Jokowi Kembali Sambangi Korban Gempa Cianjur, Bawakan Nasi dan Ayam

Presiden Joko Widodo kembali menemui korban gempa bumi di Cianjur yang sudah lebih dari tiga pekan berada di tenda pengungsian


zoom-inlihat foto
Presiden-Joko-Widodo-menyerahkan-bantuan-kepada-anak-anak-korban-gempa-Cianjur.jpg
Dokumentasi/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan kepada anak-anak korban gempa Cianjur, Kamis (8/12/2022)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Joko Widodo kembali menemui korban gempa bumi di Cianjur yang sudah lebih dari tiga pekan berada di tenda pengungsian pada Kamis (8/12/2022).

Saat berkunjung ke posko pengungsian di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jokowi memberikan makanan cepat saji yang ia bawakan dari Jakarta.

"Tadi pagi sarapan pakai apa?" kata Presiden,.

"Roti, Pak," jawab para pengungsi.

"Ini nasi dan ayam, dibawa dari Jakarta," ucap Jokowi sambil membagikan makanan dan sembako kepada para pengungsi, dikutip dari Kompas.com.

Ini adalah kali keempat Jokowi mengunjungi Cianjur setelah gempa mengguncang daerah tersebut pada Senin (21/11/2022) lalu.

Jokowi juga menyambangi Cianjur pada 22 November 2022, 24 November 2022, dan 5 Desember 2022.

Dalam agenda kunjungan kali ini, Jokowi menyerahkan bantuan perbaikan rumah yang hancur akibat gempa Cianjur kepada 8.100 penerima.

Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Pada kunjungan yang kedua ini Jokowi ingin memastikan proses evakuasi dan distribusi logistik berjalan dengan baik
Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Pada kunjungan yang kedua ini Jokowi ingin memastikan proses evakuasi dan distribusi logistik berjalan dengan baik (KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

Angka ganti rugi yang diberikan sebesar Rp 60 juta bagi rumah rusak berat, Rp 30 juta untuk yang rusak sedang, dan Rp 15 juta bagi rumah rusak ringan.

Baca: Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Cianjur, Bagikan Uang Rp 5 Juta untuk Tiap RT

Jokowi mengungkapkan, pencairan bantuan tersebut akan dilakukan secara bertahap supaya digunakan seharusnya.

"Uang yang sudah diberikan agar 100 persen dipakai untuk perbaikan rumah yang kita miliki. Setuju? Sehingga pengambilannya bertahap," ujar Jokowi saat menyerahkan bantuan ganti rugi rumah rusak di Cianjur sebagaimana dilansir siaran langsung Kompas TV, Kamis.

Misalnya, warga yang mendapat bantuan Rp 60 juta maka bisa mengambil dulu 40 persen bantuannya atau setara dengan Rp 24 juta.

"Atau kecil-kecil (nominalnya) juga enggak apa-apa. Rp 5 juta dulu ambil belikan bahan, lalu Rp 5 juta lagi belikan bahan. Jangan diambil langsung (semuanya) juga," kata Jokowi.

"Nanti bisa jadi sepeda motor. Hati-hati. Ini saya ikuti lagi, saya ke Cianjur ini sudah empat kali. Dan akan saya ikuti terus agar betul-betul yang kita inginkan jadi rumah," ujar dia.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved