Telat Kembalikan Buku 58 Tahun, Pria Inggris Tak Jadi Didenda Rp792 Juta

Buku ini berjudul The Law for Motorist dan dipinjam dari perpustakaan tahun 1964.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-buku-merah.jpg
Vecteezy
Ilustrasi buku


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Perpustakaan Dudley di Inggris tak jadi menjatuhkan denda sebesar $52.400 atau sekitar Rp792 juta kepada seorang peminjam buku. Buku itu terlambat dikembalikan 58 tahun.

Si peminjam, David Hickman (76 tahun), meminjam sebuah buku berjudul The Law for Motorist dan perpustakaan itu tahun 1964. Saat itu dia sedang menyiapkan diri untuk menghadapi dakwaan pelanggaran lalu lintas.

Hickman berujar buku itu tak bisa membantu banyak dalam kasusnya. Dia pada akhirnya harus membayar denda kecil karena berkendara secara tidak hati-hati.

Dia mengatakan buku itu dibawanya ketika dia pindah ke London tahun 1970.

"Terkadang saya melihat buku ini dan berpikir bahwa saya harus mengembalikannya ketika saya berada di Dudley," kata Hickman kepada Express & Star, dikutip dari United Press International.

"Saya bahkan mempertimbangkan untuk mengirim buku itu secara anonim, tetapi saya memutuskan untuk bertanggung jawab dan mengembalikannya secara langsung."

Baca: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI)

Perpustakaan ini memberlakukan denda sebesar 25 sen per hari untuk peminjam yang terlambat mengembalikan buku. Jika dihitung, total denda yang harus dibayar Hickman ialah $52.400. Namun, dia beruntung karena pustakawan memutuskan untuk menghapus denda itu.

Sharon Whitehouse, seorang pustakawan di sana, menyebut buku itu akan segera dipindahkan di Black Country Museum.

Terdapat sejumlah kasus lain tentang keterlambatan pengembalian buku. Sebagai contoh, sebuah buku di Sekolah Menengah Toowomba di Queensland, Australia, baru dikembalikan setelah 120 tahun.

Buku itu adalah novel Great Expectations karya Charles Dickens dan dipinjam tahun 1903. Kakek sang peminjam kemudian mengembalikan buku itu bulan Desember 2022.

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang perpustakaan di sini.

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved