AS Donald Trump juga pernah terbelit oleh skandal dokumen rahasia. Tahun lalu FBI menggeledah rumahnya di Mar-a-Lago, Florida, dan menemukan sejumlah dokumen.

Beberapa pekan lalu, di media sosial, Trump meminta rumah Biden digeledah sehubungan dengan penemuan dokumen rahasia.

Adapun mengenai skandal yang membelitnya, pada hari Sabtu lalu Trump mengaku "tidak melakukan kesalahan apa pun".

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Joe Biden di sini.

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved